Memelihara Ikan di Akuarium Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho. Bisa Meredakan Stres!

broadly.vice.com

Kalian pernah memelihara hewan? Hewan apa yang pernah kalian pelihara? Kucing? Anjing? Burung? Ikan? Hamster? Apapun jenis peliharaannya, yang pasti memelihara hewan termasuk kegiatan yang sangat menyenangkan. Merawat dan bermain dengan hewan peliharaan bisa banget jadi hiburan kalau kamu lagi jenuh atau lelah dengan kegiatan sehari-hari. Selain itu, dengan memelihara hewan tentunya kamu bisa mengenal lebih dekat dan menjalin hubungan persahabatan dengan para hewan. Lucu, 'kan?

Selain untuk rekreasi, memelihara hewan juga sangat baik untuk kesehatan. Kalian pasti pernah mendengar tentang terapi hewan, bukan? Berbagai jenis hewan seperti anjing, ikan, kucing, dan sebagainya bisa digunakan untuk terapi kesehatan. Nah, kali ini Yukepo akan membahas manfaat memelihara hewan ikan dari segi kesehatan, khususnya ikan dalam akuarium. Yuk, langsung kepoin aja informasinya!

news.uns.purdue.edu

Percaya atau tidak, akuarium seakan memiliki sisi magis tersendiri. Suara gemericik air, ikan yang bergerak lambat-lambat dengan liukan indah dan berbagai tanaman air bisa membuat kita terhanyut saat melihatnya. Bukan hanya untuk rekreasi, mengamati ikan berenang di akuarium ini ternyata sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres. Melansir Tonic Vice, di jurnal Environment and Behavior menerbitkan sebuah studi di tahun 2016 yang menunjukkan bahwa melihat ikan di akuarium selama sepuluh menit dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung. 

www.sheknows.com

Studi tersebut menunjukkan bahwa mengamati akuarium dapat membuat kita menjadi lebih rileks, bahkan meskipun tidak ada ikan di dalamnya. Mengamati akuarium tanpa ikan, akan membuat denyut jantung menurun hingga tiga persen. Saat ditambahkan ikan, denyut jantung dan tekanan darah menurun hingga tujuh persen.

Semakin banyak ikan, maka suasana hati akan semakin membaik. “Ketika menggunakan akuarium yang lebih besar dengan jenis ikan yang beragam, kami menemukan bahwa peningkatan mood orang jauh lebih besar,” ungkap Deborah Cracknell, peneliti independen di National Marine Aquarium, Inggris.

www.dharitri.com

Purdue University telah melakukan sebuah penelitian pada tahun 1999 yang menunjukkan bahwa terapi akuarium dapat memperbaiki pola makan dan perilaku pasien Alzheimer. Studi tersebut diikuti 62 pasien Alzheimer di tiga fasilitas kesehatan selama 16 minggu.

Peneliti mengamati perilaku pasien sebelum dan setelah sesi terapi akuarium. Hasilnya menunjukkan bahwa terapi akuarium dapat meningkatkan asupan nutrisi pasien Alzheimer sebesar 21,1 persen dan membuat mereka menjadi lebih fokus.

christy-mcdonald.com

Selain bermanfaat bagi pasien Alzheimer, beberapa studi tambahan menunjukkan bahwa terapi akuarium efektif untuk mengurangi kecemasan pada pasien yang hendak operasi gigi, serta dapat membantu pasien autisme dan ADHD.

Steve Feldman, direktur eksekutif Human Animal Bond Research Institute, mengatakan bahwa dengan meningkatnya bukti ilmiah yang mendukung efektivitas terapi yang dibantu hewan, termasuk terapi akuarium, membuat semakin banyak rumah sakit, panti jompo, dan sekolah telah menggunakan terapi ini. 

www.borderline24.com

Terapi kesehatan dengan memanfaatkan interaksi manusia dengan hewan ini bukanlah hal baru  di dunia medis. Menurut laporan yang ditulis di National Public Radio, terapi menggunakan hewan ini sudah ada sejak lebih dari 150 tahun lalu. Namun, baru pada akhir 1970-an, para peneliti mulai mengungkapkan dasar-dasar ilmiah di balik terapi hewan ini.

Salah satu dari studi awal yang dipublikasikan tahun 1980 terkait terapi hewan menemukan bahwa pasien serangan jantung yang memiliki hewan peliharaan dapat hidup lebih lama ketimbang mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Penelitian awal lainnya menunjukkan bahwa bermain dengan hewan peliharaan dapat menurunkan tekanan darah.

www.gofundme.com

Anjing dan kucing merupakan dua hewan yang paling sering digunakan dalam terapi hewan. Tetapi, jenis hewan seperti ikan, babi, kuda, dan hewan lainnya juga memenuhi kriteria hewan yang dapat digunakan untuk terapi. Hal yang menjadi perhatian utama dari terapi hewan ini adalah keamanan dan sanitasi.

Tidak perlu khawatir karena kebanyakan rumah sakit yang menggunakan terapi hewan ini memiliki peraturan ketat untuk memastikan bahwa hewan-hewan tersebut bersih, divaksinasi, terlatih dengan baik, dan berperilaku sesuai.

 

Itu dia informasi tentang manfaat memelihara ikan dalam akuarium. Tentunya sebelum mendapatkan manfaat tersebut, terlebih dahulu kita harus merawat ikan-ikan yang kita pelihara dengan cara yang benar. Kalau kamu belum pernah memelihara ikan, sekarang saatnya kalian mencobanya dan rasakan berbagai manfaatnya!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Bahan-bahan Dapur Sederhana yang Ampuh untuk Membersihkan Noda Membandel

Bahan-bahan Dapur Sederhana yang Ampuh untuk Membersihkan Noda Membandel

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Mukjizat Itu Nyata! Ini 5 Kisah Para Korban Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Mukjizat Itu Nyata! Ini 5 Kisah Para Korban Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Sederhana, 7 Cara Ini Dijamin Bikin Kamu Lebih Mensyukuri Apa Pun yang Terjadi Dalam Hidup

Sederhana, 7 Cara Ini Dijamin Bikin Kamu Lebih Mensyukuri Apa Pun yang Terjadi Dalam Hidup

loading