Mumpung Masih Muda, Tunjukkan Kepedulianmu Pada Lingkungan Seperti Chicco Jerikho di Way Kambas

12 April 2018
|Chandra W.
0SHARES

Beberapa waktu lalu Chicco Jerikho dikabarkan menyambangi Way Kambas untuk turut serta dalam program pelestarian mamalia darat terbesar tersebut bersama dengan elephant warrior dan para sahabat gajah di Lampung sana. Tak hanya Chicco, banyak selebritis Indonesia yang juga berkontribusi dalam merawat lingkungan dan segala makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Sebut saja Nadine Chandrawinata dan Hamish Daud. Berkontribusi pada lingkungan sedari muda ini sangat baik untuk dilakukan.

1. Bumi sudah tua dan yang banyak kita lakukan selama ini hanya merusaknya

Mengapa banyak film yang mengisahkan 'kiamat' di Bumi? Mengapa penelitian ke Mars terus menerus dilakukan? Karena Bumi sudah tua dan semakin rusak. Sampah dan emisi sudah melebihi jumlah ideal, manusia semakin rakus untuk membangun apa saja dengan konsekuensi merusak alam. Kerusakan itu lalu berdampak pada makhluk hidup, dalam hal ini binatang dan tumbuhan yang kehilangan habitat.

2. Sebagai anak muda, pasti ada yang bisa dilakukan

Mungkin kamu yang masih SMP, SMA atau kuliah seringkali berpikir ingin melakukan sesuatu berupa kebaikan untuk lingkungan tetapi bingung. Selain kamu bingung mulai dari mana, ada juga yang berpikiran bahwa menyelamatkan lingkungan butuh modal atau usaha yang sulit. Padahal tidak juga. Kamu selalu bisa mulai dari tempatmu berada dengan apa yang kamu miliki sekarang. Tenaga, dan waktu, kamu pasti punya kan?

3. Sebenarnya mudah kok, kamu tidak perlu langsung terbang ke Way Kambas seperti Chicco

Melestarikan lingkungan itu semudah mematikan saklar ketika lampu sudah tidak dipakai, mencabut kabel dari colokan setelah selesai menggunakan listrik, membuang sampah di tempatnya, memakai kantung belanja non-plastik, membawa minum sendiri dari rumah, sesekali berjalan atau menggunakan kendaraan umum ketimbang terus menerus menggunakan kendaraan pribadi, mematikan keran air agar tidak sampai meluber, dan masih banyak lagi.

4. Jika kamu sudah bisa melakukan hal-hal tersebut di atas, kamu bisa mencoba bergabung dengan suatu organisasi lingkungan

Organisasi yang bergerak di bidang lingkungan ada banyak kok. Sebut saja WWF, Greenpeace, Walhi, Earth Hour dan lain-lain. Basisnya organisasi dan komunitas. Kamu bisa mulai dengan mendaftar sebagai relawan. Jika cocok, siapa tahu lulus kuliah kamu bisa bekerja di sana? Kamu bisa lebih dekat dan akrab dengan alam. Barangkali juga kamu bisa menemukan nilai-nilai yang selama ini tak pernah terpikirkan karena hidupmu begitu-begitu saja.

Mau beralasan tidak punya waktu untuk melakukan hal-hal semacam itu? Masih ingat dua anak remaja yang menggalang kampanye Indonesia bebas sampah plastik 2020 asal Bali, Melisa dan Isabel? Mereka masih SMP lho. Jika anak SMP dan selebritis yang punya segudang kesibukan saja bisa membantu menyelamatkan lingkungan dengan cara masing-masing, masa kamu nggak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES