Nggak Mau Bokek Karena Kebanyakan Ajakan Bukber Saat Puasa? Ini Solusinya!

english.alarabiya.net

Setiap menjelang dan menyambut bulan suci Ramadhan, pasti akan ada banyak sekali ajakan untuk berbuka bersama. Dari teman SD, SMP, SMA, kuliah, teman kantor sampai mantan dengan alasan silaturahmi pun bisa saja mengajak berbuka bersama. Mau menolak, nggak enak. Mau diterima semuanya, kantong tipis. Waduh, bagaimana ya solusinya?

1. Tetapkan jumlah anggaran seperti bulan-bulan biasa

lifestyle.okezone.com

Ingat, boros adalah saudara setan. Jadi ketika kamu berboros ria saat bulan puasa, kamu justru bikin setan senang. Yang sedih adalah kamu di masa depan, setelah lebaran. Untuk itu, jumlah anggaranmu disamakan saja dengan bulan-bulan sebelumnya. Tapi kamu juga harus ingat bahwa banyak harga naik saat Ramadan berkisar 5-15%, misalnya pada makanan. Dengan menyamakan jumlah, keuanganmu sampai lebaran dan pascalebaran juga akan tetap stabil. 

2. Mengontrol keinginan untuk jajan

gosocio.co.id

Terutama untuk hidangan berbuka puasa. Pernah nggak sih, kamu melihat meja makan di rumah atau bahkan di kostmu sendiri saat berbuka puasa dan berpikir "Ya ampun ini makanan sampai buat buka puasa dua hari lagi juga masih cukup." Nah, bagus kalau kamu sudah sadar. Jajanan yang dijajakan di sepanjang pinggir jalan saat bulan Ramadan memang sangat menggoda iman. Saatnya kamu mengingat apa tujuan utama puasa: menahan hawa nafsu. Percuma dong, kalau nafsunya dilepas begitu saja selepas azan Maghrib. Kamu harus bisa mengendalikan diri. Cukup beli satu dua macam jajan untuk sendiri. Hemat lho. 

3. Memilih menu buka puasa yang biasa dan murah

polka.id

Tuntutan sosial adalah salah satu ujian terbesar dalam kehidupan orang dewasa. Ketika berbuka puasa, jangan sampai gengsi mengalahkan rasionalitas akan keadaan keuanganmu yang sesungguhnya. Berbukalah dengan makanan yang sederhana saja, tak perlu memilih menu yang mahal-mahal agar terlihat mapan. Buat apa? Mereka juga nggak akan bertanggung jawab jika tiba-tiba uangmu habis sebelum lebaran kok. 

4. Selektif memilih ajakan buka puasa bersama
pratiwanggini.net

Hanya karena kamu menolak ajakan, bukan berarti kamu sedang memutus tali silaturahmi kok. Pernah nggak, kamu merasa puasa jauh lebih banyak dihabiskan di luar bersama teman-teman dibandingkan di rumah dengan keluarga? Padahal waktu bersama keluarga itu penting lho. Ini berlaku untuk kamu yang masih tinggal di rumah dengan orangtua ya. Apa nggak kasihan, ibu sudah memasak untuk serumah, eh malah pada pergi buka puasa di luar? Kalau memang nggak akrab-akrab banget, ya tolak aja nggak apa-apa. Habiskan waktu lebih banyak dengan keluarga dan beribadah.

5. Jangan lupa alokasikan uang untuk zakat fitrah dan kebutuhan lebaran
klasika.kompas.id

Biasanya sih para pekerja seketika kalap membayangkan THR mau buat beli ini itu banyak sekali. Nah, coba direm dulu. Dihitung lagi, kebutuhan lebaran itu banyak lho. Kue kering, uang fitrah buat keponakan, kewajiban membayar zakat fitrah, biaya mudik, plus baju baru kalau kamu masih memegang tradisi harus memakai pakaian baru dari ujung kepala hingga ujung kaki. Habis sudah. Jangan tambahi dengan keborosan hanya untuk berbuka puasa yang tidak perlu. 

www.vebma.com

Gitu ya, sis. Jangan sampai bulan penuh berkah ini menjadi sebaliknya karena terlalu memikirkan gengsi dan tuntutan sosial. Intinya menahan nafsu dan memperbanyak ibadah kok. Sudah siap menyambut dan menjalani bulan Ramadan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tidak Melulu Mahal, 4 Artis Ini Lakukan Perawatan Wajah Dengan Bahan Alami - Keepodotme

Tidak Melulu Mahal, 4 Artis Ini Lakukan Perawatan Wajah Dengan Bahan Alami - Keepodotme

Nggak Semua Sama, Inilah 7 Tipe Cowok Dilihat dari Cara Nembaknya

Nggak Semua Sama, Inilah 7 Tipe Cowok Dilihat dari Cara Nembaknya

Mematikan Hati dan Melukai Mental, Berhenti Menyepelekan Emosi Orang Lain! - Keepodotme

Mematikan Hati dan Melukai Mental, Berhenti Menyepelekan Emosi Orang Lain! - Keepodotme

Bermanfaat Untuk Reproduksi Hingga Kesehatan Mental, Jangan Pernah Lewatkan Mandi Pagi!

Bermanfaat Untuk Reproduksi Hingga Kesehatan Mental, Jangan Pernah Lewatkan Mandi Pagi!

Pengajuan Sembilan Jenis Pelecehan Seksual Dalam RUU PKS - Keepodotme

Pengajuan Sembilan Jenis Pelecehan Seksual Dalam RUU PKS - Keepodotme

Sebelum Males-malesan Kerja, Pikirkan Lagi Hal-hal Ini Kalau Nggak Mau Menyesal!

Sebelum Males-malesan Kerja, Pikirkan Lagi Hal-hal Ini Kalau Nggak Mau Menyesal!

loading