Nggak Cuma Dokumentasi, Ini 11 Pos Pengeluaran yang Harus Disiapkan Untuk Pesta Pernikahan

tire.driveeasy.co

Mempersiapkan pesta pernikahan bukan perkara mudah. Ada banyak sekali yang harus dipersiapkan, terlepas dari konsep sederhana maupun mewah yang dipilih. Terkadang, rasanya ada saja keperluan baru yang tertinggal dan lupa dimasukkan ke dalam pos-pos anggaran yang dibuat sebelumnya. Buat kamu yang sudah punya rencana untuk menikah, coba cek lagi anggaranmu yuk. Sudah teralokasikan dalam pos yang benar atau belum? Mungkin masih bisa dihemat juga lho. 

1. Katering

jasaweddingorganizer.com

Katering makanan menghabiskan paling banyak alokasi anggaran dari total biaya, sekitar 40-50%. Anjuran yang umum dipakai adalah 60% buffet dan 40% gubukan. Tetapi ada juga yang memilih semuanya gubukan karena lebih hemat. Jangan lupa hitung porsinya dua kali jumlah undangan yang disebar. Misalnya kamu menyebar 100 undangan, maka sediakan makanan untuk 200 orang. 

2. Dekorasi

www.weddingku.com

Baik di rumah maupun di gedung, dekorasi tetap dibutuhkan. Bagian anggaran untuk dekorasi bisa mencapai 30% dari total keseluruhan biaya. Dekorasi mencakup area pelaminan dan area tamu. Biasanya ada juga paket sewa gedung yang mencakup jasa dekorasi. Di sinilah kamu harus pintar-pintar memilih vendor. 

3. Baju pengantin

www.ikatankasih.my

Biaya untuk membuat baju pengantin mencapai jutaan rupiah, untuk gaun mulai tiga jutaan sedangkan kebaya bisa lebih murah. Karena menikah toh hanya sekali dan bajunya nggak akan dipakai lagi, jika kamu memilih gaun lebih baik menyewa saja. Kalau kebaya, memang lebih personal sehingga lebih nyaman jika membuat baru. 

4. Dokumentasi
www.beres.id

Nggak mau dong salah satu momen terindah dalam hidup lewat begitu saja tanpa kenangan yang terpatri dalam gambar? Untuk itulah dokumentasi menjadi sangat penting dan harus dialokasikan biayanya sejak awal. Biaya menyewa jasa fotografi plus cetak foto bisa mulai lima jutaan. Jika ingin lebih hemat, kamu bisa menyewa jasa fotografer saja lalu mencetak albumnya sendiri. 

5. Souvenir
princesswedding4u.com

Tips menentukan souvenir pernikahan adalah: jangan gengsi dan kalau bisa buat yang bermanfaat. Kalau hanya gelas-gelas kecil bertuliskan namamu dan pasangan, selain kadang cukup mahal, ujung-ujungnya tidak terpakai dan hanya menjadi barang pajangan. Kamu bisa menganggarkan souvenir per buah mulai lima ribuan saja. Kalikan dengan jumlah undangan dan lebihkan setengahnya. 

6. Undangan

fnrbatik.com

Daripada menghabiskan uang untuk foto prewedding demi undangan bergambar fotomu dan pasangan, pakai undangan dengan desain biasa saja, bunga-bunga misalnya. Toh, mau undanganmu seberat apapun oleh hard cover, ujung-ujungnya juga akan dibuang. Kalau bisa, desain sendiri saja, lalu cetak. Harga cetak undangan paling murah mulai dua ribuan saja. Hemat, kan?

7. Sewa gedung

carigedungnikah.com

Triknya adalah cari dari jauh-jauh hari. Jangan mepet, jangan terlalu idealis. Yang penting kosong dan layak dipakai untuk pesta sesuai dengan tanggal yang ditentukan. Kalau perlu, setelah lamaran langsung booking. Sewa gedung ini harganya tergantung kapasitas. Mulai lima jutaan yang paling murah. Jika di ballroom hotel, tentu lebih mahal lagi. Jika bisa, pilih yang sepaket dengan jasa dekorasi supaya nggak dobel-dobel membayarnya. 

8. Makeup

www.tabloidbintang.com

Ini juga nggak kalah penting. Sekali seumur hidup, harus tampil paripurna dong. Terlepas kamu memilih tampil natural, alami atau manglingi, makeup itu nggak murah. Untuk mempelai wanita saja mulai satu jutaan. Belum untuk keluarga, pagar ayu, dan lain-lain. Ada baiknya kamu belajar makeup mulai dari sekarang, supaya bisa seperti Kate Middleton. Makeup sendiri, tetap cantik. 

9. Wedding cake
www.delish.com

Sebenarnya ini nggak penting-penting amat, tapi kalau kamu memang ingin tentu saja harus dianggarkan sejak awal. Bergantung pada ukuran dan desainnya, harganya juga bermacam-macam. Bisa mulai satu dua jutaan rupiah. Sebenarnya, agak sayang sih. Kecuali konsep pernikahanmu international wedding, silakan. 

10. Musik
benzentertaintmentsemarang.wordpress.com

Sebagus-bagusnya acara pernikahan, kalau nggak ada hiburan musik, biasanya dinyinyirin sama tamu undangan. Kamu bisa mengundang temanmu yang bisa main musik dan bernyanyi. Syukur-syukur harganya bisa lebih rendah dibandingkan musisi profesional. 

11. Penghulu

www.tribunnews.com

Nah ini nih yang paling penting. Tanpa penghulu, siapa yang mengesahkan pernikahanmu? Kalau kamu mau hemat, laksanakan akad di KUA pada hari dan jam kerja. Gratis. Jika mengundang penghulu ke rumah atau di luar KUA, maka kamu harus menyiapkan biaya sebesar Rp600.000 ditambah Rp100.000 untuk tes kesehatan mempelai wanita. 

www.nu.or.id

Kalau mau lebih hemat lagi, kamu bisa memangkas daftar tamu. Daripada mengundang 80% orang yang nggak kamu kenal banget, hilangkan baper-baper lucu itu. Undang orang-orang yang benar-benar dekat denganmu saja. Jika pernikahanmu memakai prosesi adat, biaya yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan ya. Jangan lupa menabung. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Mengapa Kita Memiliki Kriteria Tertentu dalam Memilih Pasangan? Ini Jawabannya

Mengapa Kita Memiliki Kriteria Tertentu dalam Memilih Pasangan? Ini Jawabannya

Lawak Banget, 10 Desain Undangan Nikah Kelewat Kreatif Ini Cuma Ada di Indonesia!

Lawak Banget, 10 Desain Undangan Nikah Kelewat Kreatif Ini Cuma Ada di Indonesia!

Baru Lulus dan Menganggur? Nggak Selamanya Itu Buruk Kok

Baru Lulus dan Menganggur? Nggak Selamanya Itu Buruk Kok

Jangan Kalap Apalagi Khilaf, Ini 5 Tips Mengelola Uang THR Agar Berfaedah

Jangan Kalap Apalagi Khilaf, Ini 5 Tips Mengelola Uang THR Agar Berfaedah

Bingung Pilih Warna Cat Untuk Ruanganmu? Cobain yang Sesuai dengan Zodiakmu Ini Deh!

Bingung Pilih Warna Cat Untuk Ruanganmu? Cobain yang Sesuai dengan Zodiakmu Ini Deh!

Bukan Sekadar Tontonan, Anime Doraemon Bisa Juga Jadi Tuntunan

Bukan Sekadar Tontonan, Anime Doraemon Bisa Juga Jadi Tuntunan

loading