Mengapa Warna Pink Identik dengan Citra Feminin Perempuan?

03 Juli 2017
|Chandra W.
Life
0SHARES

Selama ini kita selalu menganggap bahwa pink adalah warna cewek. Cewek kalau pakai warna biru dianggap tomboy. Kalau pakai pink dianggap feminin. Kalau kamu nonton film Legally Blonde, kamu pasti memerhatikan kalau tokoh utamanya hampir selalu memakai pakaian dan aksesoris berwarna pink. Acara-acara besar seperti kondangan, wisuda, pertunangan dan pernikahan juga biasanya ramai dengan cewek-cewek yang mengenakan gaun atau dress warna kalem ini.

Penasaran nggak sih kenapa?

Pada Juni 1918, majalah profesional Earnshaw’s Infant Department juga menyarankan agar anak perempuan memakai warna biru yang dianggap lebih lembut, sedangkan anak laki-laki sebaiknya memakai warna merah muda karena terkesan lebih kuat. Kesan kuat ini dianggap muncul dari warna dasar merah. Merah menunjukkan keberanian.

Warna pink baru menjadi semacam lambang bagi cewek setelah Perang Dunia II ketika Dwight Eisenhower dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat. Saat itu, sang istri, Mamie Eisenhower tampil menawan dengan gaun pesta berwarna merah muda berhiaskan rhinestone. Warna ini juga ternyata adalah warna favoritnya. Kemana-mana, beliau sering menggunakan pakaian berwarna merah muda hingga dijuluki “Mamie Pink”.

Sejak itulah warna pink menjadi trend di kalangan cewek dan hingga sekarang juga nyatanya tren ini masih bertahan. Warna ini juga bahkan digunakan sebagai nama panggung penyanyi internasional Alicia Moore dan salah satu merk subsidiari dari produk Victoria’s Secret, merk pakaian dalam paling terkenal sedunia.

Stigma bahwa warna pink adalah warna cewek sebenarnya agak kurang baik juga. Hal ini bikin cowok yang pakai baju pink di-bully dengan kalimat semacam, “Lo kok kayak cewek sih pakai baju pink,”. Padahal nggak semestinya cara atau gaya berpakaian kita ditentukan oleh orang lain selama kita nggak mengganggu kepentingan umum.

Toh dilihat dari sejarah juga sesungguhnya nggak ada warna yang benar-benar terkait dengan jenis kelamin anak dan manusia pada umumnya. Apalagi sebenarnya warna ini malah awalnya lebih identik dengan cowok. Gimana menurut pendapatmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES