Nggak Lolos Tes CPNS? Tenang, 7 Profesi Ini Menjanjikan Kemapanan di Hari Tua

13 September 2017
|Chandra W.
0SHARES

"Cari kerja tuh nggak usah yang neko-neko, kalau bisa ya yang jelas jam kantornya 08.00-16.00, masih ada waktu untuk mengurus keluarga. Syukur-syukur hanya lima hari kerja, akhir pekannya panjang, bisa meluangkan waktu bersama keluarga lebih banyak. Tanggal merah libur, pensiun masih dapat gaji."

Adalah kalimat yang seringkali diucapkan orang tua kepada anaknya, yang kemudian menuntun si anak untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pemuda pecinta stabilitas dalam hidup juga rata-rata bercita-cita menjadi PNS setelah lulus sekolah atau kuliah. "Yang pasti-pasti aja." adalah kalimat andalan para pejuang tes CPNS ini. Nggak heran, jutaan orang mendaftar untuk 19ribuan kursi yang tersedia pada lowongan CPNS Kemenkumham dan MA kemarin. Namanya juga pekerjaan enak, wajar kalau pada berebut. Pelamar yang lolos kelengkapan administrasi lalu menjalani tes berikutnya yaitu tes kompetensi dasar berbasis komputer (CAT) yang dilaksanakan pada tanggal 11-16 bulan ini. Apakah kamu termasuk salah satunya? Gimana, lolos nggak?

Jangan khawatir kalau kamu nggak lolos. Pekerjaan selain PNS ada kok yang menjanjikan kenyamanan dan kemapanan serta stabilitas pendapatan di hari tua, seperti misalnya:

1. Pegawai BUMN

Risikonya nggak jauh beda dengan PNS yang harus mau ditempatkan di seluruh Indonesia, gajinya cukup untuk hidup sendiri selama masa awal kontrak. Biasanya setelah menjalani masa training dan kontrak, akan diangkat menjadi pegawai tetap. Tentu akan diikuti dengan kenaikan gaji dan tunjangan. Menjadi pegawai BUMN juga membuat posisimu sebagai calon menantu cukup bisa dipertimbangkan. Hehehe. Tapi sayangnya ada ketentuan nggak boleh menikah sesama pegawai BUMN sih. Jadi, jangan sampai cinlok ya. Kalau memang sudah cinta banget ya salah satu harus ngalah, resign.

2. Karyawan swasta

Nggak semua perusahaan swasta senang meminta karyawannya untuk lembur kok. Pinter-pinternya kamu aja memilih perusahaan yang memang disiplin soal jam kerja. Meski tidak mendapatkan pensiun, ada banyak perusahaan swasta yang menawarkan gaji lebih tinggi dari PNS. Kamu bisa menabung selagi bekerja supaya nanti punya modal untuk buka usaha setelah berhenti bekerja di kantor. Jika PNS harus pensiun pada usia 55 tahun, lain halnya dengan karyawan swasta yang di usia senja bisa menduduki posisi setingkat komisaris. Asyik banget!

3. Pengacara

Jurusan hukum adalah salah satu jurusan yang paling banyak dibutuhkan dalam lowongan CPNS Kemenkumham dan MA kemarin, juga pada lowongan CPNS Kementerian lain yang baru saja dibuka semingguan yang lalu. Kalau kamu anak Hukum dan nggak lolos seleksi, cobalah untuk menjajal karir di firma hukum dan perlahan belajar dari pengacara yang baik. Selain bisa benar-benar menggunakan apa yang kamu pelajari selama kuliah, menjadi pengacara bisa kamu lakoni sampai tua, seperti Oce Kaligis dan Hotman Paris Hutapea misalnya. Semakin tinggi jam terbang, semakin besar pula tarifnya, bukan?

4. Pegawai Bank

Sebenarnya ini bisa dimasukkan juga ke karyawan BUMN atau karyawan swasta, tapi karena peminat untuk profesi ini juga banyak, YuKepo akan bahas secara terpisah. Meski banyak lemburnya, pegawai bank tetap bisa pulang ke rumah setiap hari, masih punya waktu bersama keluarga, dan gajian lebih dari 13 kali setahun. Meski harus melewati masa-masa kontrak sebelum diangkat menjadi pegawai tetap, perjuanganmu bakal worth it kok. Apalagi, bursa calon mantu pegawai bank di antara para calon mertua itu peluangnya gede banget. Jaminan diterima 50% lah, 50% nya lagi melihat kelakuanmu juga.

5. Pengusaha

Kalau ini memang berkebalikan dengan PNS. Tapi percaya nggak, banyak lho orang yang bertahun-tahun kerja kantoran lalu memilih untuk keluar dan buka usaha sendiri? Soalnya, waktunya lebih fleksibel dan kalau ditekuni, penghasilan jauh lebih tinggi dari PNS. Lagipula, kamu jadi bos untuk dirimu sendiri. Nggak ada lagi tuh yang namanya diperintah atasan. Tapi harus total ya, jangan setengah-setengah. Harus siap rugi dan belajar dari kegagalan setiap saat. Kamu juga jadi bisa mengatur keuangan dengan lebih leluasa. Jadi pengusaha itu berdarah-darah di awal, tapi santai belakangan. Tinggal menikmati hasilnya aja pas udah tua.

6. Pegawai KPK

Nggak masuk instansi negara, tapi balik ngawasin mereka? Asik banget nih. Kalau kamu bermental jujur dan berani, daftar KPK aja. Jangan khawatir soal gaji. Nggak mungkin kan lembaga pengawas seperti ini nggak menjamin kesejahteraan pegawainya?

7. Selebgram

Ini sekarang sudah jadi cita-cita sebagian anak-anak SD di Indonesia. Soalnya kalau banyak yang endorse, penghasilanmu pasti menggunung. Hahaha. Udah gitu nggak perlu ngantor. Jangan lupa hasil endorsenya ditabung buat buka usaha lain.

Jangan sedih, ya. PNS bukan satu-satunya pekerjaan di dunia ini kok. Semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES