Mantan Nikah Duluan Bukan Akhir Dunia. Cuma Hal-hal Ini yang Perlu Kamu Lakukan

28 Maret 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
1.4 KSHARES

Ketika sudah lama pacaran, namun ujung-ujungnya pacarmu itu menikah dengan orang lain rasanya memang sungguh menyakitkan. Sudah banyak kejadian di mana sepasang kekasih menjalin asmara selama bertahun-tahun lamanya, eh ujung-ujung malah nggak bertemu di pelaminan.

Sedih sih, tapi ya kalau udah takdir yang ngomong mau gimana lagi. Buat kamu yang pernah atau tengah mengalami kejadian menyedihkan itu, ada enam hal nih yang harus kamu lakuin biar kamu nggak terlalu sakit hati ketika mantan menikah duluan. Penasaran? Langsung aja kita kepoin rame-rame!

1. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan pendamping hidupnya yang sekarang

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah jangan pernah sekali-kali untuk membandingkan dirimu dengan pendamping hidupnya sekarang. Hal itu nantinya justru semakin membuatmu tertekan dan bersedih. Sekalipun kamu merasa bahwa kamu lebih baik darinya, namun kamu harus menerima kenyataan jika orang yang kamu kagumi itu telah memilih dia sebagai pasangan hidupnya. Bukan kamu.

2. Hargai keputusan yang diambilnya. Nggak perlu melontarkan sindiran yang malah membuatmu terlihat menyedihkan

Ketika dia telah memutuskan untuk tidak menikahimu dan lebih memilih orang lain, jangan pernah kamu mengungkit-ungkit kenangan yang lalu atau bahkan menyindirnya. Semarah dan sekecewa apa pun kamu atas keputusan yang telah dibuatnya, ingatlah jika itu bukanlah akhir dari dunia. Kamu masih bisa kok buat mendapatkan yang lebih baik dari dirinya.

3. Datang ke pernikahannya (kalau diundang)

Bagi sebagian orang, hal ini sulit untuk dilakukan. Namun, ada juga kok yang memberanikan diri untuk datang ke pernikahan mantan pacarnya. Di Indonesia sendiri udah banyak kejadian tuh. Bukannya sok-sokan tegar, namun sikap yang seperti itu menunjukkan jika kamu sudah rela melepasnya bersama dengan orang lain. Tapi kalau mau datang ke acara pernikahan mantan dengan catatan kamu diundang ya. Kalau nggak diundang, ya ngga usah datang.

4. Rasa cemburu kadang masih saja datang. Tapi berusaha ikhlas adalah pilihan terbaiknya

Meski sangat teramat sulit, namun berusahalah untuk tidak terlihat cemburu. Terlebih ketika berada di hadapannya. Tanamkan dalam benakmu jika ia telah menemukan pendamping yang tepat buat kehidupannya. Tenang saja karena kamu pada akhirnya akan menemukan pasangan hidupmu, kok.

5. Jangan galau di medsos

Media sosial bukanlah tempat yang tepat untuk mencurahkan kesedihanmu karena ditinggal nikah olehnya. Malahan, itu akan membuat kamu terlihat seakan-akan orang yang mudah rapuh hanya karena persoalan cinta. Ya, meski namanya perasaan memang sungguh sensitif dan terkadang gak bisa ditahan, tapi ada baiknya jika kamu tidak ‘menyuarakan’ kegalauanmu di media sosial. Lebih baik ceritakan itu semua kepada sahabat terdekatmu. Itu akan jauh lebih baik.

6. Alihkan kegalauanmu dengan hal-hal yang positif

Salah satu cara agar tidak melulu bersedih adalah dengan melakukan berbagai kegiatan positif. Misalnya, kamu bisa menjadi lebih aktif dalam komunitas, lebih aktif dalam bekerja, melakukan hobimu, dan kegiatan positif lainnya. Hal itu nyatanya dapat membuat tingkat kesedihanmu berkurang, lho.

Itu dia enam hal yang harus kamu lakuin ketika mantanmu menikah duluan dengan orang pilihannya. Meski berat, tapi kamu harus segera sadar jika kehilangan ia bukanlah akhir dari duniamu. Jadi, tetap semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
1.4 KSHARES