Orang Super Kaya di Dunia Ini Hidupnya Sederhana, Kamu Harus Belajar dari Mereka!

14 September 2017
|Robertus Jeje
Life
0SHARES

Orang super kaya tentu memiliki harta berlimpah - bisa melakukan apa saja dengan uangnya. Apa pun yang dibutuhkan, uang bisa dan harta bisa ‘berbicara’.

Namun faktanya, orang-orang kaya di dunia ini justru sering melakukan tindakan sebaliknya. Bahkan mereka juga tertib untuk membayar pajak dan utang kartu kreditnya. Mereka terkenal ramah, rendah hati, bahkan hidupnya sangat sederhana dan hemat serta tak memperlihatkan kalau dirinya adalah orang super kaya.

Dari semua itu, ternyata banyak pelajaran hidup sederhana yang bisa kita ambil dari orang-orang ini. Siapa saja mereka?

1. Warren Buffet: Hidup nyaman dengan rumah sederhana.

Buffet memiliki uang lebih dari 68,1 miliar dollar AS, dalam rupiah sekitar 919,35 triliun. Dengan jumlah uang tersebut, tentu Warren mampu membeli rumah mewah seperti apa pun yang ia inginkan. Namun, Buffet justru merasa lebih nyaman tinggal di rumah yang lama yang dibelinya tahun 1958 seharga 31.500 dollar AS untuk saat ini.

2. Mark Zuckerberg: Tidak mendewakan sebuah penampilan.

Tak hanya Warren Buffet, hal serupa juga ditunjukkan oleh bos Facebook Mark Zuckerberg. Ia memiliki kekayaan lebih dari 51,5 miliar dollar AS. Dengan uang tersebut, tentu Mark mampu membeli mobil mewah seharga jutaan atau miliaran dollar. Namun faktanya Mark malah menggunakan mobil Volkswagen Black Acura TSX dengan seharga 30.000 dollar AS saja.

Selain itu, Mark juga tak mendewakan soal penampilan. Lihat saja, kemana-mana ia suka mengenakan kaus abu-abu dan jeans andalannya. Ini menandakan bahwa mereka lebih mengedepankan efisiensi dan memilih menghabiskan waktunya untuk memikirkan hal yang lebih penting seperti pengembangan bisnis dan inovasi.

3. Bill Gates: Mereka yang benar-benar kaya adalah mereka yang suka memberi.

Pendiri sekaligus pemilik Microsoft, Bill Gates sudah dikenal dengan pribadi yang suka beramal. Kekayaan Gates mencapai lebih dari 90 miliar dollar AS atau sekitar 1.200-an triliun dalam rupiah.

Di tahun 2017 ini, Gates sudah menyumbangkan uangnya sebesar 4,6 juta dollar AS atau sekitar 60 miliar lebih untuk kemanusiaan. Bill Gates juga pernah mengatakan, “Mereka yang benar-benar kaya adalah mereka yang suka memberi.”

Namun tak hanya Bill Gates saja yang suka beramal, yakni Warren Buffet, Chuck Feeney (pendiri Duty Free Shops) dan George Soros juga suka melakukan hal serupa.

4. Charlie Ergen: Tak pernah lupa membawa makan siang dari rumah.

Pasti kamu juga sudah tahu seberapa besar yang bisa kamu hemat dari segi waktu dan uang jika setiap hari kamu membawa bekal makan siang. Hal inilah yang dilakukan Charlie Ergen pemilik Dish Network.

Ergen memiliki kekayaan 14,4 miliar dollar AS, namun sampai saat ini ia masih suka membawa bekal makan siang dan minum ke kantor.

5. Ingvar Kamprad: Tidak manja.

Tak sedikit orang kaya yang merasa memiliki pelayanan dan kenyaman yang tinggi. Misalnya, membawa sopir pribadi kemana-mana, bahkan harus bersama bodyguard kemana pun ia pergi. Namun pendiri IKEA, Ingvar Kamprad justru kebalikannya.

Kamprad memiliki kekayaan lebih dari 40 miliar dollar AS, yang sampai saat ini ia masih sangat nyaman menggunakan transportasi umum kemana pun ia pergi.

Meski menjadi salah satu orang terkaya di dunia, ia merasa tak perlu mengubah gaya hidupnya. Bahkan, meski ia mampu membeli pesawat pribadi, tapi ia malah lebih suka menggunakan pesawat ekonomi. Selain itu, ia suka makan siang bersama karyawan-karyawannya.

6. Azim Premji: Pendukung hidup dengan hemat energi.

Taipan terkenal asal India, Azim Premji adalah salah satu konglomerat yang suka hidup serba efisien dan hemat energi. Pemilik Wipro Ltd ini memiliki kekayaan sebesar 16,6 miliar dollar AS. Ia tak pernah lupa mengingatkan karyawanya untuk selalu mematikan lampu. Selain itu, meski ia orang tersohor, sampai sekarang ia santai-santai pergi menggunakan pesawat ekonomi dan memakai mobil bekas.

7. Amancio Ortega: Rendah hati dengan siapa saja.

Biasanya, orang kaya baru suka untuk menunjukkan kekayaannya dan terkesesan sedikit pamer. Namun bagi orang yang benar-benar kaya justru tidak demikian seperti Amancio Ortega. Pendiri Zara ini adalah orang terkaya nomor tiga di dunia. Ia memiliki kekayaan sebesar 82,3 miliar dollar AS.

Namun meski memiliki kekayaan yang berlimpah. Ortega justru terlihat biasa saja dan sederhana, ia kemana-mana suka mengenakan kaus, kemeja putih, dan celana abu-abu. Bahkan, ia juga tak sungkan makan siang di kafetaria kantor Zara bersama karyawan-karyawannya.

Nah, itu tadi 7 orang terkaya di dunia. Banyak sekali yang bisa dijadikan pelajaran buat kita. Tampaknya, hidup sederhana dan tidak berlebihan (meskipun kamu mampu), akan membuat hidupmu lebih damai dan berarti bagi sesama.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES