Meski Terdengar Klise, Tapi 7 Hal Ini Akan Membuat Kamu Sukses Saat Merantau!

21 November 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Kangen keluarga atau homesick adalah salah satu hal yang bisa membuat kamu merasa cukup berat saat merantau. Hal ini wajar saja kamu alami, terlebih saat kamu kuliah di kota lain dan pulang ke rumah mungkin satu semester sekali, bahkan tahun. Namun tantangan saat merantau ini harus kamu lalui, karena percayalah bahwa semuanya akan sangat berguna bagi kamu nantinya. Terlebih saat kamu selesai kuliah dan menlanjutkan ke ‘babak’ yang baru.

Menyelesaikan kuliah dengan gelar sarjana bukan berarti hidup kamu bisa ‘tenang’ tanpa tugas dan tanggung jawab. Namun di waktu inilah kamu benar-benar berjuang dengan tantangan yang akan makin berat. Tantangan seperti apa? Ya, tantangan untuk mampu bertahan dalam kehidupan dan itu tak sesimpel saat kamu menyelesaikan skripsi.

Tentu saja untuk sukses merantau itu akan banyak hal dan persoalan yang harus kamu lalui. Tapi bukan berarti tidak bisa dicoba bukan? Nah, berikut ini Yukepo bakal kasih kamu rahasia bagaimana agar kamu sukses saat merantau. Penasaran? Yuk, kepoin!

1. Ingatlah selalu motivasi awal mengapa kamu ingin berangkat

Selalu ingat alasan awal mengapa kamu ingin berangkat. Ini bisa menjadi pegangan kuat buat kamu – sebagai komitmen dan janji dengan diri sendiri. Yakinlah dengan diri sendiri bahwa kamu akan meraih apa yang ingin kamu capai saat merantau. Dan ketika kamu ingin berhenti dan menyerah, selalu ingat apa motivasi awal mengapa kamu memulainya.

2. Ingatlah bahwa orangtua kamu akan bangga dengan keberhasilan dan perjuanganmu nanti

Orang yang kamu sayang sebagai dorongan bagi kamu agar mampu melakukan tugasmu dan sukses. Dan saat kamu berhasil melakukannya, orangtua dan orang yang kamu sayang akan bangga kepadamu. Bahkan sekalipun kamu belum mampu, mereka tak akan acuh dan bakal terus mendukungmu. Jadi, buatlah orangtua dan orang-orang tersayang ini sebagai ‘vitamin’ kamu untuk berhasil.

3. Percayalah bahwa semua perjuanganmu akan terbayar di kemudian hari

Segala hal yang bersifat positif tidak akan pernah salah, salah satunya merantau. Saat kamu menjalani ini, mungkin ada momen di mana kamu merasa berat dan ingin menyerah di tengah jalan. Namun kamu harus sadar bahwa pilihanmu ini adalah yang terbaik, kerena sesuatu yang baik juga berakhir dengan kebaikan pula. Jadi jangan menyerah daripada kamu menyesal nantinya.

4. Kamu adalah sosok yang tangguh, karena kamu berani keluar dari zona nyaman

Masih banyak orang yang takut untuk keluar dari zona nyamannya. Jadi ketika kamu mampu melakukan ini, kamu patut berbangga diri. Jadi manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, sehingga ketika kamu menjalani hari-harimu nanti, kamu akan kuat dalam menghadapi segala tantangan kehidupan. Bahkan di sebuah momen yang mengharuskan kamu untuk belajar hal baru, kamu bakal tak takut lagi dan sudah siap melewatinya.

5. Semua ujian dan persoalan yang kamu hadapi saat merantau, akan menempamu menjadi pribadi yang lebih kuat

Jiwa yang kuat memiliki peran yang besar di semua aspek kehidupan kamu nanti. Sebab, terkadang hidup ini tak berjalan sesuai rencana atau tak seperti yang kamu harapkan - membutuhkan pribadi yang bermental baja untuk menghadapinya. Bahkan, kehidupan bisa menjadi sangat rumit. Di sinilah peranan kekuatan itu untuk menyelesaikan semua persoalan yang ada.

6. Ketika kamu merantau, semua proses yang kamu alami akan memberimu banyak pengalaman dan pelajaran yang berharga

Mungkin bisa dibilang lebih berharga daripada uang, karena uang bisa datang dengan adanya ‘pengalaman’. Ketika merantau, tentu kamu akan menemui banyak hal yang itu bisa menjadi pengalaman atau sebuah pelajaran dari proses kehidupan. Karena berkat hal inilah kamu jadi tahu bagaimana hidup itu berjalan – banyak kemungkinan yang bisa terjadi dan tak bisa kamu kontrol. Tentu dengan pengalaman ini pula, kamu akan lebih tahu bagaimana menyelesaikan semua masalah yang akan muncul di depan.

7. Ketika kamu jauh dari rumah, akan membuatmu sadar betapa pentingnya sebuah keluarga

Ketika kamu masih berada bersama keluarga, mungkin kamu belum bisa merasakan hal ini. Namun ketika kamu sudah merantau, kamu akan merasakan betapa pentingnya keluarga dan kamu akan lebih menghargai peranan mereka dalam kehidupanmu hingga saat ini. Kamu juga akan sadar, mengapa kamu harus menyelesaikan semua tantangan yang ada saat kamu merantau, karena semua itu untuk mereka.

Nah itulah tadi beberapa hal yang bisa memotivasi kamu untuk bisa sukses saat merantau. Jangan pernah berhenti di tengah jalan. Kejarlah semua tujuanmu dan jangan pernah ragu kepada kemampuan diri sendiri. Yakinlah kepada semua proses yang ada, karena ini bagian dari kesuksesanmu nanti.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES