Motong Bawang Emang Bikin Nangis Deras Kayak Habis Diputusin, Begini Cara Cerdik Menghindarinya!

www.self.com

Momen paling ngeselin pas mengiris bawang adalah mengeluarkan air mata yang menetes deras di pipi. Nggak lagi nonton film drama, eh kok air mata tiba-tiba netes. Padahal hari itu suasana sedang berbunga-bunga, tapi itulah ajaibnya bawang, bisa bikin nangis di saat yang tidak tepat. Alhasil, banyak orang yang akhirnya malas kalau disuruh mengiris bawang. Tapi, tenang, ternyata ada 8 cara yang mudah banget yang bisa menangkal keluarnya air mata waktu mengiris bawang lho. Nggak percaya? Langsung aja deh simak.

1. Nyalakan lilin didekatmu pas motong bawang

Sumber Gambar

Asal kamu tahu, ketika bawang dipotong, mereka akan mengeluarjan yang namanya zat sulfur yang bikin mata pedih. Tak pelak, air mata pun bakal keluar dengan sendirinya dari matamu. Tapi, ketika kamu menyalakan lilin di sebelahmu saat memotong bawang, zat sulfur akan bereaksi dengan api dan bikin matamu nggak pedas dan nangis.

2. Saat memotong, coba deh sambil makan roti

Sumber Gambar

Emang sedikit aneh, tapi ternyata cara ini ampuh banget buat meredakan efek nangis pas motong bawang loh. Menurut penelitian, zat sulfur akan terserap oleh roti sebelum mencapai ke mata. Wah, lumayan juga nih, jadi bisa sarapan sambil ngiris bawang.

3. Mengunyah permen karet

Sumber Gambar

Nggak roti, permen karet ternyata juga ampuh menghalau nangis bombay. Hal ini dikarenakan ketika kamu mengunyah permen karet, membuatmu bernafas melalui mulut sehingga zat sulfur akan ikut masuk ke mulut dan tidak melalui saluran pernapasan hidung.

4. Sebelum potong, coba dinginkan dahulu bawang di freezer
Sumber Gambar

Mendinginkan bawang selama kurang lebih 15 menit di dalam freezer ternyata bisa mengurangi persebaran zat sulfur di udara secara drastis loh. Hal ini bakal bikin kamu nggak nangis lagi. Kegiatan memotong bawang pun jadi lebih mudah karena bawang akan jadi lebih keras!

5. Pakai kacamata selam
www.thriftyfun.com

Mungkin hal ini pernah kamu coba karena udah frustasi banget dengan nangis bombay. Menggunakan kacamata selam ternyata cukup ampuh menghalau kamu nangis pas motong bawang. Yah, gimana nggak, hidung sama mata terlindungi secara maksimal gini.

6. Gunakan pisau yang tajam banget

Sumber Gambar

Sebelum memotong bawang pastikan pisau yang kamu gunakan sudah diasah dan bener-bener tajam. Karena, memotong bawang dengan pisau yang tajam bisa mengurangi zat sulfur yang dilepaskan ke udara.

7. Panaskan bawang di microwave

Sumber Gambar

Memanaskan bawang selama 45 detik dalam microwave ternyata bisa mengurangi kadar pelepasan zat sulfur ketika bawang dipotong. Hal ini nggak lepas dari kandungan air dalam bawang yang juga udah berkurang.

8. Peraskan buah lemon di talenan sebelum proses memotong bawang dilakuin

Sumber Gambar

Selain bisa menghilangkan noda, ternyata perasan lemon juga bisa digunakan untuk mengurangi efek menangis saat memotong bawang lho.

Simpel dan gampang banget kan cara biar kamu nggak nangis pas mengiris bawang ini. Jadi, nggak ada lagi tuh momen nangis bombay gara-gara mata pedih waktu motongin bawang. Aktivitas masak pun jadi lebih menyenangkan!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Manfaat Daun Sirsak untuk Obat, dan Khasiatnya untuk Wanita | Keepo.me

Manfaat Daun Sirsak untuk Obat, dan Khasiatnya untuk Wanita | Keepo.me

Meski Sulit Dideteksi, Tapi Ini 5 Tanda Pasangan LDR-mu Selingkuh. Antisipasi Sakit Hati!

Meski Sulit Dideteksi, Tapi Ini 5 Tanda Pasangan LDR-mu Selingkuh. Antisipasi Sakit Hati!

19 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami Oleh Orang. Ternyata Punya Makna Tersendiri | Keepo.me

19 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami Oleh Orang. Ternyata Punya Makna Tersendiri | Keepo.me

Mencari Jawaban Atas Misteri Kenapa Cowok Lebih Lama Balas Chat daripada Cewek?

Mencari Jawaban Atas Misteri Kenapa Cowok Lebih Lama Balas Chat daripada Cewek?

Mengenal Berbagai Jenis Ucapan Belasungkawa dalam Berbagai Agama dan Bahasa | Keepo.me

Mengenal Berbagai Jenis Ucapan Belasungkawa dalam Berbagai Agama dan Bahasa | Keepo.me

Selain Jomlo Ngenes, Kini Muncul Variasi Baru yaitu Jomlo Nyinyir! Kayak Apa Tuh?

Selain Jomlo Ngenes, Kini Muncul Variasi Baru yaitu Jomlo Nyinyir! Kayak Apa Tuh?

loading