Nggak Hanya untuk Masak, Inilah 10 Manfaat Lain Cuka yang Perlu Kamu Ketahui

10 April 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Umumnya, banyak orang yang menaruh cuka di dapur karena kamu pikir cuka hanya bisa digunakan untuk masak. Padahal cuka sendiri adalah zat kimia cair yang punya banyak fungsinya lho. Nggak hanya untuk masak, cuka juga bisa digunakan untuk membantu membersihkan, menghilangkan bau, sampai untuk kecantikan. Tapi pemakaiannya harus hati-hati nih guys, soalnya nggak semua bahan atau alat cocok dengan cuka. Jadi apa aja ya manfaat lain cuka yang belum banyak orang tahu? Yuk kepoin!

1. Wastafel tersumbat

Jangan panik kalau wastafel-mu tersumbat, cukup tuangkan satu gelas cuka dan setengah gelas baking soda sampai berbusa, dan bilas dengan air keran. Tadaaa! Bye-bye wastafel yang tersumbat!

2. Pencegah keriput dan jerawat di wajah

Ternyata cuka apel bisa dijadikan cairan pengganti toner lho. Khasiatnya juga bagus banget untuk menangkal garis-garis halus, keriput, jerawat, dan kulit berminyak. Wajib dicoba nih!

3. Sisa perekat

Kalau kamu pernah merekatkan sesuatu dengan selotip, mungkin akan sebal dengan sisa perekat yang nggak mau hilang. Coba kamu semprotkan cuka yang secukupnya pada sisa perekat, tunggu beberapa detik dan gosok hingga sisa perekatya hilang. You’re welcome!

4. Menyejukkan kulit yang terbakar

Habis panas-panasan, bikin kulitmu terbakar matahari. Nggak hanya menggelap, tapi kulitmu jadi terasa panas. Kamu bisa menyejukkannya dengan mengoleskan sedikit cuka apel ke kulit yang terbakar. Jadi adem lagi deh.

5. Penghilang bau di tong sampah

Tong sampahmu bau? Padahal sampahnya udah dibuang? Jangan khawatir, kamu bisa taruh roti tawar yang udah dilumuri cuka ke dasar tong sampah. Biarkan semalaman, besoknya tong sampah kamu bebas bau deh.

6. Memutihkan gigi

Ingin gigi putih dan bersih? Setelah sikat gigi, kamu bisa berkumur dengan cuka apel untuk membersihkan gigimu dan membunuh kuman yang ada di sela-sela gigimu lho. Say hi to amazing smile!

7. Pembersih kacamata

Semprotkan cuka putih ke kacamata favoritmu dan lap dengan kain yang lembut. Setelah itu kacamatamu akan bersih lagi dan terlihat seperti crystal clear. Keren!

8. Membersihkan kulit kepala

Setelah mengecat rambut, biasanya masih ada sisa-sisa pewarna di kulit kepala yang nggak banget. Untuk membersihkannya, kamu bisa mengaplikasikan cuka apel ke kulit kepala lalu keramas. Nggak akan ada lagi tuh sisa-sisa pewarna rambut!

9. Penghilang noda di alat masak

Sisa-sisa noda bekas masak mungkin susah hilangnya kalau hanya dengan dicuci. Kamu bisa menghilangkan noda di alat masakmu dengan cuka lho. Caranya gampang, kamu tinggal tuangkan satu gelas air dan setengah gelas cuka di pancimu, rebus hingga 5 menit dan lihat hasilnya. Seperti baru!

10. Mengatasi kram pada kaki

Otot yang kram pasti bikin panik. Sekarang kamu nggak perlu panik lagi karena cuka apel bisa meredakan kram pada kakimu dengan mengoleskannya pada otot yang dirasa kaku. Kamu jadi bebas bergerak lagi deh.

Ternyata banyak banget ya manfaat lain cuka. Oh iya, ada baiknya kamu membedakan mana cuka putih dan cuka apel ya. Cuka putih biasanya yang berwarna agak bening, sementara cuka apel cairannya mirip dengan jus apel atau teh. Beda cuka, beda penggunaan dan khasiatnya. Cuka apel lebih cocok digunakan untuk tubuh, sementara cuka putih lebih pas untuk membersihkan perkakas. Sekarang, cukamu nggak hanya nongkrong di dapur aja dong?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES