Nggak Cuma Jadi Mandiri, Hal-hal ini Bikin Kamu Bangga Jadi Perantau

19 November 2017
|Mega Fitriyani
358SHARES

Berada bersama dengan keluarga dan orang-orang tersayang mungkin adalah dambaan setiap orang. Namun, karena harus bekerja atau menempuh pendidikan, kamu terpaksa merantau di kota orang, atau bahkan negeri orang. Kesedihan terkadang tak dapat ditahan. Terbiasa menghabiskan waktu bersama, namun kini tiba-tiba harus terpisah jauh.

Namun jangan khawatir, menjadi perantau justru akan membuatmu memiliki hal-hal yang biasanya tidak dimiliki orang lain. Hal-hal yang akan membuatmu lebih kuat lagi.

1. Kemampuan adaptasimu akan terasah

Di lingkungan baru, kamu akan berhadapan dengan karakteristik budaya yang berbeda, bentang alam yang beda, bahasa yang berbeda. Dari situasi yang berlainan itu, kamu akan mengerti betapa perbedaan itu bukan membuatmu takut, tapi justru merangsang kemampuan adaptasimu.

2. Mengerti betapa berharganya daerah asalmu

Jauh dari tempat tinggal menyadarkanmu bahwa daerah asalmu ternyata membuatmu sangat rindu. Sangat wajar kalau kamu rindu dengan masakan khas daerah, dan itu sulit didapatkan di tempat tinggalmu sekarang. Merantau juga membuatmu peka dengan berita-berita yang kamu peroleh dari media jika itu berkaitan dengan daerah asalmu.

3. Belajar mengatur sendiri keuangan

Jauh dari kerabat dan orangtua membuatmu terdorong untuk mandiri dalam segala aspek kehidupan. Kamu juga akan berusaha mengatur keuangan sebaik mungkin agar bisa merasakan hasil kerja kerasmu. Kamu mulai menahan diri untuk tidak menghambur-hamburkan uang, berhemat, dan punya pandangan ke depan dari uang hasil bekerjamu.

4. Melatih diri untuk berani mengambil risiko

Merantau membuatmu tahu bahwa ada banyak sekali ketidakpastian dalam hidup. Tantangan datang dan pergi, begitupun masalah silih berganti. Ada kalanya kamu takut menghadapi sesuatu, tapi rasa takut itu kamu sadari tidak lebih dari perasaan yang wajar dan bisa dikendalikan.Selebihnya, kamu akan banyak belajar dari tepat dan tidaknya sebuah keputusan. Risiko menjadi makanan sehari-hari untukmu yang sudah memutuskan berani merantau.

5. Tahu caranya memanfaatkan waktu

Waktu adalah salah satu sumber daya kehidupan yang kamu miliki saat ini, terutama ketika rutinitas pekerjaan dan sekolah mendominasi jadwal harianmu. Kamu akan berusaha mengatur jadwal harian, agar semua urusan bisa terkendali dan terpenuhi. Tertulis atau tidaknya jadwal aktivitasmu, kamu sudah tahu bahwa menunda pekerjaan, melakukan aktivitas kurang bertujuan, benar-benar tidak ada untungnya.

6. Pribadi yang mandiri pun pantas disematkan padamu

Pada saat jauh dari siapa pun, seseorang yang bisa kamu andalkan adalah dirimu sendiri. Kamu berusaha berani, tangguh, dan tidak mudah menyerah pada keadaan. Kamu bukan anak kecil lagi yang belum bisa bertanggungjawab. Merantau membuatmu tahu bahwa dirimu memiliki kemampuan untuk mengejar impian dan berdiri di atas kaki sendiri. Tak heran kamu pun berubah menjadi pribadi yang mandiri.

7. Sudut pandangmu akan lebih luas, karena akan bersosialisasi dengan lebih banyak orang

Lingkaran pertemananmu berisi orang-orang yang punya sifat unik. Meski kadang kamu dibuat kesal, kamu senang, kamu marah, ataupun kamu percaya pada mereka. Bagaimanapun juga, bersama orang di perantauanlah aktivitasmu bersinggungan dengan mereka. Kamu akan melihat mereka sebagai manusia yang juga punya kehidupan, bukan lagi sebatas lawan atau kawan. Kamu lebih adil dan bijak memperlakukan orang lain.

Nah, kenapa harus takut untuk menjadi perantau? Menjadi perantau membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik, lho. Semangat, merantau!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
358SHARES