Mulailah Hari Ini, 7 Langkah Mudah untuk Membantu Kamu Keluar dari Zona Nyaman!

20 November 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Life begins at the end of your comfort zone.” Pernah mendengar ungkapan dari Neale Donald Walsch ini? Dan sekarang apakah kamu masih berada di zona nyamanmu? Jika kamu ingin mendapatkan kesuksesan dalam hidup, kamu perlu mengakhiri hal ini. Kamu harus keluar dari zona nyaman sekarang. Dengan begitu kamu akan merasakan bahwa hidup kamu yang sebenarnya baru akan dimulai.

Memang tidak mudah untuk melakukan hal ini. Tapi kamu bisa memulainya dengan langkah-langkah kecil dulu sebagai dorongan dan keyakinan kamu. Jika langkah kecil ini telah berhasil kamu capai, pelan-pelan kamu bisa mengambil langkah yang lebih besar lagi. Kemudian manfaatkan momen keberhasilanmu itu sebagai kesempatan untuk menciptakan trobosan baru dalam hidup. Oleh karena itu, kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil di bawah ini untuk membantu kamu keluar dari zona nyaman.

1. Mulailah belajar untuk berbagi dan berbuat baik kepada orang-orang di sekitarmu

Pergilah berbuat baik kepada semua orang, sekali pun kamu belum mengenalnya. Setidaknya cara ini bisa membantu kamu untuk memulai langkah kecil keluar dari zona nyaman. Hal ini juga bermanfaat bagi kamu, selain bisa belajar tentang pengalaman orang lain, kamu juga bisa membuat orang tersebut merasa lebih spesial dan kamu dinilai memiliki jiwa besar. Lakukan hal ini secara ikhlas tanpa berharap imbalan, sekali pun itu untuk ucapan “terima kasih”.

2. Bangunlah rasa percaya diri kamu dengan pribadi yang ramah dan terbuka kepada semua orang

Jadilah pribadi yang ramah, terbuka, dan menerima semua orang. Dengan begini kamu akan lebih ‘berani’ dan yakin kepada diri sendiri bahwa kamu mampu menjalani hidup yang terkadang berat. Selain itu, kamu juga makin percaya diri ketika bersama orang lain, meskipun kamu tidak mengenalnya. Ingatlah bahwa, kepercayaan diri dan keyakinan itu adalah salah satu dasar untuk mencapai kesuksesan.

3. Katakanlah “aku mencintaimu” kepada keluarga, kerabat, dan sahabat

Seberapa sering kamu mengatakan ini kepada keluarga, kerabat, teman maupun sahabat? Mungkin jawabannya jarang, atau tidak pernah sama sekali. Memberanikan diri untuk mengatakan ini adalah langkah kecil yang berarti jika kamu ingin keluar dari zona nyaman. Ingatlah bahwa hidup sangat singkat. Terkadang ‘suatu hal’ bisa terjadi dan bisa ‘berakhir’ tiba-tiba. Sekarang waktunya kamu mengatakan betapa besar cinta dan kepedulianmu kepada mereka.

4. Mulailah berani mengambil satu langkah kecil

Apa yang kamu inginkan ke dapan? Menulis? Membangun startup? Apa pun itu, bisa kamu mulai dengan langkah kecil dulu. Mulailah menetapkam tujuan kamu dan tindakan kecil yang harus dilakukan. Yang kamu perlukan adalah meletakkan satu kaki kamu ke depan. Jika ini berhasil, kamu bisa menggunakan sebagai momentum untuk mengambil langkah yang lebih besar.

5. Cobalah menemukan dan mencari passion kamu yang baru

Berani mencoba dan belajar hal baru adalah salah satu cara untuk keluar dari zona nyaman. Cobalah mencari passion dan belajar ketrampilan baru. Anggap saja ini untuk mengisi waktu luang kamu. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan kalau hal ini akan menjadi minat barumu nanti, bahkan bisa membuka peluang bisnis atau karier.

6. Menyadarkan diri bahwa orang-orang di sekitarmu semuanya penting

Zaman serba maju dan terus berkembang. Kamu memiliki akses cepat untuk semua jenis informasi, bahkan mudah terhubung dengan semua orang lewat media sosial. Namun untuk meninggalkan hal ini kamu juga sulit. Jadi cobalah sejenak tinggalkan hal ini. Ciptakan koneksi nyata kepada orang lain yang bisa kamu sentuh dan bisa kamu tatap wajahnya langsung. Jika kamu bisa melakukan hal ini, sama saja kamu berani mengambil satu langkah kecil untuk keluar dari zona nyaman. Sebab, hampir semua orang susah melakukannya karena bisa membuat dirinya merasa tidak nyaman dan tergantung dengan internet atau gadget.

7. Jangan pernah berhenti dan merasa lelah untuk berusaha mencapai sesuatu yang lebih tinggi

Jangan pernah takut untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi. Jangan merasa terintimidasi dan takut gagal karena hal ini, karena kesempatan akan selalu ada jika kamu jeli dan berani melangkah keluar dari zona nyaman. Mungkin tidak secara langsung, namun kesempatan dan peluang baru pasti akan datang. Jadi jangan takut dan meragukan kemampuan diri sendiri.

Itulah tadi langkah-langkah kecil yang bisa kamu mulai untuk keluar dari zona nyaman. Sebab, kamu akan bisa melakukan dan menciptakan hal-hal yang besar, jika kamu berani melangkah keluar dari zona nyaman itu sendiri. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES