Mengapa Calon Penumpang Harus Melepaskan Jam Tangan Saat di Bandara?

06 Juli 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Pesawat menjadi moda transportasi pilihan bagi orang yang akan berpergian antarpulau ataupun antarnegara. Selama beberapa waktu sebuah pesawat akan mengudara menuju tempat tujuan. Untuk menciptakan keamanan saat mengudara, bandara telah membuat berbagai peraturan untuk keamanan para penumpang. Jangan sampai ada tindak kejahatan yang terjadi di dalam pesawat saat mengudara karena hal itu akan membahayakan penumpang. Seperti di film-film laga yang sering mengisahkan tentang pembajakan pesawat.

Mengantisipasi hal tersebut, para penumpang harus mengikuti serangkaian pemeriksaan di bandara. Kita akan diminta melewati pemeriksaan X-ray untuk mengetahui apakah kita membawa benda logam atau tidak. Karena bisa saja logam tersebut adalah senjata. Sebelumnya, kita juga akan diminta melepas ikat pinggang bahkan jam tangan. Mengapa jam tangan juga harus dilepas padahal jam tangan adalah benda yang wajar dipakai? Selain karena logam pada jam tangan dapat memicu alat X-ray pemeriksa berbunyi, ternyata memang sudah ada peraturannya.

Dilansir dari laman dinhub.go.id, permintaan melepaskan jam tangan serta ikat pinggang merupakan bagian dari Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 127 Tahun 2015 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional (PKPN). Jam tangan menjadi item yang perlu diperiksa karena dikhawatirkan menjadi tempat penyimpanan jarum beracun yang dioperasikan melalui tombol-tombol pada jam. Wah, serem juga sih kalau beneran ada.

 

Pemeriksaan tersebut memerlukan waktu cukup lama, jadi sangat disarankan untuk para calon penumpang agar chek-in beberapa lama sebelum jam pemberangkatan. Demi kenyamanan bersama, para calon penumpang diminta untuk mematuhi peraturan ini. Namun, ada juga penumpang yang keberatan dengan peraturan ini. Tempo hari beredar sebuah video di youtube, wanita calon pemumpang menampar seorang petugas bandara Sam Ratulangi, Manado. Tindakan tersebut dipicu oleh penolakan penumpang tersebut untuk melepaskan jam tangannya saat pemeriksaan. Jangan dicontoh, ya!

Peraturan di bandara dibuat untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan penerbangan. Berkoordinasilah dengan petugas jika memiliki masalah atau keberatan dengan aturan tertentu. Tindak kekerasan karena tidak setuju dengan peraturan merupakan tindakan yang sangat tidak terpuji. Mungkin mereka dapat membantu. Jadilah penumpang bijaksana! Karena kenyamanan dan keamanan penerbangan juga tercipta dari penumpangnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES