Nunggu Wisuda Setelah Sidang Skripsi? Lakukan 7 Hal Ini Buat Ningkatin Skill!

06 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Akhirnya setelah melewati tiga tahunan lebih di kampus, masa-masa skripsi yang melelahkan dan sering bikin kurang tidur, kurang makan, kurang sabar, dan kurang-kurang lainnya, kamu berhasil melewati sidang skripsi! Lulus! Revisi ada dong pastinya, tapi cuma dikit. Kembalilah kamu cukup makan, cukup tidur, cukup sabar, dan cukup sudah revisinya. Tapi wisudanya masih nunggu tiga bulan lagi. Terus enaknya ngapain ya selama tiga bulan jeda dari sidang skripsi/pendadaran sampai wisuda?

1. Daftar menjadi volunteer di kegiatan yang sesuai dengan passionmu

Daripada nonton TV terus di rumah sambil makan ciki dan menumpuk micin dalam tubuh, coba deh cari informasi seputar kegiatan yang akan diadakan di kotamu. Misalnya festival musik, seminar, atau pelepasan tukik ke laut untuk pertama kali. Biasanya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) banyak mengadakan kegiatan dengan merekrut sukarelawan, misalnya Earth Hour, Greenpeace, atau yayasan untuk anak kanker. Tinggal pilih yang kamu suka. Seru lho dapet pengalaman dan teman-teman baru. Siapa tahu ada info lowongan pekerjaan juga di LSM yang bersangkutan dan kamu bisa langsung daftar.

2. Magang di lembaga atau instansi yang kamu incar untuk bekerja setelah lulus

Jika memang kamu berniat untuk langsung bekerja setelah lulus kuliah nanti, kenapa nggak ‘berkenalan’ dulu dengan perusahaannya? Nggak ada lowongan magang yang buka? Jangan hanya mengandalkan info dari media sosial dan website, datangi langsung kantornya dan tanyakan apakah ada lowongan untuk anak magang. Kalau nggak ada, kamu tinggalin CV dan surat lamaran aja. Siapa tahu suatu saat kamu akan dipanggil pas lagi butuh kerjaan. Jika berhasil diterima magang, kamu bisa sekaligus mempelajari budaya perusahaan. Selangkah lebih cepat dari teman-temanmu yang belum ngapa-ngapain.

3. Les apa saja di luar bidang studimu, menekuni hobi yang selama ini kamu tinggalkan demi tugas

Les gitar, les bahasa asing, les renang; apa aja deh yang kamu kepingin banget bisa melakukannya tapi selama ini nggak pernah sempat karena waktumu habis untuk kuliah, nugas, praktikum, laporan, dan teman-temannya. Lumayan lho tiga bulan buat les bahasa bisa lulus satu level, les gitar bisa dapet dasarnya, renang bisa sampai jago tuh. Mumpung masih ada waktu sebelum nanti sibuk bekerja.

4. Ikutan kelas yang jangka waktu belajarnya pendek untuk menunjang skill kreatif dan entrepreneurship

Saat ini sudah cukup banyak workshop organizer yang mengadakan kelas-kelas singkat berdurasi 1-3 hari khususnya untuk industri kreatif. Misalnya membuat pouch dari kulit, makrame, terrarium, dan sebagainya. Biayanya memang lumayan, bisa ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tapi bisa jadi kamu akan menemukan hobi atau minat baru dan punya skill baru yang bisa dipakai jika kelak memutuskan untuk berwirausaha.

5. Liburan sendirian atau bareng teman-teman ke tempat yang jauh

Untuk yang satu ini kamu memang harus menabung sejak jauh hari sih. Kalau saat ini kamu masih duduk di semester awal, mulailah menabung untuk saat-saat selo setelah sidang skripsi. Rencanakan mau liburan ke mana, sendiri atau bersama teman-teman. Katanya, perjalanan adalah waktu di mana seseorang bisa menemukan jati diri sesungguhnya. Jangan lupa pamit sama orang rumah. Pulang dari jalan-jalan, pasti kamu sudah menjadi pribadi yang berbeda dari sebelumnya. Banyak hal yang bisa mengubah seseorang selama perjalanan: bertemu dengan orang baru, di tempat yang baru dan antah-berantah.

6. Meluangkan lebih banyak waktu untuk di rumah bersama keluarga

Mau kamu kuliah di dalam atau di luar kota, pasti waktumu bersama keluarga banyak berkurang kan? Nah inilah waktu untuk menebus momen-momen yang hilang. Dengarkan cerita kakak dan adikmu, temani mama masak, ngopi bareng ayah. Kangen kan sama masa-masa itu? Sebelum sibuk kerja  atau merantau lebih jauh, yuk mendekatkan diri lagi dengan mereka. 

7. Belajar hidup sehat dan menyusun target

Selama kuliah kebanyakan makan mie instan dan minum yang manis-manis terus? Ini saatnya kamu get back on track dengan mulai mengonsumsi makanan sehat bikin sendiri dan olahraga. Biar lebih semangat, susunlah target misalnya kamu mau sixpack dalam tiga bulan, berarti harus olahraga gimana, makan apa, berapa kali sehari biar bisa tercapai. Nanti ketika tiba masanya harus melamar kerja, postur tubuhmu lebih tegap dan kamu jadi lebih percaya diri.

Jangan sia-siakan tiga bulan ini dengan menumpuk lemak, makan ciki dan micin, serta ngendon di depan TV terlalu banyak ya. Sayang tubuh dan pikiranmu. Ingat lho bentar lagi wisuda, habis itu bakal terjun dalam kehidupan sebenarnya. Santai boleh tapi harus tetap siap buat masa depan dong.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES