Nggak Selamanya Berantem, Inilah 7 Pelajaran Hidup yang Bisa Dipetik dari Tom & Jerry

18 Mei 2018
|Reza Pratama
757SHARES

Bagi generasi 90-an, pasti sudah nggak asing dengan serial kartun Tom & Jerry. Kartun yang mulai diproduksi tahun 1940 ini memang menjadi salah satu serial kartun paling populer sepanjang masa. Berkisah tentang perseteruan sengit antara kucing dan tikus, kartun ini seperti nggak pernah bosan untuk ditonton. Meski mereka sering berkelahi dan saling kejar-kejaran, tetapi ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil. Kira-kira apa saja itu? Berikut pelajaran hidup yang bisa dipetik dari serial kartun Tom & Jerry. 

1. Persahabatan adalah segalanya

Mungkin Tom & Jerry terlihat tak pernah akur dan saling membenci. Tetapi ada kalanya Jerry peduli dengan kesialan yang selalu menimpa Tom. Begitu pun sebaliknya, Tom beberapa kali merasa tak tega melihat Jerry terluka. Keduanya tetap saling membutuhkan meski di tengah perkelahian. 

2. Saling membutuhkan meski tak pernah akur

Perkelahian memang kerap kali terjadi pada siapapun. Bisa antara kakak dan adik, dan sepasang kekasih sekalipun tak akan bisa terhindar dari yang yang namanya konflik. Seperti hubungan Tom & Jerry yang tak jarang akur tapi keduanya saling membutuhkan, dan akan merasa tak berarti di saat orang yang selalu di samping kita memutuskan pergi. Sepahit apapun hidup, akan lebih tak berarti jika tak ada orang yang menemani kita setiap hari. 

3. Ukuran kecil bukan jadi persoalan

Terkadang mindset kita selalu beranggapan jika yang kecil akan tertindas oleh yang lebih besar. Anggapan ini tak selamanya benar. Hal ini dibuktikan dengan sosok Jerry yang bertubuh kecil selalu bisa mengalahkan Tom dengan akal-akalnya yang cerdik. Jadi jangan pernah menganggap remeh orang dari sampulnya. 

4. Meski sering cekcok, tetapi tetap menjadi satu tim dalam mengalahkan musuh

Pertengkaran Tom & Jerry mungkin tak pernah ada habisnya. Tapi ada kalanya mereka memilih untuk bersama dalam mengalahkan musuh. Karena dengan bersatu, sekuat apapun musuh akan bisa dikalahkan.

5. Selalu mencoba dan tak pernah menyerah

Sebagaimana yang kita tahu, Jerry selalu mendapat serangan dari Tom. Namun, ia selalu memiliki cara untuk bisa menghindar dari perangkap Tom. Kecerdikan dan tekadnya yang kuat selalu bisa membuat Tom menyerah dan terjebak oleh perangkapnya sendiri. Jadi kuncinya adalah jangan pernah menyerah dalam situasi apapun. 

6. Tetap optimis, tidak ada hal yang mustahil

Pelajaran hidup tak melulu datang dari Jerry, Tom yang terkenal licik dan jail pun memiliki filosofi hidup yang bisa kita petik. Salah satunya adalah tentang rasa optimisnya yang tak pernah padam. Meski seringkali gagal, tetapi ia tak pernah sekali pun menyerah dalam mengelambui Jerry. Walaupun terkadang cara yang ia gunakan terlihat sulit dan bahkan mustahil. 

7. Tetap saling berbagi momen kebahagiaan

Rasa jengkel dan marah memang bisa menghampiri siapapun. Namun bukan berarti kita harus mengabaikan kehadiran orang yang seringkali membuat kita kesal. Ada kalanya kita perlu berbagi momen kebahagiaan bersama orang terdekat kita. Meskipun orang tersebut lebih banyak bikin keselnya daripada senengnya.  

Itulah beberapa pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari serial kartun Tom & Jerry. Meski penuh perkelahian di setiap episodenya, bukan berarti tak ada satupun hal positif di dalamnya. Hikmah akan selalu ada, sekalipun dari perkelahian tikus dan kucing. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
757SHARES