Menangkan Penghargaan Menteri Terbaik Sedunia, Ini Kisah Hidup Sri Mulyani yang Luar Biasa

news.okezone.com

Indonesia kembali bangga, salah satu menteri kabinet kerja Jokowi mendapat penghargaan The Best Minister atau Menteri Terbaik dari lembaga penelitian independen Ernst & Young. Tentu kita semua sudah mengenal namanya, Sri Mulyani Indrawati atau SMI atau yang akrab disapa Bu Ani, Menteri Keuangan kesayangan rakyat Indonesia.

Pernah menjabat posisi Managing Director di International Monetary Funds (IMF), SMI kembali ditarik Jokowi untuk memimpin Kementerian Keuangan. Sumbangsihnya terhadap kondisi keuangan di Indonesia mengantarkannya menjadi The Best Minister. Lalu bagaimana kisah hidup SMI hingga bisa menjadi sosok yang demikian berprestasi?

1. Sri Mulyani Indrawati dibesarkan di keluarga besar (10 bersaudara). Kedua orangtuanya dahulu menjabat sebagai dosen di IKIP Semarang (sekarang Unnes)

ekbis.sindonews.com

Dibesarkan dalam keluarga yang menjunjung tinggi nilai pendidikan, SMI bersama kesembilan saudara kandungnya lahir dari pasangan alm. Prof. Satmoko dan almh. Prof. Dr. Retno Sriningsih Satmoko. Ajaran kedua orangtuanya adalah untuk selalu bersatu dalam menghadapi apa saja, sebab kondisi keuangan mereka kala itu bisa dibilang cukup atau standard saja, dengan orang tua yang keduanya dosen dan sepuluh anak.

2. Ia dan saudara-saudaranya tumbuh menjadi anak-anak berprestasi

batampos.co.id

Karena sudah tertanam sejak awal bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting, SMI dan kesembilan saudaranya tumbuh menjadi anak-anak berprestasi. Banyak yang semasa sekolah sudah sering mendapatkan beasiswa untuk pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Rata-rata mereka menempuh pendidikan hingga jenjang doktor.

3. Mendiang orangtuanya cukup keras menuntut dalam hal profesi anak-anaknya

www.jawapos.com

Paling tidak, harus bisa menjadi dokter, insinyur, atau dosen. Alasannya sederhana, sebab pada saat itu ketiga profesi tersebut cukup terpandang di mata masyarakat dan terjamin dari segi pendapatan. Ibaratnya orangtua zaman now yang menganjurkan anaknya untuk jadi PNS aja kali ya. Bu Ani sendiri sebenarnya bercita-cita ingin menjadi dosen.

4. Menurut Sri Mulyani, menjadi menteri hanya ‘jalannya memang begitu’

www.cnnindonesia.com

Artinya, ia tidak mengincar posisi menteri dari awal. Seperti yang tercantum pada poin sebelumnya, Sri Mulyani sebenarnya ingin menjadi dosen. Ia menempuh pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan melanjutkan jenjang master di University of Illinois, Amerika Serikat juga pendidikan doktoralnya di sana, semua di jurusan yang linier.

5. Karirnya cemerlang, meski sempat dilanda isu miring di negeri sendiri
www.suratkabar.id

Dari menjadi peneliti, pengajar hingga Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan di Indonesia, Sri Mulyani selalu berhasil membuat kebijakan yang menyelamatkan Indonesia dalam bidang ekonomi. Namun ia pernah tersandung kasus Bank Century, disisihkan di negeri sendiri karena memberikan pinjaman (dana bailout) saat krisis moneter melanda dunia pada sekitaran tahun 2008-2010. Ia lalu mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun 2010 di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

6. Sri Mulyani juga berhasil mereformasi lembaga keuangan yang korup
kaltim.tribunnews.com

Ia melakukan ‘bersih-bersih’ di Kementerian Keuangan dan di Dirjen Pajak dan Bea Cukai yang disebutnya sebagai sarang penyamun. Pengunduran dirinya dulu adalah sikap tegasnya terhadap pemerintahan yang korup dan tidak sejalan dengan prinsipnya yang jujur dan transparan.

7. Sri Mulyani adalah contoh perempuan hebat

ekonomi.metrotvnews.com

Ia bisa menjalani karir dengan kesibukan yang luar biasa namun tidak melupakan kewajibannya sebagai istri dan ibu bagi tiga anak di rumah. Meski terkadang diprotes oleh anak-anaknya, “Ma, you’re not the boss here. Ini rumah bukan Kemenkeu,”. Ia malah senang dan bersyukur memiliki keluarga yang selalu mendukungnya sebagai ibu, istri dan sebagai Menteri Keuangan.

www.suratkabar.id

Di balik sosok yang hebat, ada keluarga yang mendukungnya dengan sepenuh hati ya. Makanya, jangan suka jutek tuh sama orangtua dan saudara. Siapa lagi yang bisa mendukung kita kalau bukan mereka? Dan setiap kali kamu ingin mengeluh, ingat deh perjuangan Sri Mulyani Indrawati dari keluarga yang biasa-biasa saja bisa jadi penyelamat keuangan Indonesia. Yang penting konsisten dan tidak mudah menyerah.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Klarifikasi Resmi Wiranto, Terkait Foto Keluarganya yang Memakai Cadar dan Sorban - Keepodotme

Klarifikasi Resmi Wiranto, Terkait Foto Keluarganya yang Memakai Cadar dan Sorban - Keepodotme

6 Masalah Percintaan khas Anak Zaman Sekarang. Ternyata Bikin Prihatin!

6 Masalah Percintaan khas Anak Zaman Sekarang. Ternyata Bikin Prihatin!

Ingin Saingi TikTok, Facebook Luncurkan Aplikasi Lasso - Keepodotme

Ingin Saingi TikTok, Facebook Luncurkan Aplikasi Lasso - Keepodotme

Ladies, Ini lho 7 Kado Valentine yang Sering Diharapkan Cowok Kamu!

Ladies, Ini lho 7 Kado Valentine yang Sering Diharapkan Cowok Kamu!

Tidak Melulu Mahal, 4 Artis Ini Lakukan Perawatan Wajah Dengan Bahan Alami - Keepodotme

Tidak Melulu Mahal, 4 Artis Ini Lakukan Perawatan Wajah Dengan Bahan Alami - Keepodotme

Punya Hater di Kehidupan Nyata? Ubah Jadi Teman dengan Cara Ini

Punya Hater di Kehidupan Nyata? Ubah Jadi Teman dengan Cara Ini

loading