Memiliki Sejarah Kelam, Jangan Coba Melakukan 5 Hal Ini Saat Berkunjung ke Monumen Holocaust

photogrist.com

Beberapa hari belakangan ini, nama Syahrini sedang hangat dibicarakan banyak orang di media sosial. Tapi kali ini warganet bukan membahas fashion atau penampilannya yang selalu cetar dan nyentrik, melainkan karena aksinya yang mengundang kontroversi saat sedang mengunjungi ke tempat paling bersejarah di Jerman, yakni Monumen Holocaust. Bukan Syahrini namanya jika tidak pernah mengundang perhatian masyarakat dengan segala kehebohannya.

Menggunakan mantel berbulu berwarna biru, Syahrini tengah asyik berfoto-foto di atas Monumen Holocaust bersama beberapa kerabatnya. Foto yang sempat diupload di Instagram miliknya ini pun mendapat banyak kritikan dari para warganet karena dianggap tidak menghargai sejarah kelam warga Jerman atas pembantaian tentara Nazi terhadap kaum Yahudi. Foto tersebut pun sontak mengundang banyak komentar dari warganet. 

Dari kejadian ini, setidaknya kita bisa memetik pelajaran agar tidak meniru hal yang sama. Nah. Berikut 5 hal yang perlu kamu lakukan saat berkunjung ke monumen bersejarah seperti Holocaust. 

1. Mencari tahu tentang sejarah monumen tersebut

monumentcity.net

Setiap monumen yang dibangun, tentu memiliki nilai historical yang perlu kita pelajari. Karena tidak semua monumen dibangun atas dasar sebagai hiburan atau daya tarik wisatawan saja, melainkan juga sebagai simbol persitiwa yang pernah terjadi di negara tersebut. Salah satu contohnya adalah Holocaust yang dibangun untuk mengenang tragedi paling kelam di dunia atas pembantaian kaum Yahudi oleh tentara Nazi. 

2. Jaga perilaku serta menggunakan pakaian yang sopan bila perlu

www.viva.co.id

Tidak hanya di monumen, menjaga perilaku di negara lain adalah suatu keharusan. Alangkah baiknya jika sebelum memasuki monumen, baca terlebih dahulu peraturan yang berlaku, agar kita tahu apa saja hal yang sekiranya dilarang di area tersebut. Begitu pun dengan pemilihan gaya berpakaian, kurang etis rasanya menggunakan baju glamour serta nyentrik saat berkunjung ke monumen bersejarah seperti Holocaust. 

3. Meminta izin kepada pengelola sebelum mengambil gambar

www.tribunnews.com

Di zaman digital seperti sekarang, rasanya sulit sekali untuk tidak melibatkan gadget ke dalam berbagai macam urusan. Termasuk saat berkunjung ke sebuah monumen historical di negara orang. Di saat seperti inilah, banyak orang yang tidak ingin kehilangan momen tersebut dengan mengambil gambar. Namun perlu diingat, tak semua monumen boleh melakukan pemotretan. Tak ada salahnya jika kita meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola untuk pengambilan foto. Dengan begitu, kamu pun bisa befoto dengan nyaman.

4. Jangan sesekali mencorat-coret monumen bersejarah

pankowerchronikdotde.wordpress.com

Mungkin ini hal yang seringkali kita temui saat berkunjung ke sebuah monumen bersejarah. Alih-alih menjaga keaslian monumen, para turis atau wisatawan dengan asyiknya menuliskan namanya di monumen sebagai kenang-kenangan. Apa susahnya sih untuk tidak mencorat-coret sebuah monumen? Toh nggak ada efeknya juga buat hidupmu ke depannya. Jadi mulai sekarang, simpan spidolmu untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

5. Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan
travel.detik.com

Walau terdengar sepele dan klise, tapi membuang sampah sepertinya sudah menjadi kebiasaan umum yang seringkali kita temui di tempat umum. Terlebih lagi di sebuah monumen atau tempat wisata yang dikunjungi banyak orang. Walah hanya membuang botol minuman, tapi jika ada 1.000 orang yang melakukan hal yang sama, maka sampah bukan lagi hal yang sepele. Dengan tidak membuang sampah sembarangan, kita pun turut ikut menjaga kelestarian monumen bersejarah.

6. Dan yang terakhir, jaga perkataan!
1london.net

Tak hanya foto Syahrini di Monumen Holocaust saja yang menuai pro kontra, namun sebenarnya kemarahan masyarakat lebih ditujukan pada perkataan Syahrini saat dia membuat story di Instagram pribadinya. Pada saat itu Syahrini berkata, "Bagus ya tempat Hittler bunuh-bunuhan dulu,". Berada di sebuah tempat memoriam mengenang sejarah kelam sebuah bangsa, komentar seperti jelaslah tidak pantas terlontar. Oleh karena itu, jika kamu ingin terlihat lebih cerdas dan dipandang sebagai pribadi yang berempati, tahan diri untuk melontarkan komentar bodoh di tempat-tempat semacam Monumen Holocaust ya.

Dengan mengaplikasikan 6 hal di atas, tidak hanya membuat kita terhindar dari kesalahan, tetapi juga membuat diri kita terbiasa berperilaku baik saat berada di mana pun. Jangan bertingkah laku konyol di tempat bersejarah hanya demi eksis di media sosial ya guys kalau nggak mau kena hujatan dari warganet. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bumblebee: The Movie, Kisah Awal Pendaratan Bumblebee di Bumi - Keepodotme

Bumblebee: The Movie, Kisah Awal Pendaratan Bumblebee di Bumi - Keepodotme

Dengan Rajin Menulis, Kamu Bisa Dapatkan 4 Hal Menguntungkan Ini

Dengan Rajin Menulis, Kamu Bisa Dapatkan 4 Hal Menguntungkan Ini

9 Karakter yang Kemungkinan Besar Bakal Mengalahkan Thanos di Avengers: Endgame - Keepodotme

9 Karakter yang Kemungkinan Besar Bakal Mengalahkan Thanos di Avengers: Endgame - Keepodotme

Kenapa Budaya Terlambat Sulit Dihilangkan? 6 Pola Pikir Ini yang Jadi Alasan

Kenapa Budaya Terlambat Sulit Dihilangkan? 6 Pola Pikir Ini yang Jadi Alasan

8 Cara Mengatasi Keputihan Ini Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah - Keepodotme

8 Cara Mengatasi Keputihan Ini Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah - Keepodotme

7 Foto Keunikan Orang Indonesia  Ketika Berada di ATM Ini Bikin Tepok Jidat

7 Foto Keunikan Orang Indonesia Ketika Berada di ATM Ini Bikin Tepok Jidat

loading