Orang-orang Ini Pernah Jadi Kontroversi Saat Pakai Hijab. Cari Sensasi Semata?

pixabay.com
Hijab adalah salah satu identitas muslimah. Pemakaiannya biasanya berpakaian tertutup dan bersikap penuh sopan santun. Hijab juga dianggap membuat pemakainya memiliki aura tersendiri, dan dinilai lebih terhormat daripada perempuan dengan pakaian terbuka dan ketat.
Meski begitu, tidak semua orang dengan hijab dinilai terhormat. Malah, ada juga perempuan berhijab yang dinilai negatif karena penampilannya itu. Kita pasti nggak asing dengan istilah "jilboobs", yang merupakan istilah untuk perempuan berhijab yang menggunakan pakaian ketat membentuk badan. Selain itu, ternyata ada juga orang-orang yang saat menggunakan hijab, malah jadi kontroversi. Duh, kenapa, ya? Yuk, kepo!

1. Awkarin

hot.detik.com

Jelang Ramadan, Awkarin mengunggah foto berhijab. Banyak netizen yang berkomentar bahwa Awkarin sudah bertaubat. Apa pasal? Awkarin selama ini emang identik dengan image bad girl yang suka berpakaian seksi, ceplas-ceplos, dan hobi keluyuran. Jika ia mengunggah foto yang lebih tertutup, pantas saja netizen berpikir Awkarin taubat. Eh, tapi ternyata Awkarin sedang mempopulerkan dagangannya. Lagipula, hijab bukan penentu taubat atau tidaknya seseorang, kan?

2. Rina Nose

www.liputan6.com

Rina Nose bikin gempar publik dengan keputusannya untuk menggunakan hijab, namun tak lama, kembali melepaskannya. Keputusannya menuai pro kontra. Alasan pasti mengapa Rina melepas hijabnya adalah rahasia dia dan Tuhan. Hingga kini, akun pribadi Rina Nose masih penuh dengan komen kebencian terkait keputusannya tersebut. Tapi bagi Rina Nose, anjing menggonggong khafilah berlalu.

3. Ariska, DJ berhijab dan bercadar

wolipop.detik.com

Ariska atau Chika (20) adalah mahasiswa dan DJ. Saat manggung sebagai DJ, ia pernah menggunakan cadar. Hal ini ditanggapi negatif oleh banyak orang karena merasa hijab dan cadar tidak pantas disandingkan dengan dunia DJ yang identik dengan klub malam. Namun, Chika meluruskan pendapat negatif masyarakat tersebut. Sehari-hari ia memang menggunakan hijab bahkan saat menunjukkan kebolehannya sebagai DJ. Namun, ia hanya melakukan pertunjukan di festival, pentas budaya, dan acara sekolah. Ia tak pernah tampil di klub malam.

Sementara, penampilannya dengan cadar hanya dilakukan 2 kali, yakni saat pentas budaya di Colomadu, Surakarta, dan acara tahun baru di Yogyakarta. Di Colomadu, ia ingin menyesuaikan diri dengan tema acara yakni Indian Arabic sehingga cadar dinilai sesuai. Sementara, di acara tahun baru, ia hanya ingin berusaha mengekspresikan dirinya melalui cadar. Ia tak menyangka penampilannya justru menuai banyak protes.

4. PM Inggris berhijab

news.okezone.com

Theresa May, Perdana Menteri Inggris, pernah terkenal sebagai tokoh Islamphobic oleh Komisi Hak Asasi Islam. Namun, pada Jumat (23/2/2018), ia tampil di publik dengan menggunakan hijab dan menjadi salah satu pendukung gerakan Visit My Mosque di Inggris. Gerakan tersebut adalah salah satu upaya untuk mengurangi adanya Islamphobic yang disebabkan banyaknya teror  yang mengatasnamakan Islam. Visit My Mosque merupakan gerakan di mana masjid-masjid menjamu anggota komunitas nonmuslim, termasuk politisi. Theresa May mengunjungi sebuah masjid di lingkungan tempat tinggalnya, berhijab dan memberikan pidato. Sikapnya menuai kontroversi karena Theresa May dianggap hanya ingin meraih dukungan dari komunitas Islam Inggris dalam pemilu.

5. Iyet Bustami dan Hijab Wig
wolipop.detik.com

Iyet Bustami adalah salah seorang penyanyi yang cukup senior. Ia pernah dianugerahi gelar Penyanyi Wanita Terbaik dari Anugerah Dangdut TPI 2003 ini. Penampilannya yang unik, yakni menggunakan hijab wig menjadi kontroversi. Berkali-kali, ia berganti-ganti warna hijab wig, mulai dari emas hingga merah muda. Ia pun memadukkannya dengan pakaian yang nggak kalah glamour. Meski terlihat unik, banyak nitizen yang menganggap penampilan Iyet tak pantas disebut hijab. Iyet dianggap hanya mempergunakan kupluk yang ditambah rambut palsu. Bahkan, ada yang menyebut model rambutnya mirip kemoceng.

6. Iska Randy, mantan anak punk yang berhijab
pekanbaru.tribunnews.com

Iska Randy adalah salah satu mantan anak punk yang memutuskan untuk berhijrah. Dulu, ia sangat dekat dengan image anak punk yang bebas. Bukan hanya mentato wajah, ia juga menindik telinga dan mempergunakan anting besar di sana. Kini, saat ia sudah menikah dan berbadan dua, ia memutuskan untuk mencoba berhijrah. Bukan hanya menjadi muslimah, dia juga memutuskan untuk mempergunakan hijab meskipun wajahnya masih bertato. Penampilannya yang imut dan tato di wajahnya membuat ia menjadi viral.

Nah, ternyata banyak kisah perempuan berhijab yang jadi kontroversi, ya? Pada intinya, hijab adalah identitas atau cara seseorang mengekspresikan diri. Seseorang tentu bebas berekspresi namun harus tetap sesuai dengan norma yang ada di dalam masyarakat. Apa pun pendapatmu tentang penampilan orang-orang di atas, yuk saling menghormati pendapat masing-masing. Tetap jaga ucapan dan komentar baik di sosial media maupun dunia nyata, jangan sampai bikin orang lain sakit hati, ya. Sakit fisik bisa kering, tapi, sakit hati, siapa yang bisa jamin?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Girls, Biar Kamu Nggak Penasaran Lagi, Ini Nih 5 Cara Cowok Move On!

Girls, Biar Kamu Nggak Penasaran Lagi, Ini Nih 5 Cara Cowok Move On!

Pacar Jarang Kasih Kabar Masih Mending, Daripada Pacaran ala Idol Korea yang Sembunyi-sembunyi Ini

Pacar Jarang Kasih Kabar Masih Mending, Daripada Pacaran ala Idol Korea yang Sembunyi-sembunyi Ini

Anak-anak Muda Ini Menikah Sama Orang yang Usianya Terpaut Jauh. Kayak Apa Rasanya?

Anak-anak Muda Ini Menikah Sama Orang yang Usianya Terpaut Jauh. Kayak Apa Rasanya?

Hati-hati Posting Foto Di Media Sosial Kalau Nggak Mau Dibully Seperti Giorgino-Irish Bella

Hati-hati Posting Foto Di Media Sosial Kalau Nggak Mau Dibully Seperti Giorgino-Irish Bella

Selain Kentut, Orang-orang Ini Juga Punya Nama yang Aneh

Selain Kentut, Orang-orang Ini Juga Punya Nama yang Aneh

Tergoda Selingkuh dari Pacar? Sebaiknya Kamu Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini Sebagai Renungan

Tergoda Selingkuh dari Pacar? Sebaiknya Kamu Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini Sebagai Renungan

loading