Nggak Pakai Ribet Nyetrika, Begini Trik Ampuhnya Agar Baju Tetap Mulus dan Licin!

www.dicasdemulher.com.br

Tampil dengan pakaian rapi tentunya merupakan faktor yang cukup penting di tempat-tempat tertentu, misalnya sekolah atau tempat kerja. Masalahnya, kita kerap dikejar waktu dan enggak sempat untuk menyetrika baju. Memang saat ini berbagai usaha binatu bisa menjadi solusi untuk persoalan yang satu ini. Walaupun begitu, kita enggak bisa selamanya mengandalkan binatu untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kita juga perlu tahu bagaimana cara-cara praktis untuk membuat pakaian yang kita kenakan terlihat mulus dan enak dipandang.

Nah biar bisa lebih menghemat waktu dan tenaga, yuk kepoin trik-trik membuat baju rapih dan licin tanpa perlu setrika di bawah ini!

1. Gantung pakaian yang akan dikenakan di kamar mandi

www.domesticfashionista.com

Sebelum mengenakan baju untuk beraktivitas, biasanya kita akan mandi dulu, kan? Nah, untuk membuat pakaian kamu menjadi mulus, kamu bisa menggantung pakaian di tempat yang jauh dari jangkauan cipratan air. Pakaian kamu akan jadi lebih mudah mulus jika kamu mandi dengan menggunakan air hangat karena uapnya akan membantu merapihkan.

2. Menggunakan handuk basah

www.rd.com

Pertama-tama, bentangkanlah pakaian kusut kamu di bidang datar, misalnya meja. Setelah itu, ratakan bagian yang kusut dengan menggunakan handuk basah dan beri tekanan yang lembut. Oh iya, handuknya jangan terlalu basah ya. Yang penting, handuk yang kita gunakan dalam keadaan lembap.

3. Untuk gaun, kamu bisa menggunakan pengering rambut

www.hipwee.com

Menggunakan setrikaan membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi ketimbang menggunakan pengering rambut untuk memuluskan pakaian. Dengan menggunakan pengering pakaian, setidaknya bagian tubuh kamu yang lainnya lebih leluasa untuk melakukan kegiatan lain, kan? Tembakkan udara panas dengan jarak dua inci dari bagian pakaian yang kusut untuk memperoleh hasil yang diinginkan. 

4. Pakai catokan rambut untuk menyetrika baju
blog.freepeople.com

Sebenarnya cara kerja setrika dan alat catok rambut kurang lebih sama, yaitu menghantarkan panas yang didapat dari konversi energi listrik untuk mengubah tekstur. Karena itu, bagi kamu yang tinggal di kos-kosan dan nggak punya setrika tapi punya catokan rambut, bisa nih dimanfaatkan! Ingat, atur suhu yang aman ya agar nggak merusak baju.

5. Taruh pakaian di bawah kasur
www.medicalnewstoday.com

Sebelum setrikaan lumrah digunakan, ada juga orang-orang zaman dulu suka menindih pakaian di bawah tempat tidur selain menggunakan setrika arang. Pertama-tama, bentangkan pakaian dan apit dengan koran di bagian atas dan bawahnya. Setelah itu, simpan di bagian bawah kasur. Untuk melakukan trik ini, kamu membutuhkan ranjang dengan dua kasur yang bertumpuk atau kasur lesehan. Keesokan harinya, kamu bisa mengenakan pakaian yang sudah kamu tindih semalaman.

6. Menggunakan uap dari cerek

www.videoblocks.com

Dengan trik ini, kamu bisa menunggu pakaian kamu rapi sambil melakukan kegiatan lain. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan memasak air dengan cerek di kompor dan tunggu sampai mulai mendidih. Saat sudah terlihat uap dari cerek, ambil baju yang kusut dan letakkan di bagian depan cerek yang mengeluarkan uap dengan jarak 20 cm. Jadi deh setrika uap!

7. Semprot dengan sedikit air dan gantungkan

www.rd.com

Semprotkan sedikit air pada bagian-bagian baju yang kusut. Ingat, kamu hanya perlu membuatnya menjadi lembap saja. Jangan sampai pakaian kamu malah basah kuyup karena kamu menyemprotkan terlalu banyak air. Setelah itu, gantungkan pakaian kamu di tempat yang kering. Kamu juga bisa mencampurkan sedikit cuka dengan perbandingan 1:3. Tapi, cara ini cukup berisiko karena ada beberapa bahan pakaian yang malah akan menguarkan bau tidak sedap atau malah rusak saat terpapar cuka.

Itulah beberapa trik yang bisa kamu lakukan sebagai pengganti setrika. Sebenarnya, setrika dapat memberikan hasil yang lebih maksimal dibanding solusi-solusi di atas. Tapi, buat kamu-kamu yang malas menyetrika baju atau bahkan tidak punya setrikaan, trik-trik di atas bisa jadi solusi yang tepat. Selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Begini Deritanya Pacaran Sama Gamer. Harus Punya Stok Sabar yang Banyak!

Begini Deritanya Pacaran Sama Gamer. Harus Punya Stok Sabar yang Banyak!

Jangan Sekali-Kali Minta Ditemani Cowok Saat Belanja Lipstik, Ini Alasannya!

Jangan Sekali-Kali Minta Ditemani Cowok Saat Belanja Lipstik, Ini Alasannya!

7 Destinasi Wisata untuk yang Lagi Patah Hati. Pulang-pulang Langsung Move On!

7 Destinasi Wisata untuk yang Lagi Patah Hati. Pulang-pulang Langsung Move On!

Kecanduan Internet Bisa Menyebabkan Gangguan Mental. Batasi Kalau Nggak Mau Fatal

Kecanduan Internet Bisa Menyebabkan Gangguan Mental. Batasi Kalau Nggak Mau Fatal

Biar Nggak Sakit Hati Kena Harapan Palsu Lagi, Cara-cara Ini Layak Kamu Lakukan

Biar Nggak Sakit Hati Kena Harapan Palsu Lagi, Cara-cara Ini Layak Kamu Lakukan

Inspirasi Rak Buku Kreatif Ini Patut Disontek Demi Kamar Bebas Tumpukan Buku!

Inspirasi Rak Buku Kreatif Ini Patut Disontek Demi Kamar Bebas Tumpukan Buku!

loading