Mau Untung Malah Buntung, Begini Trik Belanja Online Biar Nggak Kena Tipu!

expatliving.hk

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin mempersempit jarak, kegiatan berbelanja dewasa ini sudah semakin mudah. Saat ini, kita nggak perlu capek-capek keliling mall atau pasar untuk berbelanja. Kita hanya perlu membuka media sosial atau website e-commerce, pilih yang disukai, kirim uangnya, dan tinggal tunggu barangnya datang. Mudah banget kan?

Walaupun sistem belanja online ini memberikan banyak kemudahan, tapi tahu juga kan kalau kerap terjadi penipuan dengan sistem transaksi yang seperti ini? Nah, kalau begini, kita malah jadi merasa nggak tenang saat sedang berbelanja. Kalau kita mau membawa kasus penipuannya ke pihak hukum, proses yang harus dijalani pun malah akan mengulur waktu kita. Padahal, kita berbelanja di toko dalam jaringan untuk menghemat waktu juga, kan?

Daripada nggak tenang dan takut jadi korban penipuan online, coba deh cek kiat-kiat aman belanja online di bawah ini!

1. Pilih aplikasi atau situs yang sudah memiliki kredibilitas tinggi

nypost.com

Sebelum membeli produk, akan lebih baik jika kamu mengecek terlebih dahulu kredibilitas pedagangnya. Apakah sudah pernah ada testimoni dari pembeli sebelumnya untuk membuktikan bahwa pedagang itu jujur? Bahkan, ada juga lho pedagang dalam jaringan yang sampai membuat testimoni palsu agar orang percaya dengan tokonya. Maka dari itu, akan lebih aman jika kamu berbelanja di alamat yang sekiranya sudah terpercaya. Setidaknya, ini bisa jadi langkah pertama mengamankan transaksimu.

2. Baca setiap tulisan dengan teliti

udilion.com.br

Ada juga penipu yang menyamarkan dirinya sebagai pedagang yang sudah dipercaya kredibilitasnya. Hanya dengan mengganti satu huruf saja, penipu sudah bisa menipu para calon pembeli dengan mengaku-akui dirinya sebagai pedagang yang terpercaya. Perbedaan penggunaan domain seperti .org, .net, .tv, dll saja bisa menggiring calon pembeli ke situs yang berbeda, lho. Jadi, luangkanlah waktu kamu untuk membaca informasi penjual secara teliti. Toh waktu yang dihabiskan pun tidak akan sebanyak jika kita berangkat ke toko konvensional, kan?

3. Perhatikan apakah ada tanda gembok di samping kotak alamat

id.pinterest.com

Jika kamu hendak belanja online, perhatikan dulu ikon yang disisipkan di samping kiri kotak alamat. Apakah di sana ada lambang gembok? Jika iya, berarti situs yang kamu kunjungi bisa dibilang cukup aman. Pasalnya, situs yang tidak menggunakan https, melainkan http, tidak akan memiliki ikon gembok. Situs https cenderung lebih aman dari serangan peretas sehingga lebih aman juga saat memasukkan data-data pribadi untuk keperluan berbelanja.

 

4. Usahakan untuk tidak memberikan data pribadi melalui surel
contentadore.com

Kamu harus waspada saat pihak penjual meminta data-data pribadi kamu lewat surat elektronik, apalagi jika kamu berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Pokoknya, jangan sampai kamu memberikan informasi kartu kredit melalui surel. Data pribadi yang dicuri oleh pihak tidak bertanggung jawab bisa bahaya, lho. 

 

5. Memilih situs yang mensyaratkan tahap verifikasi
www.entrepo.co.za

Kalau kamu akan membeli dengan kartu kredit, sebaiknya kamu pilih situs dagang yang menyediakan tahap verifikasi untuk prosedur pembeliannya. Situs yang aman akan menanyakan nomor CVV2 atau Card Verification Value yang tercantum di samping tanda tangan pada bagian belakang kartu kredit.

6. Bersihkan history secara berkala

osxdaily.com

National Cyber Security Alliance (NCSA) dan Better Business Bureau (BBB) menyarankan kepada para calon pembeli untuk melakukan pembersihan history secara berkala. Dengan begitu, data pribadi kamu akan lebih aman.

7. Cari informasi dari akun-akun tertentu

www.instagram.com

Di beberapa sosial media tertentu, seperti Instagram, ada akun-akun yang membagikan informasi tentang toko dalam jaringan mana saja yang terbukti telah menipu calon konsumen. Biasanya, kamu juga bisa bertanya apakah toko yang kamu tuju aman atau nggak.

8. Pastikan kondisi barang sesuai dengan yang kamu harapkan

www.boredpanda.com

Meskipun barang memang sampai, tapi tidak sedikit juga pembeli yang merasa rugi karena produk yang sudah sampai ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. Maka dari itu, kamu juga harus pastikan terlebih dahulu kondisi fisik barang yang kamu beli. Salah satu caranya adalah dengan membaca review pembeli dan foto barang yang sudah sampai kepada mereka.

9. Harga barangnya murah banget? Kamu harus curiga!
www.anyphones.com

Harga miring memang kerap kali menjadi incaran para konsumen di dunia maya. Kecenderungan ini pun dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang rela menghalalkan segala cara untuk mengeruk uang. Jadi, kalau menemukan produk yang dijual dengan harga kelewat murah, waspada, biasanya itu toko online bodong atau produk KW.

Selain bisa memudahkan para calon konsumen, ternyata teknologi yang canggih seperti sekarang juga memberi kemudahan bagi orang-orang licik yang ingin mendapatkan uang dengan cara instan. Selalu hati-hati ya setiap berbelanja online!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Suka Mengeluhkan Pekerjaan? Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Berhenti!

Suka Mengeluhkan Pekerjaan? Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Berhenti!

Meski Nggak Pernah Diungkapkan, Begini Lho Isi Hati Cowok Saat Bersama Kekasihnya!

Meski Nggak Pernah Diungkapkan, Begini Lho Isi Hati Cowok Saat Bersama Kekasihnya!

LDR Bukan Berarti Tak Bisa Dekat. 8 Cara Ini Bikin Kamu dan Dia Tetap Mesra

LDR Bukan Berarti Tak Bisa Dekat. 8 Cara Ini Bikin Kamu dan Dia Tetap Mesra

Bertengkar Lewat Chat adalah Ide Buruk. Stop Lakukan Hal Ini Kalau Nggak Ingin Hubungan Bubar!

Bertengkar Lewat Chat adalah Ide Buruk. Stop Lakukan Hal Ini Kalau Nggak Ingin Hubungan Bubar!

Begini Nih Trik Memasak Nasi Biar Nggak Cepat Basi, Mubazir Itu Nggak Baik!

Begini Nih Trik Memasak Nasi Biar Nggak Cepat Basi, Mubazir Itu Nggak Baik!

Invasi Serangga di Rumah Emang Bikin Kzl, Begini Cara Alami Mengusirnya Tanpa Pestisida!

Invasi Serangga di Rumah Emang Bikin Kzl, Begini Cara Alami Mengusirnya Tanpa Pestisida!

loading