Menu Sahur Kilat yang Bisa Dibuat Ketika Telat Bangun

www.pexels.com

Di bulan puasa ini, tidak semua orang bisa selalu bangun awal dan menyiapkan makanan untuk sahur. Ada kalanya juga kamu bangun kesiangan dan waktunya sudah mepet banget menuju imsyak. Dalam kondisi seperti ini, biasanya pilihan paling cepat adalah masak mi instan. 

Sebenarnya, masak mi instan untuk sahur tidak direkomendasikan. Memang benar memasaknya cepat tapi, kamu juga akan cepat lapar. Jika masih ada waktu sekitar 10 menit untuk memasak, lebih baik mengolah menu lain yang tidak kalah enak, singkat, tapi tetap bergizi dan cocok untuk membuat kamu tidak cepat lapar. 

1. Omelet

www.bbc.co.uk

Buat anak kos yang tidak punya banyak persediaan bahan makanan dan kebetulan bangun kesiangan, masak saja omelet sebagai menu sahur. Cukup siapkan 1-2 butir telur ayam, bawang putih, satu sendok tepung terigu, merica, garam, dan sayuran  seperti wortel, brokoli, kol dan sayur lainnya. 

Cara membuatnya sangat mudah juga. Cukup kocok telur, masukkan bumbu dan sayur, lalu kocok lagi. Goreng hingga matang. Omelet sudah siap. Enak banget kalau disantap selagi hangat!

2. Tumis kangkung

selerasa.com

Daripada mi instan, kenapa tidak makan sayur aja biar lebih sehat? Salah satu sayur yang proses memasaknya cukup sederhana dan cepat adalah tumis kangkung. Bumbu yang dibutuhkan adalah bawang merah, bawang putih, cabai, garam, gula, dan lada bubuk. Itu semua bumbu dasar yang selalu siaga di dapur. 

Potong cabai dan bawang, dan tumis. Lalu masukkan kangkung. Jika yang diolah tidak banyak, kangkung pasti akan segera matang. Tidak akan sampai 10 menit untuk menunggunya matang dengan sempurna.

3. Orak-arik

resephariini.com

Makanan enak lain yang cukup bergizi dan bisa jadi sayur maupun lauk adalah orak-arik telur. Potong-potong sayur yang kamu punya. Paling enak kalau menggunakan wortel dan buncis. Jangan lupa untuk menambahkan telur. Akan semakin enak, jika kamu memiliki tahu yang sudah dihancurkan. 

Bumbu untuk orak-orik juga sangat mudah. Antara lain bawang putih, bawang merah, garam, cabai, dan kaldu ayam kalau punya. Seandainya tidak ada kaldu ayam, kamu bisa menggunakan kaldu bubuk untuk menambah citarasanya.

4. Nasi Goreng
www.fifteenspatulas.com

Butuh makanan yang cepat saji di rumah untuk sahur? Langsung aja manfaatkan nasi sisa semalam. Olah menjadi nasi goreng yang enak. Bumbu yang dibutuhkan tidak banyak dan pasti ada di dapur. Yakni bawang putih, bawang merah, garam, kecap, dan minyak. Biar makin enak, kamu bisa menambahkan telur ceplok sebagai pelengkap. Perut kenyang, sahur lancar, dan kamu tidak akan cepat lapar apalagi sampai harus putus puasa dengan alasan tidak sahur. 

5. Buncis cabai
www.masakandapurku.com

Sudah bangun kesiangan dan bahan makanan di kulkas ternyata terbatas. Cuma ada buncis sama cabai. Nggak masalah, kamu tetap bisa mengolahnya jadi makanan yang enak dan bergizi untuk menu sahur. 

Bersihkan buncis dan rebus dengan air garam. Sembari menunggu buncis matang, siapkan bawang putih yang dicincang dan cabai yang dicincang. Kalau sudah siap semua, tumis bawang putih dan cabai. Jika sudah matang, sisihkan. Tumis buncis dan tambahkan garam, lada, serta gula secukupnya. Kalau sudah cukup tercampur, baru masukkan tumisan bawang putih dan cabai. Aduk lagi hingga tercampur. Sayur buncis kamu sudah siap dihidangkan.

Pilihan menu makanan di atas dapat diolah dengan cepat dan bahan dibuat. Jangan cuma masak mi instan. Coba masak yang lain yang lebih sehat dan dapat membuat kamu kenyang lebih lama. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
15 Negara Ini Dicap Memiliki Budaya Seks Paling Bebas di Dunia | Keepo.me

15 Negara Ini Dicap Memiliki Budaya Seks Paling Bebas di Dunia | Keepo.me

Tutorial Makeup Sederhana buat Ngantor Ala Dian Ayu Lestari

Tutorial Makeup Sederhana buat Ngantor Ala Dian Ayu Lestari

Video Klip Lagu Kekeyi Lenyap dari Youtube, Netizen Serang Sony Music: Sirik Amat Dah | Keepo.me

Video Klip Lagu Kekeyi Lenyap dari Youtube, Netizen Serang Sony Music: Sirik Amat Dah | Keepo.me

Trik Berhemat untuk Tekan Budget Makan Selama Ramadan

Trik Berhemat untuk Tekan Budget Makan Selama Ramadan

5 Wanita Terseksi Taiwan Versi FHM | Keepo.me

5 Wanita Terseksi Taiwan Versi FHM | Keepo.me

Resep Aneka Kolak Sebagai Pilihan Menu Buka Puasa

Resep Aneka Kolak Sebagai Pilihan Menu Buka Puasa

loading