Nggak Perlu Muluk-muluk, Ini 8 Definisi Kebahagiaan yang Sering Dilupakan

26 November 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Hingga saat ini, masih banyak orang yang berpikir bahwa kebahagiaan itu segala hal yang bersifat materi atau hal serupa yang tak jauh dari hal itu. Padahal, ada banyak hal-hal kecil dan sederhana yang itu adalah salah satu faktor untuk merasakan kebahagiaan serta sukacita. Albert Einstein juga pernah mengatakan, “There are only two ways to live your life. One is as though nothing is a miracle and the other is as though everything is a miracle.”

Makna dari perkataan Einstein itu adalah, bahwa kamu harus bersyukur dengan berbagai hal yang terjadi di sekitarmu, termasuk hal-hal kecil karena semua itu juga berkat. Misalnya, seperti bisa bangun pagi dengan kondisi sehat, kamu memiliki pekerjaan, kamu memiliki keluarga, kamu bisa makan, dan lain sebagainya. Sehingga ketika kamu bisa berpikir seperti ini, kamu akan merasakan sejatinya dari arti kebahagiaan itu sendiri.

Untuk itu agar kamu tak lupa, Yukepo bakal mencoba mengingatkan kamu kembali sebenarnya apa sih arti atau definisi kebahagiaan itu? Berikut ulasannya.

1. Kamu bisa berkumpul dengan keluarga, sahabat, atau orang-orang terdekat

Orang yang paling bahagia adalah dia yang dikelilingi oleh orang-orang yang dicintai, entah itu keluarga, pasangan, teman, sahabat, dan lainnya. Sebab, zaman yang serba maju seperti sekarang, mungkin kamu akan jarang bertatap muka langsung dengan orang-orang terdekatmu. Jadi, sebisa mungkin kamu memiliki kontak fisik bersama mereka, entah itu beralaman maupun berpelukan. Seperti yang dikutip dari Lifehack.org, kontak fisik mampu merangsang hormon endorfin yang bisa memperbaiki mood atau suasana hati kamu menjadi lebih bahagia.

2. Kamu mampu untuk menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab

Tak hanya di tempat kerja saja, namun hal ini juga untuk kegiatan sehari-hari. Ketika kamu melakukan hobi, menyelesaikan semua pekerjaan rumah, itu akan membuat kepuasan dan kebahagian dalam diri. Selain itu, ini juga berguna untuk mengembangan bakat, ketrampilan dan kemampuan kamu.

3. Menerima semua kekurangan yang ada dan jangan membandingkan dengan milik orang lain

Ketika kamu membandingkan kehidupanmu dengan orang lain, hal negatif ini hanya akan merampas semua kebahagiaanmu. Jadi, berhentilah melihat sisi hidup orang lain yang mungkin lebih ‘wah’ dari kamu. Lebih baik, kamu menerima semua yang ada pada dirimu dan percaya bahwa kamu lebih beruntung. Sebab, semua orang pasti punya masalah sendiri-sendiri dalam hidup, sekalipun mereka kaya dan memiliki segalanya.

4. Kamu memiliki kebebasan secara pribadi dan bisa melakukan semua hal yang kamu sukai

Memiliki kebebasan untuk melakukan berbagai hal yang kamu sukai adalah salah satu dari definisi kebahagiaan. Tak hanya itu saja, kamu juga bebas dalam membuat sebuah pilihan, entah dalam dunia karier atau hubungan. Hal ini akan memberi kamu rasa puas karena kamu sendiri yang mengendalikan hidupmu, bukan disetir oleh orang lain.

5. Kamu memiliki mimpi dan tujuan dalam hidup

Bersyukurlah kalau kamu punya mimpi atau tujuan dalam hidup. Tanpa hal ini, kamu hanya akan menjalani hidup tanpa tujuan, apa adanya, dan sangat membosankan. Karena impianlah yang akan mendorong kamu untuk berusaha lebih baik dan mewujudkan hal itu, lalu kamu bisa menikmatinya di kemudian hari.

6. Kamu memiliki kesehatan yang baik

Kalau kamu nggak sehat, tentu kamu nggak bisa melakukan dan menikmati semua hal yang terjadi dalam hidupmu. Untuk itu, kamu perlu menjaga kesehatan dengan memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Cobalah untuk mulai gaya hidup sehat, mulai dari apa yang makanan, minuman, dan olahraga secara teratur.

7. Cukup dalam hal materi

Tak perlu lebih, namun cukup itu lebih baik. Berbagilah kepada sesama jika kamu memiliki lebih. Bersyukurlah dengan apa yang kamu miliki sekarang ini. Penuhi kebutuhanmu, bukan keinginanmu. Karena menuruti keinginan tak akan ada habisnya.

8. Kamu memiliki agama atau kepercayaan, karena ini adalah ‘dasar’ kehidupan.

Kamu patut berbahagia jika memiliki kepercayaan atau agama, apa pun itu. Sebab, faktor ini akan memberikan kontribusi besar dalam menjalani hidup. Sehingga kamu akan lebih bahagia dan memiliki ketenangan saat menjalani hari demi hari. Dalam hidup terkadang memang ada batu gonjalan yang begitu berat. Ketika kamu mengalami hal ini, yang kamu butuhkan adalah lakukan yang terbaik dan berserah diri, lalu biarkan Dia yang memberimu jalan.

Terkadang kita lupa dengan arti kebahagiaan. Kita juga sering lupa untuk bersyukur dengan berbagai hal yang dimiliki dan apa yang terjadi di sekitar kita. Kebahagiaan juga nggak perlu yang muluk-muluk kok. Jadi setelah kamu membaca ini, jangan melupakan lagi dan ingatlah terus 8 poin tadi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES