Mi Instan Samyang Katanya Mengandung Babi? Apa Benar?

19 Juni 2017
|Romlah Sundari
Life
0SHARES

Siapa yang belum pernah menikmati mi instan asal korea, Samyang? Mi instan ini mendapatkan popularitasnya melalui #SamyangChallenge yang banyak beredar di Youtube. Dalam video #SamyangChallenge, para vlogger berlomba memakan Mi Samyang Hot Chicken Ramen yang sangat pedas, tanpa minum, hingga habis. Mi instan asal korea ini dengan cepat menjadi salah satu mi instan favorit masyarakat Indonesia, selain Indomie. Namun kini beredar kabar mengejutkan bahwa mi instan ini ditarik dari peredaran karena terbukti mengandung babi. Lantas, benarkah makanan instan satu ini haram?

Menurut BPOM, hanya 2 varian mi Samyang yang terbukti mengandung fragmen DNA spesifik babi saat diuji di laboratorium, yaitu varian Samyang mi instan U-Dong dan Samyang mi instan rasa kimchi. Selain dua varian mi instan ini, terdapat dua jenis mi instan asal korea lainnya yang terbukti mengandung babi, yaitu Nongshim mi instan Shin Ramyun Black dan Ottogi mi instan Yeul Ramen. Keempat produk ini kini sudah dicabut izin beredarnya oleh BPOM dan sedang dalam proses penarikan dari toko-toko. Menindak lanjuti kebijakan ini, pihak BPOM akan mengawasi proses penarikan keempat produk mi instan mengandung babi ini yang akan dilakukan oleh pihak distributor dan importir.

Tidak hanya ditarik dari peredaran, pihak Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) juga berharap bahwa importir keempat produk ini juga akan melewati proses penyidikan karena mereka dianggap telah melakukan pembohongan publik dengan tidak melaporkan bahwa produknya mengandung babi. Di Indonesia, setiap produk yang beredar dan diperdagangkan haruslah memiliki sertifikat halal melalui penetapan UU Jaminan Produk Halal. Jika produk yang beredar tidak halal, maka harus memiliki label penjelasan pada kemasannya bahwa produk tersebut mengandung bahan-bahan haram.

Jadi, meski beberapa varian mi Samyang memang terbukti mengandung babi, namun kamu yang merupakan pecinta mi Samyang masih dapat bernafas lega karena tidak semua varian mi Samyang mengandung babi. Akan tetapi bagi umat muslim, dihimbau untuk lebih berhati-hati dalam konsumsi produk impor. Pastikan setiap produk memiliki sertifikasi halal dari MUI yang memang mendapat wewenang untuk menjamin kehalalan produk-produk yang beredar.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES