Nggak Usah Minder Kalau Masa Kecilmu Nggak Bahagia, Justru Jadikan Motivasi untuk Sukses

24 Oktober 2017
|Chandra W.
Life
0SHARES

Masa kecil bisa jadi masa-masa terindah untuk sebagian orang. Tapi nggak semua orang di dunia ini mengalami masa kecil yang menyenangkan. Ada yang ketika masih kecil sudah harus bekerja demi membantu memenuhi kebutuhan hidup, ada yang mengalami kekerasan, ada yang orang tuanya bercerai sehingga masa kecilnya jadi MKKB alias masa kecil kurang bahagia. Kamu termasuk salah satu yang mengalaminya? Jangan berkecil hati hanya karena masa kecilmu menyedihkan. Malah sebenarnya itu nilai plus lho. Kamu bisa sukses di usia muda karena...

1. Pribadimu sudah terlatih kuat sejak kecil, jadi udah nggak kaget ketika menemui masalah

Biasa berhadapan dengan masalah sejak kecil, kamu nggak gampang goyah ketika menemuinya lagi saat remaja. Dibully? Hah siapa takut? Kamu justru akan lebih mudah menemukan solusi ketika berhadapan dengan masalah. Kesulitan yang kamu alami justru jadi motivasi tersendiri. Nggak ada acara bermanja-manja dan merasa lemah. Kamu kuat!

2. Lebih bijak melihat kehidupan dan nggak mudah iri kepada orang lain

Rumput tetangga selalu lebih hijau, benar. Tapi kamu sudah tahu bahwa setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi nggak perlu iri sama yang terlihat 'wah'. Orang kaya saja pasti punya masalah. Kamu jadi lebih bijak dalam melihat kehidupan dan nggak gampang iri serta selalu mengambil hikmah dari setiap kejadian. Kamu tidak mudah menyerah, karena fokusmu adalah melakukan yang terbaik bagi hidupmu di masa depan dan termotivasi untuk sukses dalam segala hal, termasuk sukses mengatasi masalah-masalah yang datang dalam hidup.

3. Pengalaman masa kecil yang tidak menyenangkan membuatmu lebih termotivasi untuk hidup lebih baik

Kamu jadi mengerti bahwa hidup adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Nggak ada kesuksesan tanpa usaha dan perjuangan. Nggak ada kesuksesan yang datang begitu saja. Pengalaman adalah guru terbaikmu. Kamu lebih termotivasi untuk sukses dan memperbaiki hidup untukmu sendiri dan orang-orang terdekat.

4. Kamu jadi lebih peduli kepada orang-orang yang bernasib sama

Biasanya sih orang-orang yang mengalami masa kecil yang kurang menyenangkan dan diwarnai pengalaman buruk akan tumbuh jadi orang yang rasa pedulinya tinggi, terutama dengan orang yang mengalami kejadian serupa. Ada banyak LSM dan aksi sosial yang tumbuh pesat dengan kekuatan orang-orang seperti ini. Orang yang pernah hancur tapi kemudian ingin bangkit dan punya motivasi untuk hidup lebih baik. Mereka nggak ingin ada lebih banyak anak yang bernasib sama.

5. Kesalahan di masa lalu adalah bahan untuk belajar di masa depan

Karena telah melihat kesalahan yang diperbuat orang tua di masa lalu, misalnya sampai menyebabkan perceraian, kamu belajar. Apa yang menyebabkan itu terjadi, bagaimana jika suatu saat nanti kamu menikah, kriteria seperti apa yang kamu cari dan seterusnya. Kamu jadi pribadi yang lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Kamu berusaha untuk sukses dan tidak mengulangi kesalahan.

Masa kecil memang tidak dapat terulang lagi dan diperbaiki. Tapi masa kecil yang nggak menyenangkan bisa dijadikan bahan pembelajaran dan motivasi untuk sukses dan nggak melakukan kesalahan yang sama serta membuat hidupmu jauh lebih baik dan bermanfaat. Nggak ada gunanya juga 'kan meratapi waktu yang nggak bisa kembali?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES