Menjelang Tahun 2018, Apa Saja Resolusi Tahun Ini yang Sudah Tercapai?

10 Desember 2017
|Chandra W.
0SHARES

Setiap menjelang tahun baru, kita hampir selalu menyusun daftar tujuan dan target yang ingin dicapai di tahun depan: resolusi. Gunanya untuk self-monitoring. Memeriksa apakah langkah-langkah yang diambil sesuai dengan target yang telah ditulis.

Di akhir tahun, sudah menjadi kebiasaan pula untuk menengok kembali daftar resolusi awal tahun yang telah dibuat. Evaluasi. Berhubung sekarang sudah akhir tahun dan hanya dalam waktu sebulan lagi kita akan memasuki tahun baru 2018, yuk lihat lagi daftar resolusi yang telah ditulis pada awal tahun ini. Sudah berapa nih yang tercapai?

Kamu termasuk tipe yang mana nih ketika membuat resolusi? Yang bikin poin-poin pendek 1-5 atau yang daftarnya lebih panjang dari daftar belanja bulanan? Dari daftar yang sedikit atau banyak itu, berapa yang sudah berhasil direalisasikan?

Kabarnya, resolusi yang tidak terlalu banyak lebih mungkin dapat tercapai. Kenapa? Karena kamu nggak terbebani ketika melihat daftarnya jadi kamu bisa fokus mengerjakan hal-hal yang membantumu mencapainya. Memang cita-cita dan mimpi perlu di-break down, tapi kamu nggak perlu menuliskan poin-poin rencana kecilmu dalam satu kertas berisi daftar resolusi. Dipisah aja, satu daftar resolusi, satu lagi rencana konkret untuk mencapainya.

Kebayang kan? Misal resolusimu tahun depan dapetin beasiswa LPDP, menulis dan menerbitkan buku, dan liburan ke Italia. Tulis itu dalam satu kertas lalu tempelkan di tempat yang bisa kamu lihat setiap hari. Kalau dilipat lalu ditaruh di dompet, bisa kelupaan.

Lalu kamu menuliskan langkah-langkah apa yang haru dilakukan untuk mendapatkan beasiswa LPDP, misalnya: minta rekomendasi dosen/atasan, bikin CV yang meyakinkan, les bahasa asing, dan lain-lain. Untuk menulis dan menerbitkan buku: 1 halaman per hari. Liburan ke Italia: nabung sekian per bulan. Tulis itu di buku atau agenda yang tiap hari kamu bawa. Jadi tiap kamu buka, kamu ingat langkahmu sudah sampai mana, apa yang perlu diperbaiki, apa yang perlu diubah, dan seterusnya.

Jadi gimana, sudah siap menutup resolusi 2017 dan membuat resolusi tahun baru 2018? Semoga semua resolusimu tahun ini sudah tercapai dengan baik dan semoga tahun depan akan jadi lebih baik lagi!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES