Mau Buat Usaha? Inilah Quotes dari Bill Gates Untuk Pengusaha Muda Biar Makin Semangat

07 Juli 2018
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Berbagai survei baru-baru ini membuktikan bahwa orang-orang di generasi sekarang—khususnya anak muda—lebih cenderung berkeinginan untuk menjadi wirausahawan ketimbang bekerja di perusahaan orang lain dengan alasan yang bervariasi. Ada yang menganggap bahwa wirausaha itu memungkinkan bagi penggiatnya untuk mengatur pekerjaannya secara mandiri, ada yang menilai bahwa wirausaha bisa memberikan untung yang lebih besar ketimbang menjadi pegawai kantoran, dan masih banyak lagi.

Tapi membangun usaha secara mandiri tentunya bakal membuat kamu menghadapi banyak tantangan. Berbeda dengan mencari pekerjaan di perusahaan yang sudah mapan karena kamu hanya tinggal memasukkan lamaran dan menunggu panggilan datang. Diperlukan modal yang cukup kuat kedudukannya agar usaha yang dibangun nanti tidak berujung kepada kegagalan.

Nah buat kamu yang ingin mulai usaha sendiri, nggak ada salahnya nih simak quotes dari salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates! Bisa jadi penyemangat nih.

1. “Kehidupan itu tidak akan pernah adil… biasakan dirimu”

Kamu mungkin sering merasa bahwa nasib yang kamu terima itu tidak adil. Kamu sudah bersusah-payah, tapi yang memperoleh keberhasilan malah orang-orang yang terlihat malas. Jangan jadikan hal itu sebagai penghambat bagi kamu untuk terus bekerja keras. Apa yang kamu raih akan sebanding dengan usaha yang kamu berikan.

 

2. “Dunia tidak akan peduli kepada harga dirimu. Dunia berharap kamu bisa mencapai sesuatu sebelum kamu bisa merasa lebih baik”

Gengsi seringkali menjadi penghambat bagi orang-orang untuk menjadi sukses. Akan lebih baik jika kita mengesampingkan gengsi dan lebih fokus terhadap usaha untuk mencapai suatu hal ketimbang memikirkan harga diri yang tidak akan memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemajuan kita.

3. “Jika kamu terlahir miskin, itu bukan salah kamu. Akan tetapi, jika kamu meninggal dalam keadaan miskin, itu baru salah kamu”

Banyak orang yang mengeluh akan kondisi ekonomi yang diwariskan oleh orangtua yang sudah terbawa sejak lahir. Akan tetapi, apakah menyesali hal itu akan membuat kita maju? Tentunya tidak.

4. “Saya gagal menempuh beberapa mata pelajaran saat ujian, tetapi teman saya berhasil menempuh semuanya. Sekarang dia menjadi seorang insinyur di Microsoft, dan saya adalah pemilik Microsoft”

Kegagalan atau kesalahan adalah guru yang paling berharga. Jangan jadikan kegagalan sebagai penanda bahwa kamu adalah orang yang tidak bisa berhasil dalam apapun, melainkan jadikanlah sebagai motivasi untuk berusaha menjadi lebih baik lagi.

5. “Klien kamu yang paling tidak bahagia adalah sumber utama untuk belajar”

Saat kamu membuka usaha, mungkin akan ada saja klien yang melontarkan keluhan atau bahkan sampai memaki-maki kamu karena tidak merasa puas dengan jasa yang kamu berikan. Apa yang mereka rasakan bukanlah alasan bagi kamu untuk menganggap bahwa kamu tidak pantas untuk menjadi penyedia jasa baginya, melainkan jadikanlah sebagai evaluasi yang bisa mengembangkan usaha kamu.

6. “Jangan membanding-bandingkan dirimu dengan siapapun di dunia ini. Jika kamu melakukannya, artinya kamu menghina diri kamu sendiri”

Terkadang kamu mungkin akan membandingkan apa yang sudah kamu capai sejauh ini dengan apa yang sudah berhasil dicapai oleh orang lain. Kebiasaan itu malah akan membuat kamu merasa minder dan tidak berdaya melakukan apapun. Setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Selama kita terus percaya akan diri kita sendiri dan konsisten akan usaha yang kita berikan, jalan menuju kesuksesan pasti akan terbuka. 

7. “Baik-baiklah kepada para kutu buku. Siapa tahu suatu saat kamu akan bekerja untuk mereka”

Di sekolah, orang-orang kutu buku seringkali menjadi orang yang terkucilkan di lingkaran pergaulan. Namun, perlu dicamkan bahwa para kutu buku adalah orang-orang yang menelan banyak ilmu pengetahuan yang akan menjadi modal penting untuk meraih kesuksesan. Jadi, selalulah rajin membaca!

8. “Jika kau membuat kesalahan, itu bukan salah orangtua kamu. Jadi berhentilah mengeluh dan belajarlah dari kesalahan”

Nasihat yang ini masih berkaitan dengan kondisi ekonomi orang tua saat kita lahir. Janganlah menyalahkan mereka atas kondisi yang kamu alami sekarang. Jadikanlah kesalahan-kesalahan kita dan orangtua kita di masa lalu sebagai sebuah pelajaran.

9. “Saya selalu memilih pemalas untuk menyelesaikan pekerjaan yang sulit karena dia akan mencari jalan yang paling sederhana untuk menuntaskannya”

Yang lebih penting dari bekerja “keras” adalah bekerja “cerdas”. Dengan kata lain, kreativitas perlu terus dipupuk dalam dunia wirausaha untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

10. “Kerja rendahan setamat SMA bukanlah hal yang merendahkan martabat. Orang bijak menyebutnya kesempatan”

Jangan minder kalau teman-teman kamu berhasil menempuh pendidikan yang jauh lebih tinggi ketimbang diri kamu sendiri. Mungkin mereka akan memperoleh kans yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan ketimbang kamu. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, memutuskan untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri, dan menjadi orang yang jauh lebih sukses ketimbang orang yang bekerja untuk orang lain.

11. “Sukses adalah guru terburuk. Kesuksesan menggoda anak-anak pintar untuk berpikir bahwa mereka tidak akan pernah gagal”

Kepintaran tidak selalu sebanding lurus dengan kesuksesan. Pelajaran yang lebih penting adalah kegagalan.

Itulah beberapa kutipan dari Bill Gates yang bisa menginspirasi para pengusaha muda yang sedang berkutat dengan bidangnya masing-masing. Yang jelas, membangun usaha itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan tekad dan usaha untuk membuahkan hasil yang memuaskan. Semoga sukses!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES