Pelajaran Berharga dari 7 ‘Wonder Woman’ Indonesia yang Perlu Kamu Terapkan dalam Hidup

19 April 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Emansipasi wanita sudah bukan lagi zamannya. Masalah-masalah kesetaraan juga sudah menjadi ‘bahasa’ lama. Saat ini, wanita juga punya hak yang sama untuk bersuara. Mereka juga bisa menjadi pemimpin, bisa sukses, bahkan mampu melebihi kaum pria. Penting bagi para anak muda khususnya cewek, kamu bukanlah orang lemah yang dulu sering dijadikan stigma dari pandangan banyak orang. Sebab, kalian juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi orang besar.

Untuk itu, kamu perlu tahu pelajaran berharga dari wanita inspiratif Indonesia yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan kamu. Siapa saja mereka? Berikut 7 wonder woman Indonesia versi Yukepo.

1. Liliyana Natsir

“Kerja keras, disiplin dan pantang menyerah.” – Liliyana Natsir

Siapa yang tak kenal atlet ini? Ya, ia adalah pebulutangkis bernama, Liliyana Natsir. Mutiara asal Manado ini telah berhasil memberikan prestasi luar biasa bagi Indonesia. Mungkin salah satu yang kita ingat adalah dia membawa ganda campuran Indonesia pertama yang berhasil menjuarai Olimpiade Rio pada tahun 2016 silam.

Lalu prestasi lainnya juga ada juara All England 3 kali berturut-turut dan medali emas di SEA Games pada tahun 2011. Tentu semua yang diraih Liliyana bukan tanpa perjuangan. Pasti membutuhkan kegigihan, kerja keras, dan terus berlatih untuk mengasah kemampuannya. Ini pula yang kamu perlukan untuk menjadi sosok wanita yang lebih maju untuk meraih kesuksesan.

2. Merry Riana

“Antara mimpi dan kenyataan, ada yang namanya kerja keras.” – Merry Riana

Mungkin beberapa dari kamu mengenalnya sebagai motivator ulung dan sering muncul di salah satu stasiun TV swasta. Namun selain itu, ia adalah seorang pengusaha sukses. Jadi nggak heran kalau dia pintar memberi kita motivasi karena dia sendiri sudah mempraktikkan hal tersebut.

Merry Riana juga disebut sebagai ‘si wanita sejuta dolar’. Julukan bukan tanpa sebab, ia berhasil meraup penghasilan tersebut dengan tangannya sendiri dan kerja kerasnya di usia yang masih muda, yakni 26 tahun.

Hal ini didapatnya dengan kerja keras dan kegigihan yang tinggi. Bahkan ketika kuliah di Singapura, dia meminta pinjaman dana dari pemerintah Negeri Singa karena ketika itu keluarganya sedang mengalami keterpurukan ekonomi atau yang kita kenal krisis moneter.

Setelah lulus kuliah, ia pun bekerja sebagai sales produk asuransi di sana. Kerja kerasnya pun membuahkan hasil untuk membayar utang-utangnya di pemerintah. Dari situ, kariernya terus melejit hingga menjadi manager.

Dari sinilah ia berhasil mengumpul pundi-pundi uang hingga disebut sebagai milliarder muda. Lalu sekarang, ia disibukkan sebagai motivator di beberapa acara dan televisi.

3. Najwa Shihab

"Berani muncul melawan arus, mendobrak kepalsuan yang terlanjur serius.” - Najwa Shihab

Siapa sih yang nggak kenal ‘super woman’ satu ini? Ia adalah jurnalis yang kariernya melesat ketika menjadi reporter di Aceh yang mengalami tsunami. Kariernya di dunia jurnalistik terus menanjak. Ia berhasil meraih beberapa penghargaan seperti Jurnalis Terbaik hingga terpilih menjadi pembicara di Konvesi Asian American Journalist Association.

Kerja keras dan kesungguhannya menjadi kunci meraih kesuksesan Najwa Shihab. Saat ini kita bisa melihatnya di acaranya yang bertajuk, “Mata Najwa” di salah satu televisi swasta. Di sini ia mengajarkan kita semua bahwa, lakukanlah jika kamu yakin itu benar. Maksimalkan kemampuan dan potensi yang kamu miliki di bidang apa pun yang sedang kamu jalani.

4. Niluh Djelantik

"Job and relationship are two different word but they both need the same investment to make it work. Your time, your hard work and your dedication." – Niluh Djelantik

Niluh Djelantik adalah pembuat sepatu lokal yang karya-karyanya begitu mendunia. Usahanya ini bermula dari kecintaan terhadap sepatu yang nyaman dan pas saat dipakai. Tapi tentu saja banyak tantangan yang harus dihadapi sebelum memiliki sesukses seperti sekarang. Sebelumnya, Niluh juga sempat menjalani karier profesional di luar negeri. Tapi karena alasan kesehatan, ia memutuskan kembali ke Indonesia, tepatnya di Bali.

Pada tahun 2003-lah ia mulai merintis bisnis sepatunya. Ketika itu ia melakukannya tanpa bantuan dari tukang, semua ia kerjakan dengan tangannya sendiri. Tapi ia numpang di pabrik milik temannya.

Di sanalah ia berkreasi hingga diminta untuk membuat sampling desain miliknya. Tapi tak disangka, desain pertamanya ini malah laris di Eropa. Dari ini karier Nulih melejit, hingga ada beberapa toko Eropa seperti Inggris, menjual brand miliknya, yakni Nilou.

5. Dian Pelangi

“Be an inspiration, not an imitation.” – Dian Pelangi

Bagi kamu pemakai hijab, pasti tahu dengan wanita inspiratif berikut. Dia adalah Dian Pelangi yang berhasil membangkitkan nama Indonesia melalui bidang fashion, terutama untuk wanita muslimah.

Awalnya Dian tak bercita-cita menjadi desainer. Namun karena dorongan orangtua, ia belajar tentang busana mulai dari SMK hingga perguruan tinggi. Hingga akhirnya fashion dan agama menjadi dorongan baginya untuk membuat busana muslim.

Karyanya juga mulai di kenal di Indonesia. Namun karena ia belum puas, Dian mencoba untuk ikut meramaikan pasar internasional, seperti mengikuti gelaran busana muslim di beberapa negara. Dari sinilah ia berhasil memberikan inspirasi bagi seluruh wanita muslim di dunia, bahwa busana muslim juga bisa membuat wanita menjadi sangat cantik, menawan, meskipun tertutup.

Melihat kisah Dian, kita bisa tahu bahwa terkadang pilihan orangtua khususnya dalam pendidikan bisa memberi jalan kamu untuk sukses dan menemukan passion yang kamu miliki. Terpenting kamu harus berani dan yakin dengan kemampuan kamu. Teruslah mengasah kemampuanmu dan jangan takut untuk tampil beda atau tak terbawa arus.

6. Susi Pudjiastuti

“Pendidikan hanya sebagian yang diperlukan dalam hidup. Hal lainnya integritas, kejujuran, disiplin, dan kesungguhan.” – Susi Pudjiastuti

Salah satu Srikandi Jokowi ini juga patut disebut wanita inspiratif Indonesa. Menteri Kelautan kita ini berhasil mengubah stigma bahwa pendidikan yang tinggi bukanlah jaminan untuk menjadi sukses. Terlebih dirinya hanya lulusan SMP.

Sebelum kita mengenalnya sebagai menteri, ia adalah seorang pengusaha yang sukses. Sejak muda ia sudah merintis usaha. Ketika itu ia menjual ikan yang dibeli dari tempat pelelangan ikan dan hasil tengkulaknya. Lalu menjualnya ke beberapa restoran.

Tentu awalnya tidak mudah dan sedikit restoran yang percaya dengan produk pemilik perusahaan Susi Air ini. Tapi karena konsistennya yang tinggi dengan memberikan ikan dengan kualitas bagus, pelan-pelan usahanya mulai membuahkan hasil bahkan sampai mengekspor ke liuar negeri.

Saat ini Susi Pudjiastuti memiliki usaha penerbangan PT. ASI Aviation dan juga PT. ASI Pudjiastuti Marine Product yang mengekspor perikanan Indonesia ke luar negeri.

7. Sri Mulyani

“Begitu banyak penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa wanita adalah yang paling rentan tetapi juga kekuatan terbesar untuk kemajuan ekonomi.” – Sri Mulyani

Siapa sangka, Menteri Keuangan kita, Sri Mulyani sempat menyabet berbagai penghargaan bergengsi. Sebut saja sebagai Menteri Terbaik tahun 2006 versi Emerging Markets dan wanita paling berpengaruh nomor 23 versi majalah Forbes pada tahun 2008.

Kemudian pada tahun 2018 ini, Sri Mulyani juga mendapat penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik Dunia dalam acara World Government Summit yang ketika itu diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Hal ini tak lepas dari berbagai terobosannya yang membersihkan kementrian dari KKN dan memperbaiki sistem birokrasi yang rumit.

Sempat dikaitkan dengan kasus Bank Century, namun dirinya berhasil membuktikan bahwa ia bersih. Hingga akhirnya pada tahun 2010, ia terpilih sebagai Direktur Pelaksana World Bank atau Bank Dunia.

Ia menjadi wanita pertama Indonesia yang mampu terpilih di posisi tersebut. Dan kini ia diberikan PR oleh Jokowi untuk memperbaiki keuangan dan ekonomi negara. Dari sini kita bisa belajar dua hal darinya, yakni kejujuran dan konsistensi.

Itulah tadi tokoh-tokoh wanita inspiratif Indonesia versi Yukepo. Namun tentu saja kamu bisa menemukan wonder women lain yang juga memiliki cerita perjuangan yang berliku hingga sukses. Kalau kamu punya tokoh inspiratif lain yang belum tertulis di atas, kamu bisa tambahkan ke kolom komentar.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES