Masakan Sayur Rumahan Ini Simpan Manfaat Baik untuk Tubuh

unsplash.com

Kita semua tahu bahwa sayuran adalah salah satu sumber nutrisi terbaik yang bisa diterima oleh tubuh. Mengolah sayuran juga terbilang sangat mudah dan simple.

Sayur nggak membutuhkan waktu lama dalam proses memasaknya. Harganya juga murah banget ketimbang daging-dagingan. Maka nggak heran kalau ibu di rumah pasti banget memasak santapan segar ini.

Selain enak dan mengenyangkan, sayur bening rumahan pastinya memiliki gizi tinggi yang mampu mendukung kebutuhan harian. Lebih dari itu, ternyata makanan ini memiliki banyak kebaikan dan manfaat buat tubuh. Apa saja itu?

1. Sayur bayam dan jagung manis

pinterest.com

Dalam semangkuk sayur bayam terdapat sumber serat, protein, berbagai vitamin seperti A, B, B2, B6, C, E, K. Tak hanya itu, masih ada asam folat, kalium, termasuk kalium. Bayam juga memiliki kandunga lemak rendah dan natrium yang cukup tinggi.

Selain itu kalau ditambah dengan jagung manis, bakal ada tambahan asupan protein, karbohidrat, asam folat, dan vitamin B1 yang melengkapi kebutuhan gizi harian tubuh. Tapi jangan terlalu lama didiamkan, sayur bayam harus segera dihabiskan dan tidak boleh dipanaskan kembali.

Sayur bayam juga nggak boleh dikonsumsi lagi jika lebih dari 6 jam setelah matang. Hal ini karena senyawa nitrat di bayam akan teroksidasi dan menjadi senyawa nitrit yang bersifat racun.

2. Sup brokoli dengan ayam

candiresto.co.id

Nggak kalah dengan bayam, sayuran yang kerap dijuluki superfood ini juga memiliki kandungan gizi tinggi. Ada serat, protein, karbohidrat kompleks, air, mineral, magnesium, kalium, kalsium, fosfor, zinc, zat besi, dan beragam vitamin yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Selain itu, bayam diketahui dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu juga potensial untuk mencegah kanker, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah keriput.

Bayangkan kalau seluruh kandunga gizi dan manfaat yang terkandung dalam brokoli juga dilengkapi oleh kebutuhan protein hewani misalkan daging ayam. Pastinya tubuh bakalan lebih sehat.

3. Sup brokoli dan kacang merah

unsplash.com

Memiliki manfaat yang baik, brokoli dan kacang merah terkenal baik untuk melancarkan pencernaan. Kacang merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, ia juga dapat membantu kita menjaga kesehatan jatung.

Kacang ini adalah sumber protein yang bebas kolestrol dan rendah lemak. Maka nggak heran dengan mengonsumsi 100 gram kacang merah, setidaknya bisa memenuhi 40% kebutuhan protein harian.

Selain itu, kacang merah juga dapat mencegah diabetes, mencegah kanker, dan mencegah penuaan dini. Rutin menyantapnya kacang merah bakalan bikin hidupmu lebih sehat.

4. Sup jagung, kubis, dan ayam
hobimasak.info

Sup jagung bisa bikin berat badan tetap terjaga dan mencegah diabetes. Hal ini karena di dalam jagung terdapat beragam nutrisi, seperti karbohidrat, potein, serat, dan beragam vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh.

Selain itu, jagung juga dapat mengatasi depresi, mencegah sembelit, dan baik untuk pencernaan dan kesehatan mata. Gabungkan sup tersebut dengan kubis yang mengandung protein, vitamin A, C, D, B6, B12, magnesium, kalsium, zat besi, dan nihil akan kolestrol. Terjamin sehatnya. Ditambah ayam makin komplit gizinya.

5. Sup kentang, buncis, dan wortel
seriouseats.com

Buat yang suka sup kentang dengan buncis, wortel, dan ayam, kamu bisa mendapat beragam manfaat. Wortel yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat juga diketahui kaya akan karoten dan senyawa flavonoid. Wortel dipercaya mampu mencegah kanker kulit dan bikin kita awet muda.

Sementara itu, buncis mengandung vitamin A, senyawa lutein, zea-xanthin dan betacarote yang membantu tangkal radikal bebas yang memicu penuaan dini. Selain itu, kentang dapat membantumu mengatasi masalah buang air besar dan menurunkan kadar kolestrol jahat.

Rajin makan kentang juga bisa menunrunkan tingkat gula darah ke angka normal. Makan sup ini dijamin bikin kamu awet muda dan sehat!

6. Sup sawi putih, hijau, brokoli, dan bakso

reseponline.info

Hanya dengan bermodakan Rp 10 ribu, sup sawi putih, hijau, dan brokoli ini bisa dikonsumsi untuk sehari. Sawi yang kaya akan vitamin, A,B,C,E, dan K juga karbohidrat, protein, dan lemak baik berguna untuk kesehatan tubuhmu.

7. 7. Tumis jamur tiram

unsplash.com

Siapa yang setuju jika jamur tiram enak dimasak untuk menu apa saja? Punya segudang manfaat juga bagi tubuh kita, jamur ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol, membantu mencegah kanker.

Sebagai sumber vitamin B12 juga, tanaman ini kaya akan antioksi dan mampu meningkatkan kolagen yang baik untuk kulit. Tumis jamur tiram ini salah satu makanan enak serta memiliki efek baik bagi badan.

Memasak sayur memang mudah dan dijamin memiliki manfaat baik untuk tubuh. Selain sehat dan mengenyangkan, kandungan di setiapp porsinya mampu mencukupi kebutuhan gizi harian tubuh dengan maksimal.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
19 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop, Android, dan Indihome | Keepo.me

19 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop, Android, dan Indihome | Keepo.me

Langkah Tepat untuk Rawat Kaktus Kesayangan Agar Tak Mudah Mati

Langkah Tepat untuk Rawat Kaktus Kesayangan Agar Tak Mudah Mati

Sering Diabaikan, Manfaat Buah Salak Ini Ternyata Nggak Kalah Magic | Keepo.me

Sering Diabaikan, Manfaat Buah Salak Ini Ternyata Nggak Kalah Magic | Keepo.me

Alasan Pacar Sering Mengungkit Kesalahan di Masa Lalu

Alasan Pacar Sering Mengungkit Kesalahan di Masa Lalu

Cara Merawat Hamster yang Baik, Agar Si Bulu Gemas Bisa Hidup Lama | Keepo.me

Cara Merawat Hamster yang Baik, Agar Si Bulu Gemas Bisa Hidup Lama | Keepo.me

Mau Nonton Konser K-Pop Gratis? Trik Ini Bisa Dicoba Segera!

Mau Nonton Konser K-Pop Gratis? Trik Ini Bisa Dicoba Segera!

loading