Mau Jadi Tante Favorit Keponakan Saat Lebaran? Ajakin Main 7 Permainan Ini Aja!

13 Juni 2018
|Chandra W.
5.1 KSHARES

Momen lebaran adalah saat-saat langka berkumpul dengan keluarga besar. Buat kamu yang lahir di tahun 90-an, biasanya sudah memiliki keponakan baik dari keluarga inti maupun dari sepupu nih. Bertemu keponakan bisa jadi sangat menyenangkan atau sebaliknya, ngeselin, tergantung dari bagaimana kamu menyikapi mereka. Apalagi keponakan yang masih kecil-kecil. Tapi, kamu bisa kok jadi tante favorit kalau punya permainan ini. 

1. Bermain congklak atau dakonan

Congklak atau dakon adalah permainan yang sangat akrab dengan kita yang lahir di tahun 90-an, tetapi jauh dari anak-anak yang lahir tahun 2000 ke bawah. Karena itu, congklak pasti merupakan sesuatu yang baru bagi mereka. Kalau kamu bisa mengajarkan bagaimana cara mainnya dan mereka tertarik, pasti jadi tambah akrab deh.

2. Menyusun lego

Kalau ini, siapa sih yang nggak suka? Ada sih, tapi sedikit. Pasalnya, bermain lego benar-benar menyenangkan dan membutuhkan kreatifitas. Serunya, kalau bisa menyusun sesuatu bersama-sama. Kalau congklak mungkin sudah agak sulit dicari keberadaannya, lego bisa dibeli sebelum kamu bertandang ke rumah keponakan. Seru banget deh. 

3. Main monopoli

Anak-anak sekarang lebih akrab dengan gawai, maka permainan yang benar-benar melibatkan emosi dan interaksi nyata mestinya akan menarik perhatian. Monopoli ini, jika dimainkan oleh minimal tiga orang saja sudah bisa membuat suasana sangat hidup (meskipun harus antisipasi ada yang menangis atau marah gara-gara kalah). Cobain deh pas lebaran besok.

4. Main karambol

Jika kebetulan di rumah saudara yang kamu datangi atau di rumahmu sendiri ada papan karambol, manfaatkan! Lebih seru lagi jika yang skornya paling sedikit dioles-oles bedak tabur putih. Tapi nggak usah ngotot juga ya. Main karambol ini bisa bikin suasana jadi akrab banget. Pasti nggak ada lagi deh yang namanya canggung habis itu. 

5. Main dandan-dandanan

Jika keponakanmu perempuan dan sudah cukup mengerti artinya memakai makeup, bisa juga lho diajak main makeup bareng. Kalian bisa menonton video tutorial lalu benar-benar mencobanya. Kalau salah satu atau kalian berdua belum terbiasa menggunakan banyak makeup, pasti hasilnya ada saja yang bikin ketawa. Patut dicoba nih. Siapa tahu malah bisa sama-sama belajar lalu menjadi MUA profesional. 

6. Tebak-tebakan

Dari tebak-tebakan yang dilakukan dengan cara menyebut ciri-ciri benda sampai memraktikkan gerak-geriknya, permainan ini sebenarnya nggak pernah basi. Tinggal gimana kamu kreatif mengombinasikan semuanya saja. Ini jadi seru kalau banyak yang berpartisipasi. Jangan lupa bikin hukuman buat yang kalah. 

7. Lomba makan

Di mana-mana, saat lebaran pasti ada makanan berlebih. Dari kue sampai makanan besar, semuanya ada dan banyak banget. Nah, biar seru, bikinlah lomba makan atau minum. Misalnya cepet-cepetan minum sirup dalam gelas besar. 

Sebenarnya, ada sih yang paling bisa bikin keponakanmu tambah sayang: uang fitrah atau THR atau salam tempel atau apapun kamu menyebutnya. Kamu bisa juga bikin permainan yang hadiahnya uang. Biar mereka agak usaha gitu, nggak minta-minta doang. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
5.1 KSHARES