Nggak Sekedar Bengong, Ternyata Ada 10 Manfaat dari Kebiasaan Melamun

03 Mei 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Semua orang tentu pernah melamun. Setiap harinya kamu pernah melamun atau bengong. Ketika menunggu, ketika merasa lelah, atau bahkan ketika kamu lagi berbicara dengan orang lain. Tapi, tahukah kamu bahwa melamun bisa membawa manfaat yang banyak bagi diri kita? Memanfaatkannya mudah banget kok. Jadikan melamun sebagai kebiasaan yang bisa membawamu ke hal-hal positif. Arahkan pikiranmu ketika melamun untuk memikirkan hal-hal yang baik. Kalau udah begitu, kamu bisa banget nih mendapatkan 10 manfaat dari melamun berikut ini.

1. Melatih otak

Seorang neuroscientist, Dr Muireann Irish menjelaskan bahwa sebenarnya melamun itu adalah aktivitas yang sangat kompleks. Manusia adalah satu-satunya makhluk yang dianugerahi kemampuan melamun. Kemampuan mengingat masa lalu dan membayangkan hal-hal di masa depan dapat membantu otak manusia untuk membuat jalur otak yang baru. Dengan kata lain, melamun bisa melatih otak kamu nih.

2. Mengistirahatkan otak

Ketika kita terjaga, ada dua bagian otak yang berfungsi secara penuh: bagian analisis pembuatan keputusan dan bagian yang berhubungan dengan empati. Ketika salah satu bagian sangat aktif, maka bagian yang lain menjadi kurang aktif. Nah, melamun dapat membuat kedua bagian ini aktif secara bergantian seolah ada lampu yang bercahaya di kedua bagian otakmu yang menyala secara bergantian.

3. Menjadi lebih kreatif

Tahukah kamu, J.K. Rowling menelurkan karya yang hebat berkat lamunannya? Yap, melamun bisa bikin kita kita jadi lebih kreatif lho. Ini bisa terjadi karena ketika melamun, pikiranmu berjalan-jalan ke bagian-bagian otak yang berbeda dan mengumpulkan informasi-infromasi yang akan tersambung menjadi ide yang unik. Jadi, jangan remehkan lamunan ya, bisa jadi ide-ide hasil dari melamun itu bisa bikin mimpimu jadi nyata!

4. Melatih rasa empati, open-minded, dan memahami orang lain

Sama seperti kemampuan mengingat masa lalu dan membayangkan masa depan, kamu juga bisa melatih kepekaanmu. Karena dengan melamun kamu akan berpikir tentang apa yang orang lain rasakan atau pikirkan tentang kamu. Kalau kamu mau melatih kemampuan kamu untuk memahami orang lain, kamu bisa melamun dengan memikirkan apa sih yang orang lain harapkan tentang kamu dan seberapa berharganya orang lain di mata kamu. Tuh kan, melamun nggak selamanya tentang bengong doang.

5. Merasa lebih terkoneksi dengan orang-orang terdekat

Memikirkan seseorang yang kamu sayang akan menciptakan perasaan terkoneksi dan membuat kamu seolah menjadi lebih dekat. Penelitian menunjukkan bahwa ada yang namanya “approach oriented” jenis lamunan tentang seseorang yang dicintai dan akan menimbulkan rasa bahagia, rasa cinta, dan koneksi secara emosional. Artinya, jenis lamunnan ini bisa berdampak positif bagi kesehatan kita juga.

6. Meningkatkan daya ingat

Working memory adalah kemampuan otak manusia dalam menyimpan dan mengingat informasi saat itu juga meski sedang terdistraksi atau terganggu. Nah, penelitian terbaru dari University of Wisconsin and the Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science menunjukkan bahwa ada lho hubungan antara melamun dan kemampuan working memory. Artinya dengan melamun, kemampuan working memory dan daya ingatmu pun akan semakin baik.

7. Meningkatkan produktivitas

Mungkin terdengar agak aneh ya, kok bisa sih melamun malah meningkatkan produktivitas? Jadi, ada penelitian dari Bar-Ilan University yang mendefinisikan melamun sebagai aktivitas spontan di mana pikiran dan asosiasi dapat diatur sendiri. Penelitian tersebut membuktikan bahwa melamun dapat berdampak positif di mana seluruh aktivitas tersebut dapat dilakukan secara bersamaan membentuk suatu aktivitas otak yang membantu agar lebih produktif.

8. Lebih sehat jiwa raga

Melamun itu diibaratkan juga dengan self-hypnosis atau menghipnotis diri sendiri. Inilah yang membuat orang yang melamun jadi nggak gampang stres. Tapi ini pun harus sering-sering dilatih. Misalnya kamu grogi ketika akan presentasi, kamu bisa sejenak melamun untuk memikirkan cara apa yang bisa kamu lakukan agar kamu nggak stres. Melamun juga menyehatkan otak, misalnya dengan membantumu untuk lekas tertidur.

9. Membantu menggapai cita-cita

Bayangkan kalau kamu bisa lebih kreatif, daya ingat meningkat, produktivitas jadi lebih mantap, dan kamu jadi nggak mudah stres dengan melamun. Itu artinya melamun bisa membantu kamu menggapai cita-cita dan harapan kamu dong? Bahkan ada lho penelitian yang membuktikan bahwa ketika kamu melamun, bagian otak yang berfungsi untuk memecahkan masalah jadi lebih aktif. Maka dari itu, set your goal, pikirkan cara-caranya, dan biarkan otakmu yang bekerja!

10. Paling penting, kamu bisa merasa lebih bahagia!

Kalau kamu mendapatkan semua manfaat melamun, udah pasti kamu bisa merasa lebih bahagia nih guys. Karena dengan melamun kamu jadi punya harapan dan mampu mengantisipasi hal-hal di kemudian hari. Nah, kedua hal itu erat kaitannya dengan rasa bahagia.

Itulah kesepuluh manfaat dari melamun yang bisa kamu terapkan di hidupmu, guys. Meski begitu, bengong yang bermanfaat adalah ketika kamu jadikan momen bengong tersebut untuk memikirkan hal yang positif. Tapi kalau kamu melamun sambil gigit jari atau membayangkan sesuatu yang horor atau menyedihkan, pasti ada yang nggak beres tuh dengan kamu. Jadikan melamun sebagai aktivitas yang asyik dan bermanfaat ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES