Nggak Cuma Ngurusin, Ternyata Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Nggak Makan Seharian!

08 Juni 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Makan adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup. Dari makanan manusia memperoleh energi yang digunakan untuk beraktivitas. Namun, ada juga yang rela tak makan demi alasan diet. Mereka yang ingin menurunkan berat badan merasa perlu untuk mengurangi makan atau bahkan tidak makan seharian penuh. Bukan hanya karena diet, terkadang makan dilupakan karena kesibukan yang terlalu menyita waktu.

Jika kita nggak makan seharian, perut pasti akan terasa sangat lapar. Selain lapar, apa lagi yang terjadi pada tubuh?

Pada delapan jam pertama, tubuh masih sanggup beraktivitas normal karena masih memiliki energi. Lambung masih dapat mencerna makanan terakhir yang masuk. Jadi, gula di dalam darah masih cukup diubah menjadi energi.

Pada delapan jam kedua, kita akan mulai terasa lemas tak berdaya. Kadar gula dalam darah yang menurun adalah penyebabnya. Nah, biasanya orang-orang yang berpuasa merasa lemas di periode waktu ini. Di periode ini, tubuh akan mulai membakar lemak yang tersimpan. Lemak tersebut diubah menjadi tenaga. Hal ini tentunya sangat cocok untuk yang ingin menurunkan berat badan. Itulah sebabnya muncul istilah metode diet fasting.

Tak hanya itu, pada delapan jam kedua ini, kadar N-oksida trimetilamin dalam darah akan berkurang. Kondisi ini menurunkan risiko terserangnya penyakit arteri koroner. Selain itu, detoksifikasi juga berjalan karena makanan tidak masuk ke dalam tubuh. Alhasil, kandungan radikal bebas dalam tubuh juga berkurang. Dampak positifnya, penyakit Alzheimer dan Parkinson dapat dicegah.

Pada delapan jam terakhir, karena dehidrasi tubuh kita bisa saja pingsan. Tubuh memang bisa membakar lemak sehingga masih bertenaga. Namun, jika dalam sehari kita tidak makan, memang bisa menguruskan badan, tetapi sakit pun bisa ikut menyerang. Jika tubuh mulai mengeluarkan keringat dingin, terasa lemas, suhu badan naik, dan sakit kepala, sebaiknya segera makan. Hal itu mengindikasikan bahwa tubuh kita kekurangan asupan gizi.

 

Tidak makan karena ingin diet seharusnya ada batasannya. Tak perlu memaksakan diri tidak mau makan seharian hanya untuk memperoleh tubuh yang kurus. Bisa jadi bukan kurus, tetapi malah sakit. Kalau tidak makan karena puasa, itu akan lebih baik. Selain dihitung sebagai ibadah, manfaatnya pun luar biasa. Tetap bijak saat diet ya guys.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES