Mulai Tergerus dan Punah, Ini Bahasa Gaul Anak 90-an yang Nggak Dipahami Generasi TikTok!

10 Juli 2018
|Galih Wisnu Brata
160SHARES

Perubahan zaman selalu berdampak pada perubahan di bidang lain. Salah satunya adalah perubahan bahasa. Mungkin untuk bahasa formal tidak begitu terasa. Namun, untuk bahasa gaul sangat jelas perubahannya. Di era 90-an, banyak bermunculan berbagai bahasa gaul. Tapi, kini bahasa gaul tersebut mulai luntur karena pergeseran budaya kids zaman now yang punya bahasa gaul sendiri. Berikut sederet bahasa gaul yang hits di era 90-an namun kini terancam punah.

1. EGP

EGP adalah singkatan dari emang gue pikirin. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan ketidakpedulian. Walau kini jarang ada yang pakai, kepopulerannya masih tetap terjaga lho. Buktinya Maia pernah merilis lagu berjudul EGP di tahun 2008. Tak hanya itu, lagu dangdut berjudul EGP juga pernah muncul di tahun 2017.

2. Ember

Kata ember juga sering digunakan anak-anak era 90-an. Dulu, kata ini dipakai dengan makna ‘memang’. Seiring berjalannya waktu, maknanya pun meluas. Ember juga dipakai untuk menyebut mereka yang doyan ngebocorin rahasia orang. Meski makin minim, tapi kamu masih kadang mendengar kata ini terucap kok di kehidupan sehari-hari.

3. Doi

“Kemarin gue jalan lho sama si doi!” Pernah denger kalimat kayak gitu? Kata doi dulu sering dipakai sebagai kata ganti orang ketiga. Kadang juga dipakai untuk menyebut pacar.

4. Au ah gelap

Dulu, kelompok kata ini kalau diucapin bikin kesel. Ditanya apa-apa jawabnya au ah gelap. Kan dongkol ya? Arti dari frasa tersebut sebenarnya cuma ‘entahlah’ atau ‘tidak tahu’.

5. SGM

SGM yang dimaksud di sini bukan merk susu lho ya. SGM itu singkatan dari sinting, gila, miring. Kata ini menggambarkan kondisi kegilaan yang sangat luar biasa.

6. Aspal

Aspal, asli atau palsu? Dulu ada program di televisinya lho. Acaranya, membandingkan orang-orang yang mirip dengan artis. Dari situlah, barang-barang yang palsu lalu juga sering disebut aspal.

7. Koit

“Gawat, kucing gue koit.” Tahu maksud kata koit dalam kalimat tersebut? Kata koit dulu sering dipakai untuk menggantikan kata mati. Sekarang, siapa yang masih pakai bahasa gaul ini?

8. Gatot

Gatot kepanjangannya gagal total. Sekarang pun sebenarnya masih sering dipakai sih, hanya saja nggak sepopuler di era 90-an.

9. Kongkow

Tahu nggak gimana cara anak zaman old kalau mau ngajak nongkrong? Mereka bilang gini nih, “Kongkow, yuk!” Kata kongkow itu sama artinya dengan nongkrong. Lucu ya.

 

Keren kan bahasa gaul anak era 90-an? Masih mau pakai nggak nih bahasa gaulnya anak zaman old? Meski makin tergusur dengan budaya tiktok maupun bahasa gaul lainnya macam baper dan di-salty-in, tapi buat generasi 90-an, kata-kata di atas masih lekat di hati!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
160SHARES