Pastikan Kulit Bebas Daki Selama Puasa dengan Memakai DIY Body Scrub Ini

unsplash.com

Sekarang sudah zamannya berkreasi dalam berbagai macam hal termasuk dalam membuat produk perawatan tubuh. Tidak harus selalu mengandalkan produk yang sudah tersedia di pasaran, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan rumahan. Tenang, mengingat bahan yang dipakai adalah bahan alami tentu tidak akan menimbulkan efek buruk. 

Kali ini secara spesifik, kamu bakal belajar untuk membuat body scrub yang alami dan manfaatnya luar biasa. Jika dilakukan dengan teratur dan rutin, manfaatnya tidak akan kalah baik dari produk yang harganya mahal.

Kalau tidak percaya, dicoba bikin DIY atau do it yourself ini di rumah. Pilihannya juga beragam nih. Tinggal menyesuaikan dengan selera, manfaat yang ingin didapatkan dan bahan yang paling mudah didapatkan. 

1. Yogurt scrub

www.medicalnewstoday.com

Lulur ini sangat direkomendasikan bagi yang memiliki masalah iritasi pada kulit. Scrub yang satu ini bisa dicoba sebagai langkah alami untuk mengatasinya. Kandungan prebiotik pada yogurt bisa mengatur pH kulit dan cornmeal akan membantu mengelupas kulit mati secara lembut. 

Bahan:

- 1/4 cup non-fat greek yogurt

- 1/4 cup cornmeal

- 3 tetes minyak esensial

Campurkan semua bahan tersebut ke dalam wadah kecil yang bersih. Setelah tercampur rata, balurkan ke kulit layaknya scrub. Setelah itu, gosok perlahan agar dakinya ikut rontok. Setelah itu bilas sekalian mandi.

2. Rose petal scrub

unsplash.com

Bunga mawar bukan hanya cantik untuk dijadikan hiasan. Kelopaknya bisa dimanfaatkan sebagai lulur. Masalah kulit yang bisa diatasi dengan scrub ini adalah kulit kering. Coba lakukan beberapa kali dan mulai rasakan hasilnya. Kulit kamu pasti perlahan bisa kembali lebih kenyal. 

Bahan:

- 1 cup tepung almond atau tepung beras

- 1 sdm kelopak bunga mawar kering

- Teh mawar atau teh bunga sepatu

Campurkan seluruh bahan dan tambahkan sedikit air hingga menjadi berbentuk pasta. Gosokkan pasta tersebut pada bagian kulit yang kering lalu bersihkan dengan kain setengah basah. 

3. Green tea scrub

www.bbcgoodfood.com

Ini adalah scrub yang sangat mudah dibuat dengan tiga bahan saja. Manfaat dari green tea scrub ini adalah meredakan iritasi pada kulit yang gatal. Baking soda akan masuk ke dalam lapisan kulit dan membersihkan penyebab gatal. Di sisi lain, green tea akan bekerja sebagai antioksidan. 

Bahan:

- 2 sdm teh hijau

- 1/4 sdm baking soda 

- 1/4 sdm sesame oil

Untuk meraciknya, kamu tinggal memasukkan semua bahan ke dalam wadah kecil. Setelah tercampur rata, tinggal oles scrub tersebut saat kulit dalam keadaan basah. Gosok pelan-pelan selama 3-5 menit dan bersihkan. 

4. Scrub dari pepaya dan nanas
www.paprikaliving.com

Sebagian besar dari kamu sudah paham bahwa buah sangat bagus untuk perawatan kulit. Kali ini, kamu bisa menoba manfaat pepaya dan nanas. Racikan scrub ini cocok dipakai untuk kulit yang kasar dan kering yang sering dialami orang yang berpuasa. Pepaya dan nanas yang dicampurkan bisa menjadi masker yang kaya akan enzim alami. AHA yang terkandung pada kedua buah tersebut bisa membantu menghilangkan kulit mati. 

Bahan:

- 1/3 cup chia seeds

- 1/3 cup nanas

- 1/3 cup pepaya

Untuk mendapat tekstur yanghalus, hancurkan seluruh bahan dengan menggunakan blender. Setelah halus, oleskan pasta tersebut pada bagian kulit yang kering dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, tinggal dibilas sambil mandi.

5. Kopi dan minyak almond
coffeesesh.com

Untuk pencinta kopi, jangan cuma diminum. Coba manfaatkan juga untuk menjadi scrub. Apa manfaat yang bisa didapatkan jika rutin luluran dengan bahan ini? Scrub ini dipercaya dapat memudarkan selulit! 

Bahan:

- 1/4 cup bubuk kopi segar

- 1/4 cup garam

- 1/4 cup minyak almond

Campurkan semua bahan dalam sebuah tempat kecil. Setelah tekstur berubah menjadi pasta, oleskan pada kulit selama 3-5 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Mudah, bukan?

Masing-masing dari resep DIY scrub di atas hanya membutuhkan 3-4 bahan utama. Kamu tinggal menyesuaikan dengan masalah yang sedang dialami oleh kulit selama minggu awal puasa ini. Jika dirutinkan, sel kulit mati bakal rontok dan kulit bakal jadi lebih cerah dan sehat!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pilu! Inilah 5 Tragedi Genosida Paling Brutal dalam Sejarah Indonesia | Keepo.me

Pilu! Inilah 5 Tragedi Genosida Paling Brutal dalam Sejarah Indonesia | Keepo.me

Resep Rahasia Tumisan Ala Restoran Mahal untuk Menu Buka Puasa

Resep Rahasia Tumisan Ala Restoran Mahal untuk Menu Buka Puasa

15 Film Disney Terbaik yang Ceritanya Tak Lekang oleh Waktu | Keepo.me

15 Film Disney Terbaik yang Ceritanya Tak Lekang oleh Waktu | Keepo.me

Tips dari Pakar Agar Tetap Modis Meski Selama Puasa Hanya di Rumah

Tips dari Pakar Agar Tetap Modis Meski Selama Puasa Hanya di Rumah

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows Agar Tak Bingung Lagi | Keepo.me

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows Agar Tak Bingung Lagi | Keepo.me

Fashion Brand Muslimah Lokal Sebagai Pilihan Outfit Ramadan dan Lebaran

Fashion Brand Muslimah Lokal Sebagai Pilihan Outfit Ramadan dan Lebaran

loading