Menyedihkan Tapi Nyata, Hal-hal yang Dilakukan Anak Kos Demi Berhemat. Pernah Ngalamin?

24 September 2017
|Chandra W.
Life
0SHARES

Salah satu golongan orang yang paling kreatif di dunia ini adalah anak kos. Mereka selalu berhasil menciptakan penemuan-penemuan hebat dari apa yang ada di sekitarnya. Anak kos terlatih menjadi sosok yang kreatif karena keadaan yang memaksa mereka untuk terus menerus mencari solusi untuk masalah yang muncul ketika sedang jauh dari orang tua, termasuk masalah keuangan. Anak-anak kreatif ini punya sejuta cara untuk bertahan hidup hingga akhir bulan, meski terkadang cara-cara itu terlihat memprihatinkan. Miris, tapi nyata.

1. Kalimat tanya wajib dari anak kos ke waiter: password wifinya apa ya mas/mba? Dasar fakir WIFI.

Yakin 100% anak kos pernah melakukan hal semacam ini. Maklum, butuh koneksi internet untuk tugas yang deadlinenya nanti jam setengah satu dini hari, tapi kuota internet sudah habis. Belum mampu juga mau beli modem. Solusi satu-satunya adalah mendatangi tempat yang bisa ditumpangi untuk nugas, yaitu kafe yang ada WIFI-nya.

"Mas, air putih satu ya. Sama minta password WIFI."

2. Apalah daya ketika pasta gigi habis di seminggu menjelang awal bulan. Potong!

Kemarin perasaan pas awal bulan ditengokin kira-kira masih cukup buat sampai awal bulan depan, tapi kok tiba-tiba habis ya? Moral cerita: jangan keseringan gosok gigi.

3. Pun begitu dengan sabun dan shampo. Hati-hati, nambahin airnya jangan kebanyakan, ntar nggak berbusa lho..

Kalau masih bisa dibusakan, berarti belum habis. Itu prinsip!

4. Selama masih ada yang bisa ditebengin, kenapa harus naik kendaraan sendiri?

Lumayan kan bisa sambil mengurangi polusi. Secara sekarang udah kelihatan banget dampak perubahan iklim. Halaaah alasan. Bilang aja biar uang bensinnya sendiri utuh. Tips nebeng: nebeng gebetan. Hematnya dapet, peluang dapet pacar makin gede.

5. Beli air minum? Ih, nggak perlu lagi.

Kalau kamu kuliah di kampus atau tinggal di kota yang menyediakan kran air minum gratis kaya gini, kamu beruntung banget. Biasanya ada dua kran. Satu untuk minum langsung seperti di foto, satunya untuk mengisi tempat air minum. Selalu bawa botol kosong kapasitas satu sampai dua liter dari kos. Sampai kampus, diisi. Mau pulang ke kos, diisi lagi. Ucapkan selamat tinggal pada galon.

6. Lumayan satu bungkus Indomie Goreng bisa buat makan dua kali

"Tapi itu kan karbohidrat semua. Nggak sehat lho buat pencernaan." kata temanmu yang anak kesehatan. Dikiranya anak kos peduli sama kayagituan? Ya peduli sih, dikit. Tapi lebih peduli lagi sama tingkat kekenyangan yang timbul dari kombinasi nasi dan mie instan. Udah enak, kenyang, hemat lagi.

7. Nggak ada mie, ada Bon Cabe.

Iya, tau kok kalau nasi hangat sama bon cabe level 15 itu rasanya panas kaya neraka tapi enaknya kaya surga. Tapi, Mas, Mbak, kesehatanmu lho...

8. Cara cerdas dan cukup elit meskipun niatnya busuk

Jadi anak kos itu harus cerdas. Jangan kaya orang susah. Kalau duit mulai menipis, segera cari info seminar yang biaya pendaftarannya gratis tapi ada fasilitas coffee break dan makan siangnya. Memangnya ada seminar kaya gitu? Banyak. Ilmunya dapet, kenyangnya dapet, hemat sekali uang makan.

Anak kos yang sesungguhnya adalah yang udah pernah melakukan setidaknya satu dari delapan hal di atas. Kamu anak kos sejati? Buktikan!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES