Pacar Kamu Sering Bohong Terus? Cocokkan 8 Tanda Ini dengan Dirinya

04 Maret 2017
|Muhammad Sidiq Permadi
Life
0SHARES

Makhluk hidup takkan pernah lepas dari yang namanya cinta. Kata orang bijak sih cinta itu adalah anugerah dari Tuhan yang harus kita syukuri. Dengan adanya rasa cinta, kita bisa saling menjaga. Terutama manusia, makhluk yang paling mudah jatuh cinta. Ketika kamu sedang kasmaran kepada seseorang, logika kadang tak bisa bicara. Semuanya rela dikorbankan hanya untuk mendapatkan pasangan yang kamu idam-idamkan. Tapi, apa jadinya kalau setelah kamu mendapatkan orang yang kamu idam-idamkan itu, eh orang tersebut malah sering membohongi kamu? Tentu kamu bakalan sakit hati. Tapi, karena udah terlanjur cinta, semuanya jadi buta. Dan dia pun terus menerus melakukan hal yang sama ke kamu. Apakah itu beneran yang namanya cinta? Atau kamu aja yang terlalu bodoh karena rela dibohongin gitu?

Guys, yang namanya cinta itu gak akan pernah saling menyakiti. Kalau pacar kamu sering bohong dan sering nyakitin hati kamu, itu tandanya dia gak cinta sama kamu. Simple kan? Atau kamu udah terlalu percaya dan yakin sama dia sehingga kebohongan dia pun akan jadi kebenaran di mata kamu? Think smart guys! Orang yang lagi bohong itu dapat dikenali kok dari ciri-cirinya guys. Mau tau ciri-ciri para pembohong kayak gimana? Simak artikel yang satu ini.

1. Perhatikan mimik wajahnya

Para pembohong cenderung membuang muka ketika tengah ngobrol sama kamu. Mereka gak akan berani ngeliat wajah kamu karena perasaan malu yang bersembunyi di dalam dirinya. Para pembohong juga terlihat dari raut wajahnya yang gelisah, sering menggigit bibir atau lidah. Itu karena perasaan tertekan yang dialami oleh mereka sehingga mereka kadang melakukan hal yang gak perlu dilakuin.

2. Menggosok/memegang hidung secara tidak sadar

Masih inget sama kisah pinokio berhidung panjang? Nah ciri dari para pembohong juga dapat diliat dari gerakan tangan yang secara tiba-tiba menggosok atau memegang bagian hidung. Mereka melakukan hal tersebut karena reaksi spontan dari tubuh. Itu dia mengapa pinokio berhidung panjang. 

3. Perhatikan gerak bola matanya

Ada perbedaan mendasar yang dapat kita ketahui antara kebohongan dan kebenaran. Orang yang berkata bohong atau mengada-ada cenderung akan menggerakan bola matanya ke atas atau ke bawah. Beberapa peneliti sih mengungkapkan kalau bola mata ketika orang sedang bicara bohong akan melihat ke arah kanan. Hal itu berkaitan dengan kerja dari otak kanan yang berhubungan dengan daya kreativitas, imajinasi, khayalan, dan sebagainya. Sementara otak kiri berhubungan dengan logika, angka, kemampuan berbicara, analisis, dan sebagainya. 

4. Membalas chat/pesan yang lebih lama dari biasanya

Kalau kamu sedang chating-an dengan pacar kamu dan kamu lagi nanyain masalah yang serius sama dia terus doi lama banget balesnya, bisa jadi doi lagi mempersiapkan kebohongannya. Orang yang berkata benar tidak akan ragu dalam menjawab sebuah pertanyaan, sebaliknya orang yang berkata bohong cenderung akan berpikir lama karena takut kebohongannya akan terungkap sehingga berhati-hati dalam pemilihan kata. 

5. Para pembohong cenderung menggunakan kata-kata yang mengandung emosi negatif

Masih berkaitan dengan penggunaan kata, para pembohong cenderung lebih banyak ngeluarin kata-kata yang mengandung emosi negatif. Itu karena ada perasaan bersalah yang mereka lakukan sehingga dirinya merasa tertekan serta gelisah. Kata-kata yang mengandung emosi negatif itu misalnya kata benci, marah, dan sebagainya.

6. Lebih sering mendominasi percakapan

Ketika kamu bertanya sesuatu kepada para pembohong, maka para pembohong akan menjawab pertanyaan kamu itu dengan berbelit-belit. Kadang-kadang ngalor-ngidul gak jelas. Misalnya, kamu ngasih pertanyaan retoris ke pacar kamu, “Kemarin aku liat kamu makan berduaan lho bareng cewek di kafe.” Pacar kamu yang tukang bohong pasti bakalan bilang, “Ah salah liat kali kamu.” Ketika kamunya diem, pacar kamu itu pasti bakalan ngomong sesuatu dan berusaha meyakinkan kalau yang dikatakannya itu bener. Dari situ aja udah keliatan kalau doi bohong. 

7. Mengalihkan topik pembicaraan

Biasanya para pembohong itu bakalan ngalihin topik pembicaraan biar hal yang disembunyikannya itu gak ketahuan sama kamu. 

8. Ngelakuin hal yang gak perlu

Karena perasaaan gelisah dan takut hal yang disembunyikannya itu ketahuan, para pembohong cenderung ngelakuin hal-hal yang gak perlu. Orang yang berkata bohong tubuhnya akan mengalami tekanan dan tegang, makanya doi ngelakuin hal-hal yang gak perlu biar tubuhnya gak keliatan kaku. Misalnya, kamu nanya, “Kamu selingkuh ya?” Terus kalau doi jawab sambil kayang, berarti doi lagi bohong tuh.

Itulah beberapa tips biar kamu gak gampang dibohongin lagi sama pacar kamu. Lagipula, gak ada untungnya juga berkata bohong. So, jadilah orang yang jujur karena negeri ini lebih membutuhkan orang yang jujur ketimbang orang yang pintar. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES