Masih Mau Punya Hubungan yang Sia-sia? Makanya Perjuangkan Hal Ini

05 Mei 2017
|Pristiqa Wirastami
0SHARES

Menjalin hubungan tak pernah menjadi perkara yang mudah. Kecuali kamu hanya menjadikan hubungan ini sebagai pengisi kekosongan belaka. Tapi menjalin hubungan yang lebih serius, selalu ada proses perjuangan yang tak pernah mudah. Seperti halnya perjuangan-perjuangan ini yang harus kamu lakukan. Jika tak ingin hubungan kamu dan dia berakhir dengan sia-sia. Kamu perlu tahu apa saja yang bisa membuat kalian saling bertahan.

1. Komitmen yang telah disekapati sejak awal

Sepakat menjalin hubungan berarti dibarengi pula dengan komitmen yang dibangun bersama. Komitmen haruslah sesuatu yang akan terus dipertahankan selama kalian masih menjalin hubungan dengan orang yang sama. Itulah mengapa komitmen bukanlah sesuatu yang bisa seenaknya diubah sesuai dengan suasana hati. Kamu dan dia harus benar-benar memperjuangkan keyakinan untuk sama-sama mempertahankan komitmen.

2. Membagi waktu dengan pasangan dan juga kehidupan pribadi

Setelah punya pasangan, terkadang kita menjadi orang yang lupa waktu. Maunya semua hari dalam hidup kita dihabiskan bersama pasangan. Padahal pola hubungan yang terus-terusan bertemu justru tak baik untuk kelangsungan hubungan. Itulah mengapa kamu dan dia perlu menyepakati untuk membagi waktu. Kapan waktu untuk qualiy time berdua, kapan waktu untuk keluarga dan teman. Selama kalian belum resmi menjadi suami istri, waktu kamu dan dia tidak wajib untuk diberikan seluruhnya.

3. Meredam ego, bahkan saat emosi sama-sama memuncak

Namanya juga hubungan yang melibatkan dua kepala dengan pemikiran yang berbeda. Adanya perselisihan pun bukanlah hal yang mengherankan. Beda pendapat antara kamu dan dia pun wajar terjadi. Asal satu hal yang harus terus diingat, meski pendapat kadang berbeda, kamu dan dia harus sama-sama berjuang meredam ego. Bahkan ketika emosi sama-sama di puncak. Setiap pasangan tentu memiliki caranya sendiri dalam menghadapi setiap pertengkaran. Kamu dan dia pun harus menemukan cara kalian sendiri tanpa pernah saling menyakiti.

4. Rasa percaya yang harus jadi pondasi dalam hubungan

Tanpa ada kepercayaan, hubungan kalian tak akan pernah bisa dilanjutkan. Karena kalau kepercayaan saja tidak ada, bagaimana kamu dan dia bisa membangun hubungan dengan pondasi yang kuat?

5. Berusaha saling menerima kekurangan. Tak hanya melihat dia hanya dari kelebihan

Kamu bisa saja mudah jatuh cinta hanya karena melihat kelebihan yang dia miliki. Lagipula siapa yang tak jatuh cinta dengan seseorang yang memiliki banyak kelebihan di matamu. Namun hubungan kalian akan terbukti dewasa jika kamu dan dia mau saling bertahan meski sudah sama-sama khatam dengan kekurangan masing-masing. Itulah mengapa bertahan dalam setiap kondisi haruslah menjadi hal yang sama-sama kalian perjuangkan.

6. Memahami pasangan, bahkan ketika dia butuh waktu untuk sendiri

Kadang kamu kesal dengan jalan pikiran pasanganmu. Tak jarang kamu pun bersikeras memaksakan pemikiranmu, karena kamu menganggap itulah yang paling benar. Padahal sebenarnya dia juga sedang melakukan hal yang sama ketika tak setuju dengan jalan pikiranmu. Maka, perjuangan untuk memahami pasangan sangat perlu kamu dan dia lakukan. Agar sama-sama tak merasa ada di posisi yang paling benar, termasuk ketika dia sedang butuh waktu untuk sendiri. Bukan berarti dia enggan membagi bebannya denganmu, tetapi memang karena dia ingin menjernihkan pikirannya dulu sebelum bertemu kamu.

7. Tetap menjadi diri sendiri

Salah satu hal yang paling sulit ketika menjalin hubungan adalah tetap menjadi diri sendiri. Apalagi ketika sudah bertahun-tahun menjalin hubungan dengan seseorang. Secara tidak sadar, kamu jadi ikut kebiasaan pasangan. Atau karena banyaknya tuntutan, kamu berubah menjadi sosok yang diinginkannya. Justru semakin lama hubungan berjalan, kamu dan dia harus semakin nyaman untuk menjadi diri sendiri. Bukannya malah berubah 180 derajat menjadi sosok yang sama sekali bukan dirimu.

8. Menikah mungkin masih jauh terpikirkan. Tapi setidaknya ada masa depan yang sedang diperjuangkan

Pada akhirnya hubungan yang tak memiliki masa depan adalah hubungan yang tak perlu lagi diperjuangkan. Kamu dan dia mungkin tak langsung menikah besok. Tapi setidaknya ada rencana yang harus segera dirancang agar arah perjuangan kalian dalam mempertahankan hubungan ini bisa jelas. Bukannya diombang-ambing dalam ketidakpastian.

Hubungan memang selalu butuh perjuangan. Kalau kamu belum cukup mau berkorban, mungkin memang belum saatnya kamu punya pasangan. Sendiri dulu mungkin akan menjadi jalan terbaik, daripada punya hubungan yang sia-sia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pristiqa Wirastami
"For the sake of happines, I do writing."
0SHARES