Nggak Mau Berat Badan Naik Selama Puasa? Ini 6 Rahasianya!

27 Mei 2018
|Robertus Ari
0SHARES

Tak sedikit orang yang menjadikan momen Puasa Ramadan untuk membantu mensukseskan diet atau mengurangi porsi makan. Tapi faktanya, sekalipun selama puasa kamu menahan haus dan lapar, justru beberapa orang mengalami kenaikan berat badan. Tentu saja hal ini disebabkan pola makan yang salah. Sehingga bukannya berat badan berkurang, justru timbangan kamu makin naik dari hari ke hari. Lalu bagaimana caranya agar selama puasa berat badan kamu nggak naik? Berikut ulasannya!

1. Seimbangkan pola makan dan aktivitas fisik kamu

Menyeimbangkan pola makan dan olahraga sangat penting agar bobot kamu nggak naik. Bulan puasa bukan berarti kamu malas-malasan dan nggak olahraga. Tapi tentu saja ada cara atau triknya, yakni yang bisa kamu coba adalah olahraga sore hari. Kamu bisa melakukan exercise ringan seperti jogging keliling kompleks rumah. Cara ini juga bisa sembari menunggu waktu berbuka. Karena ketika olahraga sore pasti kamu haus, jadi nggak perlu lama nunggu jam buka.

2. Kontrol menu yang serba manis untuk buka puasa

Memang berbuka dengan yang manis bisa membangkitkan energi kamu. Tapi hal ini justru bisa membuat berat badan kamu makin naik karena kandungan kalorinya cukup tinggi. Apalagi makanan dan minuman yang manis tidak bisa membuat kamu kenyang. Jadi kamu cenderung terus mengkonsumsinya secara terus-menerus hingga berlebihan. Baiknya, kamu kontrol menu berbuka yang manis dan jangan terlalu banyak.

3. Kurangi menu berbuka yang serba gorengan atau makanan lain yang digoreng

Gorengan memang sangat menggoda karena rasanya yang enak. Tapi kalau kamu ingin menjaga berat badan, lebih baik kamu kurangi berbagai makanan yang digoreng. Sebab, kandungan kalori pada makanan yang digoreng sangat tinggi. Jadi baiknya kamu maksimalkan makanan sumber protein, seperti ayam, ikan, daging, dan telur. Tapi akan lebih baik kalau dimasak rebus, kukus, atau panggang. Sehingga tidak menambah jumlah kalori.

4. Atur porsi karbohidrat saat buka puasa atau sahur

Karbohidrat bisa membantu memberi efek kenyang. Misalnya dengan nasi atau mie. Tapi kalau kamu mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan, justru bisa membuat berat badan kamu naik. Kalau ingin memilih menu lain, kamu bisa makan sumber karbohidrat kompleks yang banyak seratnya seperti beras merah, roti gandum, kentang, buah dan sayur. Sehingga bisa memberi efek kenyang yang lebih lama.

5. Pastikan sumber vitamin dan mineral harian kamu cukup

Sumber vitamin dan mineral sangat penting selama puasa. Ini bisa kamu dapatkan dari buah dan sayur. Setidaknya, kamu bisa mengkonsumsi 5 buah porsi sayur dan buah untuk buka puasa dan sahur. Jadi kebutuhan mineral, vitamin dan serat harian tercukupi. Tak lupa cairan juga harus terpenuhi, setidaknya kamu bisa minum air putih 8 gelas sehari. Sehingga kamu terhindar dari dehidrasi saat puasa.

6. Setelah buka puasa atau sahur, jangan langsung tidur

Mungkin beberapa dari kamu ada yang suka melakukan ini, terlebih setelah sahur. Baiknya kamu harus memberi waktu agar tubuh kamu bisa mencerna dahulu. Sebab, setelah buka puasa langsung tidur malah bikin berat badan kamu cepat naik. Belum lagi, tidur bisa tidak nyenyak.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar berat badan kamu nggak naik selama puasa. Bagaimana? Cukup mudah atau susah? Mungkin untuk beberapa orang ini sulit karena membiasakan diri dengan pola hidup sehat tidak mudah. Apalagi kalau sebelumnya belum pernah mencoba. Tapi kalau kamu serius ingin menjaga berat badan, cara tadi perlu kamu lakukan.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
0SHARES