Panduan Merintis Bisnis dengan Pasangan, Cuan Menanti di Masa Depan!

unsplash.com

Bukan hal baru sebenarnya apabila ada pasangan yang merintis usaha bersama. Sudah banyak contoh yang berhasil memulai bisnis terlepas dari sukses tidaknya bisnis tersebut nantinya. Yang jelas, membangun bisnis ini tidak mustahil, bahkan seharusnya lebih berpotensi berhasil.

Berbisnis bersama pasangan bukan berarti tidak ada risiko. Justru bisa berlipat ganda yang berhubungan dengan keberlangsungan hubungan dan keuntungan

1. Menyamakan visi misi

unsplash.com

Ini merupakan hal pertama yang harus dilakukan bersama pasangan. Perbedaan visi misi akan menghambat perkembangan bisnis. Jika sudah jelas, menjalankan bisnis akan jauh lebih mudah.

Perlu diingat, bisnis adalah hal yang serius. Kamu dan pasangan perlu berkomitmen sejak awal agar tidak ada yang mengubah arah bisnis secara sepihak.

Setelah memutuskan untuk menjalankan bisnis bersama, kalian harus membicarakan tentang visi dan misi yang akan menjadi landasan. Jika pondasinya saja tidak sejalan, kalian akan menemukan banyak kendala dalam prosesnya.

2. Membuat surat perjanjian

unsplash.com

Surat perjanjian yang resmi dibuat untuk memperjelas tugas, pembagian hasil, dan kesepakatan tertentu. Ini penting untuk berjaga-jaga dan mengantisipasi terjadinya konflik berkepanjangan dan perlu melalui jalur hukum untuk mengatasinya.

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa mendatang. Belum tentu kalian akan langgeng. Dengan adanya surat perjanjian ini bukan berarti kalian saling curiga dan tidak percaya. Adanya hitam di atas putih ini menunjukkan bahwa kalian serius dan profesional dalam menjalankan bisnis.

3. Adil berbagi tugas

unsplash.com

Meski dengan pasangan sendiri tetapi, kalian harus seimbang dan adil dalam pembagian tugas. Masing-masing punya tugas dan tanggung jawab yang jelas. Jangan sampai di kemudian hari saling melempar kewajiban dan malah saling menyusahkan.

Berbagi tugas ini juga salah satu hal yang sangat penting. Kalian mengetahui “wilayah” kerja dan sadar dengan porsi masing-masing. Jika tidak ada pembagian tugas, kalian akan tumpang tindih dalam melaksanakan tugas. Tentu hal ini sangat tidak efektif untuk bisnis.

4. Membahas urusan bisnis bersama
unsplash.com

Jalankan komunikasi bisnis yang profesional dengan pasangan. Dalam segala hal, apapun itu selalu bicarakan berdua. Bersikap transparan dan mengambil keputusan bersama akan membuat bisnis kalian berjalan dengan lancar.

Seharusnya, komunikasi urusan bisnis ini bisa lebih lancar karena partner bisnismu adalah pasanganmu sendiri. Tidak perlu segan untuk mengutarakan keluhan dan saran. Dengan demikian, kalian bisa mengembangkan bisnis lebih baik lagi.

Membangun bisnis bersama pasangan memang menyenangkan. Sebelum memulainya, harus disadari terlebih dulu berbagai risiko yang bisa muncul dan mencari cara untuk mengantisipasinya. Tentu saja bertujuan agar bisnis yang dijalankan bisa tumbuh baik dan hubungan yang dijalani pun semakin mesra.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kumpulan Mobil Polisi Tercepat dan Termewah di Dunia | Keepo.me

Kumpulan Mobil Polisi Tercepat dan Termewah di Dunia | Keepo.me

Tips Liburan di Jakarta, Low Budget tapi Tetap Fun

Tips Liburan di Jakarta, Low Budget tapi Tetap Fun

Ngakak! Berikan Sosialisasi, Kepala Desa Ini Salah Sebut Corona Jadi Veronica! | Keepo.me

Ngakak! Berikan Sosialisasi, Kepala Desa Ini Salah Sebut Corona Jadi Veronica! | Keepo.me

Inspirasi Desain Rumah Bergaya Vintage yang Elegan dan Hangat

Inspirasi Desain Rumah Bergaya Vintage yang Elegan dan Hangat

Corat- Coret Baju Rayakan Kelulusan Saat Pandemi  Corona,  Aksi Siswi SMU Ini Tuai Hujat Netizen | Keepo.me

Corat- Coret Baju Rayakan Kelulusan Saat Pandemi Corona, Aksi Siswi SMU Ini Tuai Hujat Netizen | Keepo.me

Fakta Tentang Garam yang Belum Banyak Diketahui Orang

Fakta Tentang Garam yang Belum Banyak Diketahui Orang

loading