Orang Berparas Rupawan Ternyata Sulit Cari Kerja Saat Pertama Kali

www.pexels.com

Banyak yang beranggapan bahwa kehidupan oraang berparas menawan pastilah mudah. Mudah mendapatkan teman, pasangan, dan pekerjaan. Memang pada suatu titik semua anggapan itu benar. Ada masanya cheat code ini tak berlaku sama sekali.

Dalam kondisi tertentu, memiliki wajah tampan atau cantik justru membebani. Terutama bagi fresh graduate yang sedang mencari kerja untuk pertama kalinya.

Posisi yang dilamar tidak terlalu tinggi dengan gaji yang biasa-biasa saja. Sudah dapat dipastikan HRD perusahaan tersebut akan berpikir berulang kali untuk menerima manusia cakep tersebut.

1. Penelitian tentang hubungan penampilan dan pekerjaan

www.lifehack.org

Penelitian yang disebarluaskan oleh American Psychological Association berbanding terbalik dengan anggapan yang menyebut orang berwajah menarik justru lebih mudah mendapat pekerjaan. Benarkah demikian?

Nyatanya menurut penelitian tersebut, seseorang akan terbantu oleh wajah dan penampilannya yang menarik hanya ketika kariernya sudah berada di posisi yang mapan. Tapi itu tidak berlaku sama sekali bagi mereka yang baru mulai mencari kerja.

2. Diskriminasi bagi orang cantik dan tampan

www.usnews.com

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa orang yang berpenampilan menarik justru seringkali mengalami diskriminasi ketika melamar ke beberapa jenis pekerjaan. Terutama pada bidang pekerjaan yang kurang diminati.

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang berparas dan berpenampilan menarik lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang memiliki kesan keren. Sedangkan orang yang memiliki paras dan penampilan biasa mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang dianggap tidak bergengsi, kurang prestisius, dan bergaji rendah.

3. Orang cantik dan tampan dinilai punya ambisi besar

time.com

Penelitian itu mencoba melihat sudut pandang penerima kerja. Menurutnya, pelamar pekerjaan yang terlihat berusaha tampil semenarik mungkin secara fisik terkesan memiliki ambisi yang besar, dan memiliki standar yang tinggi.

Akibatnya, banyak perusahaan yang enggan menerima orang berpenampilan menarik untuk pekerjaan kasar atau tidak bergengsi.

Penelitian ini mendapatkan kesimpulan tersebut setelah sebelumnya melakukan survei yang melibatkan 750 subyek penelitian. Para peneliti mengkaji dan memisahkan foto pelamar kerja yang dianggap menarik dengan yang kurang menarik. Kemudian diperlihatkan kepada responden yang mewakili perusahaan.

4. Orang cantik dan tampan tidak puas dengan pekerjaan kasar
www.mtcaustralia.com.au

Tiap responden diminta untuk menanggapi foto tersebut. Mana yang mudah mendapatkan pekerjaan kasar seperti penjaga gudang, customer service, asisten rumah tangga dan yang mudah mendapat pekerjaan favorit seperti manager, supervisor, atau bekerja di perusahaan ternama.

Hasilnya, para informan penelitian secara konsisten menganggap orang dengan penampilan menarik cenderung tidak puas dengan pekerjaan kasar di sektor yang kurang diminati. Para HRD pekerjaan di sektor yang kurang diminati pun lebih memilih pelamar yang penampilannya kurang menarik meskipun untuk mengisi posisi manager baru di perusahaannya.

5. Penampilan masih jadi prioritas
www.glassdoor.co.in

Penelitian ini memperlihatkan suatu masalah yang menunjukkan bahwa masih banyak orang yang melihat orang lain dari segi penampilan. Seolah-olah orang yang berpenampilan menarik tidak berhak untuk memulai kariernya dari bawah.

Sebaliknya, orang berpenampilan kurang menarik menjadi sulit mendapatkan posisi yang diidamkan banyak orang.

Tidak perlu mencari siapa yang salah dalam persoalan ini. Cukup mulai mengubahnya dari diri sendiri dengan tidak terjebak pada penampilan fisik seseorang. Lebih mengutamakan semua potensi yang dimiliki orang tersebut yang dapat membantu perkembangan perusahaan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Dari ‘Mama-Papa’ sampai ‘Mumu-Bubu’, Panggilan Sayang Ternyata Bikin Pacaran Langgeng! | Keepo.me

Dari ‘Mama-Papa’ sampai ‘Mumu-Bubu’, Panggilan Sayang Ternyata Bikin Pacaran Langgeng! | Keepo.me

Tanda yang Menunjukkan Pasangan Lagi Bosan Berat Padamu

Tanda yang Menunjukkan Pasangan Lagi Bosan Berat Padamu

Tak Hanya Pejabat, Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong Juga Diundang ke Pelantikan Jokowi! | Keepo.me

Tak Hanya Pejabat, Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong Juga Diundang ke Pelantikan Jokowi! | Keepo.me

Resep Olahan Daging Simpel untuk Menu Bekal Makan Siang

Resep Olahan Daging Simpel untuk Menu Bekal Makan Siang

Nangis Ditinggal Ibunya, Balita Ini Tewas Terjatuh dari Lantai 7 Rusunawa Tambora | Keepo.me

Nangis Ditinggal Ibunya, Balita Ini Tewas Terjatuh dari Lantai 7 Rusunawa Tambora | Keepo.me

Hindari Hal Ini Agar Dirimu Tidak Mudah Cemas Lagi

Hindari Hal Ini Agar Dirimu Tidak Mudah Cemas Lagi

loading