Menjadi Baik Itu Nggak Sulit, Lakukan Saja 7 Hal Ini Saat Makan di Restoran!

www.elitedaily.com

Salah satu tempat favorit buat ngumpul sama teman-teman, keluarga, atau pacar adalah cafe atau restoran. Kita bisa ngobrol santai sambil ngemil, ngopi, atau mungkin juga sambil dengerin live music. Seru banget kan? Nah, ngomongin soal makan di restoran, kalian pasti tau dong tentang gerakan ‘tumpuk di tengah’? Itu lho gerakan yang mengampanyekan untuk menumpuk piring dan alat makan lainnya setelah selesai bersantap di restoran. Kampanye gerakan ini viral di berbagai media sosial dan banyak netizen yang mengunggah foto atau video ketika mereka melakukan gerakan ‘tumpuk di tengah’. Hal ini tentunya akan mempermudah waiter ketika membersihkan meja. Apalagi ketika makan beramai-ramai dan banyak alat yang digunakan. Hal baik kaya gini harus terus-menerus dilakukan agar nantinya menjadi kebiasaan.

Tapi nggak cuma itu aja lho, ada juga kebaikan-kebaikan lain yang bisa kita lakukan ketika kita di tempat makan. Beberapa di antaranya mungkin dianggap sebagai hal kecil, tapi sebenarnya sangat penting dan harus dibiasakan. Yuk simak!

1. Jangan lupa ucapkan ‘terima kasih’!

www.foodtribute.com

Setelah memesan makanan, saat waiter mengantar pesanan, setelah membayar di kasir, atau setelah kamu mendapatkan pelayanan apapun, jangan lupa untuk mengucapkan ‘terima kasih’! Kita seringkali lupa nih mengucapkan terima kasih, padahal kata yang satu ini penting diucapkan sebagai bentuk apresiasi kita terhadap orang lain. Misanya ketika kita mengucapkan terima kasih pada pelayan yang mengantar makanan, ia pun akan merasa senang karena pekerjaannya dihargai oleh customer.

2. Ucapkan ‘tolong’ ketika meminta bantuan

www.bizimply.com

Kalian pasti setuju dong kalau “Mas/Mbak, saya boleh minta tolong tambahan sausnya?” terdengar lebih menyenangkan daripada “Mas/Mbak, saya mau minta lagi sausnya dong”? Nah, walaupun kita adalah customer, dan katanya ‘pembeli adalah raja’, kita harus tetap punya etika yang baik ya. Ketika kita membutuhkan waiter untuk melayani kita, tentu saja kita harus bersikap sopan dan tidak lupa mengucapkan “tolong”. Kita juga pasti nggak suka dong kalau disuruh-suruh dengan nada ucapan yang nggak sopan?

3. Harus murah senyum!

www.phnompenhpost.com

Kalau kita disapa oleh waiter atau pegawai restauran lainnya, kita harus membalasnya dengan memberikan senyuman yang ramah. Gak hanya itu, setelah mengucapkan ‘terima kasih’ dan meminta bantuan pun harus dengan senyum ya. Pasti waiter juga segan dong kalau customernya pasang muka jutek terus-terusan. Eh, tapi senyumnya jangan dibuat-buat lho ya! Harus tulus!

4. Jangan meninggalkan sampah di meja!
www.yelp.com

Ketika kita membawa barang dari luar, entah makanan dan minuman kemasan atau barang lainnya, jangan tinggalkan sampahnya di meja makan! Kita harus menyimpannya untuk dibuang di luar restoran, atau kita bisa langsung mencari tempat sampah untuk membuangnya. Iya, memang tugas waiter untuk membersihkan meja makan, tapi kita gak perlu dong nambah-nambah kerjaan mereka dengan meninggalkan sampah?

5. Jangan menyisakan makanan!
rafflespress.com

Biasanya kalau lagi lapar, kita suka kalap pesan makanannya. Mulai dari appetizer sampe dessert semuanya dipesan. Ujung-ujungnya malah kekenyangan dan makanannya jadi nggak habis deh. Suka menyisakan makanan juga salah satu kebiasaan buruk nih. Dengan menyisakan makanan, kamu hanya akan menambah tumpukan sampah makanan sisa yang harus dibuang oleh restoran. Tentunya hal ini berdampak buruk pada lingkungan sehingga saat ini banyak restoran yang mencari-cari cara untuk mensiasati sampah sisa makanan. Nah, kamu bisa membantunya dengan memesan makanan secukupnya dan menghabiskannya tanpa tersisa.

6. Rapikan kembali kursi setelah makan

www.hiacode.com

Setelah kita selesai makan dan bersiap meninggalkan meja, jangan lupa untuk merapikan kembali kursi yang kita tempati. Gampang kok! Kita hanya perlu menempatkan kursi pada posisi semula agar tidak berantakan. Tentunya hal ini akan memudahkan pekerjaan waiter ketika membersihkan meja kita.

7. Beri uang tip untuk waiter

www.monster.com

Kalau kita punya uang lebih, tidak ada salahnya kalau kita memberikan tip untuk waiter yang sudah melayani kita. Gak perlu nominal yang besar, asalkan kita ikhlas memberikannya sebagai tanda terima kasih pun sudah cukup.

Nah, kalian sering melakukan hal-hal baik tersebut gak? Kalau belum, mulai sekarang harus dibiasakan ya. Kata Mbak Elda Suryani, vokalis band Stars and Rabbit, “be kind to anything!”. Jadilah baik tidak hanya pada siapapun, tetapi juga pada apapun. Jadi, selamat menebar kebaikan!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Smart Living Ala Jepang, Yuk Intip 3 Inovasi Keren Desain Rumah yang Homey dan Elegan!

Smart Living Ala Jepang, Yuk Intip 3 Inovasi Keren Desain Rumah yang Homey dan Elegan!

Ternyata Punya Fake Account di Media Sosial Nggak Selalu Buruk! Ini 5 Manfaatnya!

Ternyata Punya Fake Account di Media Sosial Nggak Selalu Buruk! Ini 5 Manfaatnya!

Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Tersesat di Gunung

Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Tersesat di Gunung

Begini Bedanya Agenda Malam Minggu Penyandang Status Jomlo dan Pacaran. Kamu Juga Ngalamin?

Begini Bedanya Agenda Malam Minggu Penyandang Status Jomlo dan Pacaran. Kamu Juga Ngalamin?

Keren! Mesin Ketik Jadul Ini Diubah Jadi Keyboard Elektronik Gemas. Bikin Ngetik Makin Seru!

Keren! Mesin Ketik Jadul Ini Diubah Jadi Keyboard Elektronik Gemas. Bikin Ngetik Makin Seru!

Penat Akan Hidup Itu Wajar, Tapi Jangan Sampai Berlarut. Lakukan 7 Hal Ini!

Penat Akan Hidup Itu Wajar, Tapi Jangan Sampai Berlarut. Lakukan 7 Hal Ini!

loading