Meski Sulit, Ini 6 Cara untuk Bantu Kamu Memaafkan Mantan di Momen Ramadan

28 Mei 2018
|Robertus Ari

Di bulan yang suci ini menjadi momen bagi kamu untuk saling memaafkan kepada sesama. Mungkin kamu juga memiliki persoalan sebelum-sebelumnya yang belum kelar. Di waktu inilah yang paling tepat untuk menyelesaikan semuanya, termasuk memaafkan mantan kamu. Terlebih jika kamu masih menyimpan sakit hati sama dia. Rasa ini justru jangan kamu bawa dan harus segera dihilangkan.

Ya, mungkin saja untuk melakukan itu tidaklah mudah. Tapi jika kamu ingin melakukannya, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memaafkan dia. Yuk, kepoin!

1. Menulis dan mengirim ucapan selamat Lebaran kepada dia

Mungkin ini yang paling mudah. Kamu bisa menulis semacam surat dan kartu ucapan Lebaran kepada dia. Cara ini bisa jadi pilihan, terlebih jika dia sulit untuk diajak ketemuan. Tuliskan saja kalau kamu dengan tulus ingin meminta maaf dan tak ingin ada dendam. Tunjukkan niat baikmu kepadanya dan jangan berharap juga dia akan memaafkan. Terpenting, kamu tulus ikhlas untuk meminta maaf kepadanya.

2. Berani mengambil inisiatif untuk bertemu atau berkunjung ke rumahnya

Langkah yang cukup berani jika kamu mau melakukan ini. Namun momen Lebaran sangat tepat karena bisa saling menjaga silahturahmi dan saling memaafkan. Cobalah kamu hubungi dia kalau ingin datang ke rumah. Mungkin tak ada salahnya juga kamu membawa bingkisan kecil sebagai bentuk terima kasih karena sudah diizinkan datang ke rumahnya.

3. Melakukan Halal bi Halal bersama-sama

Halal bi Halal sudah seperti tradisi di bulan Ramadan. Ini adalah cara untuk menjaga hubungan baik antar manusia. Oleh karena itu, manfaatkan hal ini untuk bisa saling memaafkan kepada mantan. Sehingga setelahnya hubungan menjadi baik kembali dan tak ada sakit hati.

4. Cobalah untuk mengirimkan parsel Lebaran khusus buat dia

Memberikan parsel Lebaran nggak harus yang mewah, kok. Kamu bisa memilih kue parsel yang sederhana saja tetapi itu cukup bisa memberi kesan. Tak lupa di dalam parsel itu kamu bisa menyelipkan surat kecil untuk dia. Tulislah dengan tangan kalau kamu ingin minta maaf sekaligus memberi ucapan Lebaran kepada dia.

5. Mengajak buka puasa bersama

Buka puasa bersama selalu menyenangkan. Cobalah manfaatkan hal ini untuk mengajak dia berbuka bersama. Kamu bisa mentraktir dia dan mencarikan tempat makan yang nyaman untuk ngobrol berdua. Selama niat kamu baik, pasti dia bakal menerima tawaran kamu, kok.

6. BONUS: Kamu jangan membahas masa lalu kalian

Ketika ada momen bertemu atau setelah saling memaafkan, jangan lagi kamu membahas masa lalu. Itu sudah terjadi dan lebih baik segera move on. Tak baik juga untuk membuka luka lama. Sehingga, cara ini bisa meminimalisir terjadinya perdebatan kembali. Jadi ketika sudah saling memaafkan, semuanya kembali dari awal dan membuka lembaran baru sebagai pertemanan.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memaafkan mantan. Momen Ramadhan ini adalah waktu yang tepat untuk saling memaafkan dan tak lagi menyimpan dendam. Kalian berdua harus ikhlas agar tak lagi ada gangguan di antara kalian berdua.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
SHARES