Musim Panas Tiba, Yuk Hadirkan Kesejukan di Rumah Tanpa AC dengan Cara Ini!

15 Mei 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Di musim kemarau, cuaca yang panas sering membuat banyak orang tidak nyaman. Di beberapa instansi, seperti sekolah, kampus, dan kantor, menyalakan AC menjadi solusi yang paling mujarab. Kalau harus membeli AC untuk keperluan rumah tangga, kan terlalu mahal ya? Bisa-bisa biaya listrik membengkak. Nah, kali ini kita akan membahas tips membuat rumah tetap sejuk meski tanpa AC. Langsung saja kita simak informasinya.

1. Buka pintu dan jendela di pagi dan sore hari

Saat udara terasa panas, kita cenderung membuka pintu dan jendela. Sayangnya, usaha tersebut kurang tepat. Jendela dan pintu yang dibuka, justru akan membawa masuk udara panas. Jika sedang musim kemarau, sebaiknya kita membuka pintu dan jendela di pagi dan sore menjelang senja. Dengan begitu, udara sejuk akan masuk ke dalam rumah.

2. Batasi penggunaan alat-alat elektronik

Beberapa peralatan elektronik, seperti mesin pencuci piring, pengering pakaian, dan setrika, menghasilkan panas. Di musim panas, sebaiknya kita membatasi penggunaan beberapa peralatan elektronik, terutama di siang hari. Ya, supaya hawa panas juga tidak menyebar di lingkungan rumah.

3. Gunakan tirai dari bambu

Cara sederhana untuk menangkal panasnya sinar matahari adalah dengan memasang tirai bambu di jendela. Udara yang melewati sela-sela tirai bambu akan menjadi sejuk. Tirai bambu ini sebaiknya dipasang di jendela yang paling terpapar sinar matahari.

4. Hindari penggunaan lampu pijar

Sebanyak 90 persen cahaya dari lampu pijar berasal dari energi panas. Alhasil, jika kita menyalakan lampu pijar maka akan membuat udara di ruangan menjadi panas. Maka dari itu, sebaiknya hindari penggunaan lampu pijar.

5. Cat rumah dengan warna teduh

Siapa sangka, cat rumah juga menjadi faktor penentu kesejukan di rumah kita. Pilihlah warna cat yang sejuk agar efek sejuk bisa kita rasakan. Salah satu warna yang bisa dipilih adalah hijau dan biru.

6. Tanam pohon di sekitar rumah

Udara panas dapat juga disebabkan oleh berkurangnya pasokan oksigen. Untuk itu, menanam pohon adalah solusi yang paling tepat. Di sekitar rumah, kita bisa menanam beberapa tanaman, bisa tanaman hias, buah, atau pohon yang rindang.

7. Buat kolam ikan

Unsur air mampu menghasilkan suasana sejuk. Kita bisa menghadirkannya lewat kolam ikan ataupun air mancur di taman rumah kita. Selain menjadikan sejuk, tentunya ikan-ikan di dalamnya juga bisa menyenangkan hati bukan?

 

Gampang banget kan sebenarnya untuk menjaga kesejukan di rumah. Nggak perlu pakai AC yang bikin bengkak pengeluaran, cukup dengan cara sederhana nan murah meriah di atas. Kalau cara-cara itu belum berhasil, coba tengok lagi atap rumah kamu, jika ternyata terbuat dari seng, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menggantinya. Kalau masih panas juga, coba cek lagi jangan-jangan sebenarnya hatimu yang panas.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES