Nggak Semua Orang Sama, Inilah 7 Gaya Belajar yang Dimiliki oleh Setiap Orang

15 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Sedari kecil, kita memang telah terbiasa untuk terus belajar. Mulai dari belajar merangkak, berjalan, berbicara hingga menjadi seperti sekarang ini. Meski begitu, metode yang digunakan masing-masing orang untuk belajar tidaklah sama. Setidaknya terdapat tujuh metode atau gaya belajar yang dimiliki oleh setiap orang. Seperti apa ketujuh gaya belajar tersebut? Langsung saja kita kepoin bareng-bareng!

1. Physical

Gaya belajar ini secara umum digunakan oleh setiap balita. Sadar atau tidak, ketika masih kecil, kamu seringkali menirukan ucapan atau tindakan yang dilakukan oleh kedua orang tuamu. Nah, ketika dewasa, orang dengan gaya belajar yang seperti ini cenderung akan lebih sering mondar-mandir ketika berpikir atau menghafal sesuatu atau dengan menuliskan kembali materi yang telah disampaikan.

 

2. Verbal

Pernahkah kamu melihat seseorang yang menghafalkan materi pelajarannya dengan cara bersuara atau bahkan berteriak? Mungkin orang tersebut memiliki kecenderungan gaya belajar seperti ini. Mereka yang memiliki gaya belajar verbal (lingustik) akan lebih mudah menghafal ataupun memahami sebuah materi ketika dilakukan sambil bersuara. Jadi, jangan diomelin dulu ya kalau ada temenmu yang kayak begini. Soalnya itu jadi salah satu cara agar dia dapat memahami pelajaran dengan baik.

3. Aural

Orang dengan gaya belajar aural atau auditory akan lebih mudah menangkap atau memahami materi ketika diiringi oleh sebuah musik. Mereka ini termasuk orang yang bisa tetap berkonsentrasi walau suara musik sekencang apapun.

4. Logical

Ada tipe orang yang ketika mendengar penjelasan dari guru selalu mengiyakan tanpa berpikir kenapa hal itu bisa terjadi. Namun, ada juga tipe orang yang selalu mempertanyakan penjelasan guru dengan melontarkan berbagai macam pertanyaan, kenapa, apa, kok bisa, dan sebagainya. Nah, orang yang seperti ini memiliki gaya belajar loghical (matematik) yang mana mereka akan menerima sebuah kenyataan atau materi jika mendapatkan penjelasan secara lebih lanjut. Jika tidak ada penjelasan tentang materi yang dipelajari, kemungkinan besar mereka akan bersikap masa bodo terhadap materi tersebut.

5. Visual

Orang dengan tipe ini akan lebih mudah memahami materi yang disertai oleh gambar atau warna. Ketika menghafal pun mereka lebih memilih untuk mencetak materi dan menempelkannya di dinding kamar mereka agar lebih mudah masuk ke dalam otak.

6. Social

Mungkin ketika guru memberikan penjelasan, orang dengan tipe ini akan sulit mengerti. Namun, ketika ada orang yang bertanya dan guru memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut, orang dengan tipe ini akan lebih mudah mengerti dan memahaminya.

7. Solitary

Gaya belajar cenderung dimiliki oleh orang-orang introvert. Mereka akan lebih mudah menghafal dan memahami suatu materi ketika kondisi di sekitarnya dalam keadaaan sepi, sunyi, dan tenang.

Itu dia tujuh gaya belajar yang dimiliki oleh setiap orang. Kalau kamu sendiri cenderung ke arah gaya belajar yang mana nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES