Manis dan Sederhana, 10 Ide Dekorasi Rumah Bertema Ramadan Ini Bikin Puasa Semakin Syahdu!

29 Mei 2018
|Chandra W.

Bulan puasa telah tiba. Selain mengubah pola dan waktu makan, kita juga belajar untuk lebih bisa berempati dengan keadaan orang lain. Di rumah, suasana biasanya terasa lebih semarak dengan berbagai hidangan untuk berbuka puasa menjelang Maghrib. Di kampung-kampung, banyak juga yang memasang hiasan lentera atau plastik berisi air berwarna-warni di depan rumah. Nah, kalau di rumah ditambah dekorasi khas Ramadan, sepertinya seru juga ya, bisa bikin ibadah lebih khusyuk nih. 

1. Lampion berderet di teras rumah

Berbahan kertas, lem dan tali warna-warni, kamu bisa membuat ini dengan adik dan kakak biar lebih seru. Kalau bingung memasangi lampu, nggak pakai lampu juga sudah meriah kok jika kamu memilih bahan berwarna terang. 

2. Tempat lilin bergambar masjid dari glitter

Bahan-bahannya mudah. Cukup sediakan gelas, lilin, glitter dan lem. Pertama buat dahulu pola pada gelas dengan spidol, lapisi dengan lem, taburkan glitter dan biarkan kering. Tada! Syahdu banget nih ruangannya. 

3. Toples berlukis motif ala Timur Tengah

Punya toples kaca polos? Saatnya menyalurkan bakat kreatifmu dalam menggambar atau melukis di atas toples kaca ini. Kamu bisa mencontoh motif-motif ala Maroko atau negara-negara Timur Tengah. Seperti gambar di atas contohnya! Kue keringmu akan dapat tempat spesial saat lebaran. 

4. Hiasan dari kertas untuk dipajang di kamar juga bisa

Modalnya hanya kertas, tali, lem dan alat tulis. Kamu bisa menulis apa saja, "Ramadan Kareem", "Welcome, Ramadan", atau apapun. Pasang di kamar, pasti akan membuatmu lebih termotivasi menjalankan ibadah selama bulan puasa. Syukur-syukur, lanjut semangatnya sampai setelah lebaran. 

5. Gabungan desain modern dan islami

Punya satu pojok atau space di dinding yang dirasa terlalu polos? Saatnya menghidupkan pojok itu dengan sedikit sentuhan modern berwarna perak seperti pada contoh gambar di atas. Kamu cukup menyiapkan karton, kertas perak, dan mencetak beberapa motif bernuansa ramadan. Gunting-gunting lalu tempel. Mudah bukan?

6. Kalender 'pohon pembelajaran'

Sepertinya ini cocok untuk yang memiliki adik atau anak yang baru belajar puasa. Di setiap ranting, ada kantung bertuliskan angka (tanggal). Di dalamnya, bisa diberi materi sederhana soal puasa atau doa-doa yang perlu dilafalkan. Jadi, setiap hari ada satu hal baru yang dipelajari. Asyik banget nih!

7. Rumah toleransi

Selain untuk dekorasi, rumah-rumahan ini juga bisa mengajarkan toleransi di tengah heboh pengeboman dan segala isu keagamaan yang melanda negeri ini. Cocok banget dibuat jika kamu punya adik yang masih kecil atau menjelang remaja. Setelah membuatnya, kamu bisa menggunakannya untuk media bercerita tentang toleransi dan segala hal baik dalam Islam. 

8. Warna-warni ceria ramadan

Menyambut ramadan dengan hati ceria diiringi dengan dekorasi ceria warna-warni seperti ini? Pasti seru banget! Pastikan kamu punya tangga atau bangku ya agar dapat menggantungnya di langit-langit. 

9. Lampion lagi, dengan kertas transparan berwarna lembut

Dengan modal kertas warna-warni, lem dan bohlam kecil, kamu bisa mendapatkan suasana syahdu seperti ini. Cahaya yang terbias dari kertas berbagai warna menciptakan suasana yang tenang.

10. Lampu-lampu penghias beranda

Lampu berbentuk bintang dan bulan cocok banget nih mewarnai bulan Ramadan. Dipasang di beranda, pulang tarawih bisa santai di bawah lampu-lampu cantik. 

Ramadan bisa disambut dengan berbagai cara, salah satunya dari dalam rumah. Jadi, mau dekorasi yang seperti apa nih untuk rumahmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
SHARES