Nggak Perlu Takut Terpecah Belah, 5 Alasan Ini Buktikan Kalau Islam dan Pancasila Sejalan!

www.pinterest.co.uk

Belakangan ini sering kita lihat di berbagai media sosial, perdebatan mengenai Islam dan Pancasila yang dianggap bertentangan. Beberapa berpendapat bahwa agama dan paham dalam Islam dapat mencederai persatuan bangsa dan keluar dari ideologi dasar Indonesia, Pancasila.

Tapi benarkah begitu? Apakah seorang muslim yang baik berarti tidak dapat menjadi warga negara yang baik pula? Daripada pusing dan berdebat sendiri di sosial media, yuk kita simak dan pelajari kembali nilai-nilai dalam Pancasila dan agama Islam!

1. Pancasila dan Islam, sama-sama mengakui Tuhan yang Maha Esa

www.ibtimes.co.in

Hal ini tidak perlu diperdebatkan lagi. Sila pertama dalam Pancasila dengan jelas menyebutkan bahwa Indonesia mengakui Tuhan yang esa, tunggal, satu. Sila ini tentu saja sejalan, dan bahkan beberapa berpendapat merujuk pada agama Islam yang memercayai Allah SWT sebagai Tuhan yang tunggal. Bagaimanapun, baik Islam maupun Pancasila, sama-sama mengakui adanya Tuhan yang Maha Esa.

2. Jika Pancasila mengajarkan kemanusiaan, Islam pun mengajarkan kita untuk Habluminannas

www.mpac.org

Belakangan ini, terutama di negara-negara barat, Islam memang kerap dicitrakan sebagai agama yang identik dengan terorisme dan penuh kekerasan. Mereka melihat para penganut agama Islam sebagai korban opresi yang tertindas. Tapi hal itu tentu saja bukan pandangan yang tepat.

Pasalnya, Islam adalah agama yang tidak hanya mengajarkan Habluminallah atau menjaga hubungan baik dengan Tuhan, tapi juga Habluminannas yaitu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. Islam mengajarkan kita untuk memperlakukan manusia lain dengan kasih sayang dan melaknat mereka yang melakukan tindakan yang tidak berperikemanusiaan. Hal ini jelas sejalan dengan sila kedua dalam Pancasila yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab.

3. Pancasila menekankan pada persatuan seluruh Indonesia, pun Islam mengenal konsep bela negara

yugaparivartan.com

Beberapa orang merasa takut agama Islam akan memecah persatuan Indonesia, konsep khilafah dalam Islam dianggap sebagai salah satu paham yang bertentangan dengan Pancasila dan dapat merusak persatuan bangsa. Tapi, Islam juga mengenal konsep bela negara dan tanah air, lho.

Islam mengajarkan para penganutnya untuk mencintai dan membela tanah airnya, melalui konsep ukhuwah wathoniyah. Jadi, umat Islam bukan hanya harus membela sesama muslim, namun juga tanah air dan negaranya, serta saudara muslim di negara lain yang sedang tertimpa musibah atau terancam kehidupannya. Jadi, jelas kan bahwa Islam dan sila ketiga Pancasila itu nggak bertentangan? 

4. Nabi Muhammad semasa hidupnya memberi teladan kepemimpinan yang berdasarkan musyawarah mufakat, sesuai dengan sila keempat dalam Pancasila
shashid.com

Umat Islam tidak hanya menganut Al-Quran selaku kitab sucinya saja, namun juga mengamini Hadits, atau apa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW selaku pedoman hidup. Dan sebagai seorang pemimpin, Nabi Muhammad SAW telah mencontohkan pemerintahan berdasarkan musyawarah mufakat.

Beliau kerap berdiskusi dengan sahabat-sahabatnya di masjid-masjid, mengenai berbagai perkara. Dan melalui diskusi seperti itu, baru didapatkan mufakat yang lalu diterjemahkan menjadi kebijakan dan implementasinya. Hal ini tentu saja menjadi bukti bahwa Islam adalah agama yang mengedepankan musyawarah, seperti dalam sila keempat Pancasila.

5. Pancasila mengajarkan keadilan sosial, yang juga diajarkan oleh Islam dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW
www.pinterest.co.uk

Sila kelima Pancasila berbunyi “keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia”. Sejalan dengan itu, Islam sejatinya adalah agama yang mengajarkan keadilan. Dalam Al Qur’an, keadilan disebut dengan berbagai istilah yaitu al-‘adl, al-qist, dan al-mizan. Dan kata al-‘adl saja dalam Al-Quran diulang sebanyak 28 kali. Belum lagi empat makna keadilan yang tersemat dalam Al-Quran. Hal ini membuktikan bahwa keadilan mendapat perhatian penting dalam agama Islam. 

Sudah jelas kan bahwa Islam dan Pancasila sebenarnya memiliki persamaan nilai sehingga tidak perlu lagi diperdebatkan? Sebenarnya, Islam adalah negara yang damai dan penuh toleransi. Meski kini pemberitaan kerap mencitrakan Islam sebagai agama teroris, namun Islam yang sebenarnya jauh dari itu.

Nah, bagi kita kaum millennial yang ingin memahami bagaimana Islam sebenarnya, yang cinta damai dan bertenggang-rasa, coba deh simak akun instagram @milenialislami , Facebook, atau simak berbagai artikel dalam situs milenialislami.id. Di sana, kita akan belajar mengenai Islam yang sejati, sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Yuk, biar nggak gagal paham!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sebelum Memutuskan Pacaran Sama Cowok Lebih Muda, Pikirkan Plus Minus-nya Terlebih Dahulu!

Sebelum Memutuskan Pacaran Sama Cowok Lebih Muda, Pikirkan Plus Minus-nya Terlebih Dahulu!

Berkat Hobi Membaca, Pria Asal Lumajang Ini Berhasil Meraih Uang Rp20 Juta dalam Sehari!

Berkat Hobi Membaca, Pria Asal Lumajang Ini Berhasil Meraih Uang Rp20 Juta dalam Sehari!

Ngalahin Artis, Gaya 8 Foto Anak Tercantik Di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Iri

Ngalahin Artis, Gaya 8 Foto Anak Tercantik Di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Iri

10 Bahasa Gaul Zaman Now yang Lagi Ngehit. Jangan Sampai Kamu nggak Tahu!

10 Bahasa Gaul Zaman Now yang Lagi Ngehit. Jangan Sampai Kamu nggak Tahu!

Kalau Kata Zodiak, Ini Kriteria Pasangan yang Sebenarnya Kamu Butuhkan. Yuk, Cek di Sini!

Kalau Kata Zodiak, Ini Kriteria Pasangan yang Sebenarnya Kamu Butuhkan. Yuk, Cek di Sini!

Cewek Masuk Sini, Ini 6 Cara Hemat untuk "Me Time" di Rumah. Cobain yuk!

Cewek Masuk Sini, Ini 6 Cara Hemat untuk "Me Time" di Rumah. Cobain yuk!

loading