Nggak Cuma Cinta, Hal-hal Ini Juga Perlu Diperjuangkan Di Usia 20-an

20 November 2017
|Chandra W.
0SHARES

Memasuki usia 20-an, seseorang biasanya dihadapkan pada dunia yang sesungguhnya. Tanggung jawab terhadap diri sendiri benar-benar harus dijalankan, nggak bisa main-main lagi. Usia 20-an adalah saat terbaik untuk mencari pasangan, tapi juga usia terbaik untuk mengejar mimpi, cita-cita dan karir.

Tapi nggak semua orang bisa multitasking dalam artian kehidupan cintanya jalan, karir juga naik terus. Seringkali kita harus memilih di mana akan fokus terlebih dahulu. Toh hidup memang hanya soal pilihan, bukan? Lalu apa saja yang bisa kita perjuangkan di usia 20-an selain cinta?

1. Karir yang selama ini kamu idam-idamkan

Nggak semua orang punya kesempatan untuk masuk industri yang diinginkan setelah lulus kuliah. Ada yang harus 'kesasar' dulu setahun dua tahun di tempat kerja yang selain nggak matching dengan jurusannya waktu kuliah, juga nggak matching dengan keinginannya. Nyatanya lapangan kerja yang tersedia memang nggak pernah berbanding lurus dengan jumlah serta spesialisasi pencari kerja. Makanya, kamu yang termasuk golongan kesasar harus fokus nih untuk mengejar karir di industri atau instansi yang kamu inginkan.

Kalau sudah berhasil masuk, juga masih harus tetap berusaha untuk sampai di posisi yang lebih tinggi dari entry level dan itu butuh waktu sekurang-kurangnya enam bulan sampai satu tahun. Percaya deh, kalau posisimu bagus di karir, kamu juga punya daya tawar lebih tinggi ketika mencari pasangan. Karir dulu, cinta kemudian. Dan mungkin kamu pernah dengar kalimat ini, "Unlike guys/girls, career won't betray you,". Yup bener banget. Semaksimal apapun kamu dalam masalah cinta, tetap ada kemungkinan dikhianati dan ditinggalkan. Tapi kalau dalam karir, hasil yang kamu dapat pasti sebanding dengan usahamu.

2. Passion yang selama ini terkhianati

Layaknya karir, kesempatan seseorang untuk mendalami skill yang sesuai dengan passion-nya juga minim, kadang nggak bisa sama sekali sampai lulus kuliah. Ada juga yang memilih membedakan jalur karir dan passion. Misal, karir untuk mengejar kemapanan finansial, sedangkan passion untuk hobi. Bersyukurlah kamu yang berkarir di tempat yang sesuai dengan passion.

Tapi kalau kamu adalah tipe yang memisahkan passion dari pilihan karir, usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk mendalami passionmu. Misal kamu suka banget motret tapi selama ini nggak pernah kesampaian beli kamera yang bagus. Nah sekarang karena kamu udah kerja, nabunglah buat beli kamera yang bagus habis itu jalan-jalan hunting foto. Menggeluti dunia yang sesuai dengan passion bisa menghindarkanmu dari stress berkepanjangan, suntuk dan sebagainya. Apalagi kalau kamu ikutan komunitas dan bertemu dengan orang-orang yang satu frekuensi, siapa tahu ketemu calon teman hidup selamanya. Ya nggak?

3. Pendidikan baik formal maupun informal

Manusia punya kewajiban untuk belajar seumur hidup, bahkan dari hal-hal kecil sekalipun. Bukan berarti pas kamu udah lulus kuliah terus udah hidupmu berhenti di pekerjaan aja. Pasti ada dong hal-hal yang ingin kamu pelajari lebih dalam. Untuk ini kamu bisa memilih meneruskan pendidikan yang lebih tinggi misalnya S2 dan S3 atau ikutan berbagai macam kursus dan pelatihan.

Dari cake baking course sampai pelatihan public speaking sekarang udah banyak banget digelar. Tinggal daftar, ikutan, poof! Kamu jadi lebih percaya diri untuk berbicara di depan umum, jadi bisa bikin kue yang nggak bantet di rumah, dan lain-lain. Ingat, kamu cuma hidup sekali. Tapi sekali aja udah cukup kalau langkahmu benar.

4. Kemapanan finansial

Uang memang nggak bisa membeli kesehatan dan kebahagiaan, tapi uang bisa membuatmu menikmati fasilitas kesehatan nomor wahid dan bisa buat beli sesuatu yang bikin bahagia, dari es krim sampai rumah. Memang kamu bakal bahagia kalau umur 30 tahun belum punya rumah sendiri? Makanya sejak usia 20-an kamu harus punya rencana keuangan yang matang.

By failing to plan, you are planning to fail. Nggak mau kan menyesal nanti-nanti? Yuk kurangin jajan-jajan dan manfaatkan uangmu untuk kegiatan yang bermanfaat. Kamu bisa juga mulai memikirkan untuk buka usaha atau bahkan membangun kost-kostan.

Baru setelah paling tidak satu dari empat hal di atas benar-benar berhasil kamu perjuangkan, cinta dipikirkan. Barangkali juga di tengah jalan mengusahakan satu dari empat hal tadi, kamu akan dipertemukan dengan orang yang tepat. Intinya di usia 20-an sebenarnya sayang kalau pikiranmu didominasi cinta cinta dan cinta. Kita hidup nggak cukup mengandalkan cinta lho. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES