Meski Sering Bikin Kesel, Ternyata Patrick Mengajarkan 7 Filosofi Ini dalam Hidupnya

04 Mei 2018
|Reza Pratama
3.1 KSHARES

Jika ditanya siapa karakter paling lucu sekaligus ngeselin di serial kartun Spongebob? Tentu jawabannya adalah Patrick Star. Karakter bintang laut berwarna merah jambu ini merupakan salah satu karakter populer di dunia animasi. Meski bukan karakter utama, tetapi perannya di serial tersebut selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Sikapnya yang polos dan bodoh, membuat para penonton setia Spongebob selalu merasa terhibur. 

Patrick sendiri merupakan sahabat dekat dari sang karakter utama, yakni Spongebob. Meski berteman baik, Patrick dan Spongebob sesekali terlibat cekcok adu mulut. Hal ini biasanya dipacu oleh tingkah laku Patrick yang polos dan ngeselin. Walaupun terkenal sebagai karakter yang bodoh, tetapi ada beberpa pelajaran yang bisa dipetik dari kehiduapn bintang laut yang satu ini. Berikut 7 filosofi yang diajarkan Patrick dalam kehidupannya. 

1. Loyalitas tanpa batas kepada sahabat

Patrick mengajarkan kita untuk tetap setia kawan kepada sahabat terdekat kita. Tak peduli seberapa lama kita pergi, seorang yang benar-benar sahabat akan selalu menunggu kedatangan kita. Karena ketulusannya ini pun, akhirnya Spongebob mengajak Patrick ke sekolah mengemudi. 

2. Optimis kepada hal yang mustahil sekalipun

Pada episode perlombaan balap keong, Spongebob dan Squidward dengan percaya dirinya saling membanggakan keong miliknya. Namun, Patrick hadir dengan membawa sebuah batu yang turut ia ikutsertakan dalam lomba balapan keong. Meski dicemooh, tetapi ia tetap optimis jika batu peliharaannya tersebut mampu bersaing dengan keong yang lain. Dengan sebuah keajaiban, batu milik Patrick pun berhasil memenangkan kejuaraan lomba balap keong mengalahkan peliharaan milik Spongebob dan Squidward. 

3. Tidak bermuka dua

Di salah satu episode, Patrick terpaksa harus menyamar menjadi seorang perempuan sebagai salah satu cara agar ia bisa bersembunyi dari kejaran pria misterius. Namanya pun berubah menjadi Patricia. Semua wara Bikini Bottom jatuh cinta dengan Patricia. Namun, Patrick lebih memilih membuka identitasnya di depan umum karena ia tidak suka berpura-pura menjadi orang lain. Lebih baik menjadi diri sendiri tapi diakui, daripada berpura-pura menjadi orang lain agar dicintai. 

4. Konsisten dengan apa yang ia jalani

Suatu ketika, Patrcik merasa iri dengan prestasi Spongebob yang segudang. Berbagai macam piala telah berhasil Spongebob dapatkan. Untuk bisa mendapatkan piala yang sama seperti temannya, ia pun berusaha meniru semua kegiatan yang dilakukan Spongebob. Namun hasilnya di luar dugaan, Patrick justru mendapatkan piala karena ia lah satu-satunya makhluk yang paling lama menganggur di Bikini Bottom. Terkadang untuk bisa mencapai sesuatu, kita tak perlu menjadi orang lain. 

5. Teman adalah kekuatan

Di salah episode, Patrick berubah menjadi seorang yang sangat jenius. Hal tersebut dikarenakan isi kepalanya tertukar dengan terumbu karang. Di saat jenius inilah ia mulai berubah dan tidak sekonyol biasanya. Namun, ia justru lebih memilih persahabatan dibanding ilmu pengetahuan. Terkadang kita memang harus mengorbankan segalanya demi mempertahankan sebuah persahabatan. 

6. Meski sering salah, tapi ia selalu berusaha mencoba

Pantang menyerah berhasil diperlihatkan Patrick saat ia ikut bekerja bersama Spongebob di Krusty Krab. Menjadi seorang pelayan menggantikan Squidward yang mengambil cuti, Patrick ternyata banyak melakukan kesalahan di hari pertama bekerja. Namun, dengan kegigihan dan semangat ingin bekerja yang besar, ia selalu mencoba berusaha sesuai dengan apa yang diperintahakan. 

7. Lebih memilih teman dibanding uang

Tak hanya merelakan pengetahuannya saja, Patrick pun lebih memilih menjaga persahabatannya dengan Spongebob dibanding kekayaan yang melimpah. Bahkan di saat Spongebob kaya dan memiliki banyak teman baru, Patrick tidak tergoda sedikit pun akan kekayaan Spongebob. Ia hanya ingin Spongebob kembali seperti dulu. 

Filosofi Patrick Star di atas membuktikan jika ilmu atau pelajaran hidup bisa kita dapatkan dari mana saja, tak terkecuali dari seekor bintang laut sekalipun. Hidupnya mungkin selalu dipenuhi dengan hal-hal konyol, tapi di balik itu semua selalu ada hikmah yang bisa kita ambil. Inilah kenapa kita harus selalu bisa melihat segala sesuatunya dengan sudut pandang yang positif. Dengan begitu, kebaikan pun akan selalu menyertai. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
3.1 KSHARES