Oh, Jadi Ini 7 Tren Beramal Secara Modern Bagi Anak Muda

15 April 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Kata siapa anak muda nggak bisa beramal dengan cara yang keren? Saat ini, udah banyak banget tren beramal yang modern dan seru. Kalau kamu masih menganggap menggalang dana amal itu seperti mas-mas nggak dikenal yang minta sumbangan atau masukin uang ke kotak amal, ubah deh pola pikirmu. Karena sekarang, beramal justru jadi tren masa kini dengan cara yang kece banget. Ada yang hanya melalui smartphone, menyumbang tanpa uang, sampai beramal sambil jalan-jalan. Apa aja ya tren beramal modern yang bisa dilakukan anak muda?

1. Beramal via sosial media

Sosial media kini nggak hanya digunakan untuk menunjukkan kegiatan pribadi aja. Tapi udah banyak lembaga sosial yang menggunakan sosial media sebagai salah satu cara menggalang dana amal. Pengguna sosial media biasanya dipaparkan profil seseorang atau pihak yang akan menjadi target amal. Biasanya sih, orang-orang yang nggak terjamah media sehingga sosial media hadir untuk mempublikasikan target amal. Nggak heran kalau cara beramal kayak gini tinggi banget antusiasmenya!

2. Beramal via digital

Konsep digital charity sebenarnya udah semakin populer. Digital charity diusung karena kemudahan teknologi saat ini yang membuat orang yang ingin beramal dan lembaga amal semakin mudah terhubung. Saat ini udah banyak website amal yang menggalang dana melalui digital charity. Tinggal klik, kamu udah bisa menyumbang secara digital. Tren ini paling banyak digandrungi karena berdonasi kini bisa secara online, mudah dan cepat. Udah nyoba, guys?

3. Volunteering

Beramal nggak perlu nunggu punya banyak uang lho. Kamu bisa ikutan kegiatan volunteering yang juga termasuk kegiatan beramal nih. Coba cari apa sih isu yang menjadi perhatian kamu dan pastinya yang kamu minati. Dari situ, kamu bisa membantu dengan tenaga, waktu, dan pikiran. Mengajar anak-anak di daerah miskin atau ikut melestarikan lingkungan juga termasuk beramal lho guys. Bahkan tren volunteering modern bisa kamu lakukan bahkan hanya melalui laptop lho. Cool!

4. Voluntrip

Mungkin ini masih jarang terdengar ya. Voluntrip merupakan gabungan dari kata volunteer dan trip. Artinya, kita bisa ikut kegiatan volunteer sambil jalan-jalan! Konsep ini banyak dikembangkan di negara-negara maju karena mereka pengen banget jalan-jalan ke negera lain sambil bantu-bantu jadi volunteer. Misalnya orang Amerika yang jauh-jauh ke Indonesia untuk membantu ngajarin bahasa Inggris anak Indonesia di pedalaman. Asyik banget!

5. Garage Sale

Sebenarnya garage sale atau menjual barang-barang bekas sudah menjadi tradisi dalam penggalangan dana dari jaman dulu. Biasanya seluruh anggota komunitas menjual barang bekasnya untuk kemudian hasilnya diberikan kepada pihak yang membutuhkan. Tapi garage sale sekarang lebih variatif dan inovatif lho. Nggak hanya menjual barang, sekarang juga ada yang menyediakan jasa seperti ojek atau bersih-bersih. Intinya, sistem ini menggalang dana dengan menawarkan keuntungan bagi yang beramal. Salut deh!

6. Crowdfunding

Sekarang ini udah banyak cara beramal yang menggunakan sistem crowdfunding yaitu dengan mengumpulkan dana besar-besaran melalui internet maupun penggalangan dana secara langsung. Biasanya sih dilakukan dengan aktivitas yang seru dan meriah, seperti kegiatan lari marathon yang nantinya hasil dari kegiatan tersebut disumbangkan untuk pihak yang membutuhkan. Keren banget ya!

7. Konser amal

Hampir sama dengan crowdfunding, charity concert juga pas banget untuk kamu yang ingin beramal melalui suatu acara. Biasanya charity concert memiliki tema yang sesuai dengan isu yang diusung oleh musisi tersebut. Orang-orang yang hadir dan nonton akan menyumbang entah karena nge-fans sama musisinya atau emang ada niatan peduli sama isu tersebut. Kerennya, charity concert bisa menggalang dana banyak banget lho!

Sebagai anak muda, kita bisa banget nih beramal dengan cara yang modern. Kamu tinggal sesuaikan cara mana yang cocok dengan minat dan kantong kamu. Beramal nggak melulu tentang seberapa banyak uang yang kamu sisihkan untuk kepedulian terhadap sesama, tapi bagaimana kamu berusaha meluangkan waktu, tenaga, dan pikiranmu untuk sama-sama peduli dengan mereka yang membutuhkan. Selamat beramal, guys!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES