Meninggal Saat Magang Kerja, Pria Ini Jadi Pelajaran: Kerja Terus Bisa Bikin Mati Muda

19 Januari 2018
|Chandra W.
329SHARES

Seorang karyawan magang di Bank of America di London, Inggris ditemukan tewas di kamar mandinya dengan kondisi kran shower masih menyala. Ia diduga meninggal saat mandi beberapa jam sebelumnya. Namanya Moritz Erhardt, 21 tahun asal Jerman.

Erhardt mengidap epilepsi, namun salah satu faktor yang diduga menjadi penyebab kematiannya adalah karena sebagai karyawan magang ia bekerja sekitar 72 jam per minggu.

Budaya bekerja lebih dari waktu yang ditetapkan seolah menjadi gaya hidup pekerja abad ini. Tak cukup pukul 9-17 saja, seringkali perusahaan atau instansi memberikan tanggung jawab yang mau tidak mau hanya dapat diselesaikan di luar jam kerja. Ironisnya, jam kerja yang luar biasa jauh di atas batas kerja ‘normal’ bukan hanya diterima, tetapi juga seringkali dianggap keren oleh orang-orang berusia kerja karena akan terkesan ‘workaholic’ atau sibuk. Padahal, jam kerja yang aman sebenarnya hanya maksimal 39 jam per minggu. Lebih dari itu, bisa-bisa semua orang bernasib sama seperti Erhardt. 

Sebuah jurnal dari Australian National University mengungkapkan bahwa batasan jam kerja per minggu idealnya 39 jam saja. Padahal jika kita bekerja 8 jam per hari selama 5 hari kerja saja, sudah 40 jam dihabiskan. Belum lagi pekerjaan yang enam hari seminggu. Sementara itu peneliti dari Amerika Serikat, Alex Soojung-Kim Pang mengatakan bahwa pekerja masa kini sebenarnya hanya produktif selama empat jam setiap hari kerjanya. Sisa empat jam dan seterusnya dipenuhi rasa khawatir dan pikiran selain pekerjaan. 

Ditambah lagi sebuah penelitian yang dibiayai oleh pemerintah Swedia, di mana observasi dilakukan terhadap perawat/suster/petugas panti jompo. Mereka hanya bekerja enam jam per hari namun tetap digaji seperti ketika mereka bekerja delapan jam per hari. Hasilnya, terjadi pengurangan signifikan di angka cuti karena sakit, menurunnya tingkat stress pekerja dan malah mendorong produktivitas. 

Dibutuhkan lapangan pekerjaan dengan jam kerja lebih pendek dan hirarki yang lebih longgar serta lingkungan yang lebih nyaman dibandingkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang kini tersedia. Sebab jika bekerja terus, semua orang bisa kehilangan hidupnya. Dalam arti kehilangan waktu untuk bahagia di luar urusan pekerjaan, dan dalam arti sebenarnya: mati muda. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
329SHARES